Senin, 02 Februari 2009

SAVATAGE

"Wuahhhhhhhhhhh, ngantuk bener dah ah !!!!, tapi aku tetap harus baca nih buku super keren buatan luar nagari, majalah lah mungkin tepatnya, temanku yang dari singapur baru aja ngasih nih buku tadi siang, aduh seneng bener dah dapat nih majalah keren, majalah musik rock juga metal namanya, Hit Parader. Aku baca, walau kagak ngerti sebab bahasa inggris ku masih di level bawah lah. Ku buka - buka halaman demi halaman sampai akhirnya aku berada di sebuah iklan, judulnya Savatage - Hall of the mountain king, satu halaman penuh tuh iklan. Jujur aja aku usapin tuh gambar super keren yang ada di depan mata eike. Duh kapan aku punya nih album. Saking sedihnya sebab nga tahu harus beli di mana, sebab tahun itu, tahun 1987, belum ada yang namane online selling. Saking keselnya yah aku langsung ambil sebuah kaset, casingnya gede, rekaman Billboard, kaset jadul yang masih bajakan, kemudian aku dengerin band Savatage - Fight for the rock. Aku langsung mrembes mili dah kalau kata Om G sih. Album yang sedap di tambah ada lagu cover dari band bad finger juga free. Itu dia masa di mana aku kenal dengan yang namanya Savatage.

Tahun 1978, di sebuah kota besar bernama Tampa, di sebuah negara bagian bernama Florida, negara Amerika Serikat, sebuah band lahir di kota ini, band tersebut bernama : AVATAR, hehehehe kayak pilem kartun di global tv aja yah namanya, kesukaan anakku tuh. Avatar didirikan oleh dua orang kakak beradik yang bernama : JON OLIVA dan CRISS OLIVA. Jon pada vokal dan Criss pada gitar, mereka berdua di temani oleh 2 anggota lainnya yang bernama : STEVE WACHOLZ dan KEITH COLLINS. Steve pada drum dan Keith pada bas gitar. Yang mana Jon Oliva ini sebenarnya adalah seorang pemain drum, di band sebelum Avatar ini. Steve bergabung dengan band ini di tahun 1980, dan Keith bersama dengan band ini di tahun 1981. Dan di tahun 1981, Avatar mulai menulis lagu dan merekamnya. Dan di tahun 1982, 2 buah lagu dari Avatar, di masukkan kedalam sebuah kompilasi yang berjudul : THE YNF PIRATE TAPE. Sebuah kompilasi yang di buat oleh sebuah radio bernama WYNF di Tampa yang biasanya memainkan lagu - lagu rock. Selanjutnya di tahun 1983, Avatar merilis sebuah Ep dengan judul : THE CITY BENEATH THE SURFACE. Dan di tahun yang sama, Avatar juga harus menggantikan namanya, karena nama tersebut telah di gunakan oleh seseorang dan telah di patenkan. Hingga mereka tidak dapat merilis ep tersebut secara resmi. Akhirnya Jon dan Criss memilih menggantikan nama band mereka ini. Dengan kombinasi 2 kata yaitu Savage dan Avatar, muncullah sebuah nama baru yaitu : SAVATAGE. Dan Ep tadipun kemudian di rilis dengan nama baru mereka, Savatage.

Ehm nama mereka memang unik bener yah, Savatage. Wuih sedap bener dengerinnya. Tak lama setelah ep tadi di rilis, kemudian Savatage baru merilis sebuah album yang berjudul : SIRENS. Dengan album ini Savatage mulai menyeruak ke dalam sebuah arena musik rock. Dan album ini di rilis di bawah label bernama Combat Records. Sebuah indie label yang ....ah jangan pernah anda lupa ama label yang satu ini yah ! Setelah album dirilis memang para penggila musik rock maupun para media belumlah tahu tentang band super keren ini. Jadi tak ada kegitaan yang dapat di lakukan oleh band ini selain ....menulis lagu tentu saja. Tak lama mereka pun kembali merilis sebuah ep, di awal tahun 1984, yang berjudul : THE DUNGEONS ARE CALLING. Wuih sebuah ep yang akan bikin anda - anda penggemar musik metal berpaling kepada mereka untuk selamanya. Sebab mereka adalah orang - orang yang sangat di pengaruhi oleh berbagai musik yang kita kenal dengan sebutan NWOBHM, pengaruh musik ini memang sangat terasa di album mereka, kemudian mereka tambahkan sedikit bumbu metal dan di tambahkan dengan kecepatan yang di dukung oleh riff - riff super gurih. Try them for sure everybody. Dan hasilnya dari album hebat ini adalah, sebuah kontrak dengan sebuah label besar kelahiran amerika bernama : Atlantic Records.

Dengan label baru ini mereka kemudian merilis kembali sebuah single terbaru yang berjudul : IN THE DREAM. Single ini di rilis di tahun 1985. Tak lama setelah single ini di rilis, Savatage kembali merilis sebuah album penuh yang berjudul : POWER OF THE NIGHT. Atlantic Records sebagai sebuah perusahaan rekaman terkenal memang mempunyai sebuah distribusi yang baik dan hebat, hingga tak lama kemudian Savatage mulai lebih di kenal dengan luas ke seluruh Amerika. Dan mulailah Savatage mengadakan konser - konser untuk pertama kalinya. Konser tersebut sangat sukses untuk Savatage. Konser di lakukan hampir mendekati akhir tahun 1985. Dan di tahun berikutnya, 1986, masalah terjadi di band keren ini, sang pemain bas gitar yaitu Keith Collins menyatakan pengunduran dirinya dari band, walau berat hati, namun Jon dan Criss tetap merelakan Keith untuk keluar dari band ini. Lalu Jon dan Criss menggantikan Keith dengan JOHNNY LEE MIDDLETON. Dan di pertengahan tahun 1986, Savatage ( disingkat ST ) merilis kembali sebuah album baru yang berjudul : FIGHT FOR THE ROCK. Album yang pertama kali aku dengar dari band ini, dan hasilnya adalah langsung aku jatuh cinta dengan band keren ini. Musik yang begitu fresh, melodius dan juga ....Metalllllll! Walau memang banyak orang yang omong kalau album ini jelek, tapi bagiku yah sedap pokoke. Di album ini ST memang meng "cover" 2 buah lagu band lain, yang sebenarnya Jon serta Crisspun tidak setuju dengan hal tersebut, hanya saja pihak Atlantic tetap memaksa, dan hal membuat Jon serta Criss sangat kecewa dengan album ini dan juga dengan label mereka. Tapi kemudian  Atlantic pun mau mengerti tentang kekecewaan band, hingga akhirnya pihak label pun menyerahkan segalanya ke tangan ST. Setelah di rilis tentu saja ST mengadakan tur - tur besar di Amerika. Dan juga untuk pertama kalinya mereka berkunjung ke beberapa negara besar di Eropa. ST juga menjadi band pembuka bagi sebuah band super edan nan keren bernama : Motorhead yang sedang mempromosikan album mereka yang baru, Orgasmatron. Juga dengan Metallica, untuk promosi album Master of Puppets serta Kiss, yang berpromosi untuk album Asylum. Di sebuah tur panjang ini ST bertemu dengan seorang produser musik rock kelas atas yang bernama : Paul O'Neill. Perjalanan tur - tur kemudian berakhir kira - kira di awal tahun 1987.

Di akhir tahun 1987, ST kembali merilis album mereka yang terbaru yang berjudul : HALL OF THE MOUNTAIN KING. Sebuah album yang di buat ST dengan "bebas" tanpa campur tangan dari pihak label. Hingga album ini yang kemudian menjadi sebuah album yang sangat sukses di pasaran. Memang si Paul ini orang yang bener - bener hebatlah. Dia juga membantu band untuk menuliskan lirik. Memasuki tahun 1988, ST kembali mengadakan rangkaian tur di seluruh Amerika bersama dengan Dio, yang sedang berpromosi untuk album : Dream Evil yang di rilis tahun 1987, juga dengan band Megadeth yang sedang berpromosi untuk album : So Far So Good....So What yang di rilis di tahun 1988 juga. Dalam tur panjang ini Jon dan Criss mengundang seorang gitaris untuk membantu mereka dalam tur - tur tersebut. Orang tersebut bernama : CHRIS CAFFERY. Di tahun yang sama juga ST membuat sebuah video untuk lagu mereka : 24 Hours Ago, yang kemudian di perkenalkan di MTV dalam acara Headbanger's Ball. Setelah semua di lakukan oleh ST dengan baik dan sukses. Di awal tahun 1989, ST kembali merilis sebuah single yang berjudul : WHEN THE CROWDS ARE GONE. Dan di single ini Jon dan Criss, secara resmi memasukkan Chris sebagai anggota band. Hingga kini band tersebut terdiri dari 5 orang anggota. Tak lama kemudian sebuah album penuh kembali di rilis oleh ST, dengan judul : GUTTER BALLET. Nah di sini ST mulai mengeksplorasi musiknya lebih dalam lagi, dengan bantuan Chris, musik ST menjadi berubah, mereka mulai memuat sebuah musik yang cenderung lebih melodius tapi juga rumit. Melodi - melodi terasa lebih panjang, Jon sebagai vokalis juga melakukan perubahan dalam menyanyi serta lagu - lagu ST terasa lebih panjang dari biasanya. Hingga untuk album ini terasa sangat berbeda dengan album - album mereka yang sebelumnya.

Setelah album di rilis tentu saja ST kembali menggelar tur panjang, kali ini ST menggelar sebuah tur ke seluruh dunia, tur panjang ini di lakukan selama 9 bulan lamanya. Mereka menjadi band utama di tur - tur tersebut ataupun menjadi band pembuka bagi Testament, yang sedang berpromosi untuk album : apa lagi kalau bukan Practise What You Preach dan juga menjadi band pembuka bagi King "god" Diamond, yang sedang berpromosi untuk album : "Them". Hanya saja setelah konser panjang ini di selesaikan, sesuatu terjadi, Chris menyatakan pengunduran dirinya dari band. Kembali Jon dan Criss harus kecewa kembali. Setelah tur yang sangat panjang tersebut, dan hampir menghabiskan tahun 1990 tersebut, ST kemudian beristirahat selama beberapa bulan sambil kembali menulis lagu - lagu baru. Dan baru kemudian di akhir tahun 1991, ST kembali merilis sebuah album baru dengan judul : STREETS : A ROCK OPERA. Selanjutnya tentu saja kembali ST menggelar tur dunia kembali. Walah apa kagak bosen yah mereka, begitu dan begitu terus tiap tahun, tapi yah mungkin itulah resiko kalau di band terkenal kali yah. Di tahun 1991 memang tahun yang berat bagi band - band metal yang ada di dunia, karena Grunge sedang melesak ke segala penjuru dunia musik. Namun ST tetap berdiri dengan gagahnya. Sebuah masalah besar kemudian terjadi, setelah tur dunia itu selesai, Jon Oliva, sang pendiri band super keren ini, menyatakan pengunduran dirinya, alasannya dia ingin berkonsentrasi untuk band barunya bersama Chris Caffery !!!, Doctor Butcher. Namun ada juga rumor kalau dia mempunyai masalah pada vokalnya. Hingga akhirnya Criss pun, mau tak mau menyetujui keluarnya Jon dari band ini. Sebagai orang yang bertanggung jawab, Jon pun kemudian mencari pengganti dirinya, dan pilihan jatuh ke seseorang yang juga pendiri dan vokalis untuk band Wicked Witch, ZACHARY STEVENS. Semua terjadi di tahun 1992. Jon tetap membantu dengan band yang telah membesarkan namanya ini. Dan di awal tahun 1993, kembali ST merilis sebuah single yang berjudul : EDGE OF THORNS. Dan tak lama kemudian, di april 1993, ST merilis album barunya yang berjudul sama dengan single sebelumnya, Edge Of Thorns. Selanjutnya tur ke seluruh dunia pun di gelar oleh band ini. Selesai dari tur dunia ini, ST mulai ber istirahat, dan kemudian di suatu hari, di bulan Oktober, tanggal 17, 1993, datang sebuah berita yang sangat mengejutkan semua orang yang berhubungan dengan band ST ini, berita tentang wafatnya Criss Oliva, sang gitaris, sekaligus juga salah seorang pendiri dari band super keren ini. Wafatnya Criss ini karena di tabrak oleh mobil, tabrakan terjadi karena sang sopir mobil tersebut dalam keadaan...mabuk berat. Berita tersebut memang sangat menyakitkan bagi semua orang yang dekat dengan band ini, dan para fans serta orang - orang dekat band kembali meminta Jon Oliva, untuk kembali kedalam band ST. Jon memang menyetujui, hanya saja Jon memilih di belakang layar saja, sebagai pencipta lagu.

Untuk menggantikan posisi Criss, Jon dan Paul kemudian mengundang ALEX SKOLNIK untuk membantu ST. Alex Skolnick adalah seorang gitaris super keren dari band Testament. Setelah formasi kembali lengkap, kemudian ST kembali merilis sebuah single, yang berjudul : HANDFUL OF RAIN. Dan selanjutnya di tahun yang sama, 1994, ST kembali merilis album penuh mereka yang baru yang berjudul sama dengan single sebelumnya, Handful Of Rain. Namun keadaan agak berubah setelah album ini dirilis, sebuah pengunduran diri dari anggota band kembali terjadi, kali ini sang drummer, Steve Wacholz, yang keluar dari band. Hingga tur hampir saja tak dapat di laksanakan oleh band ini, lalu Jon dengan cepat tanggap merekrut seorang anggota baru yang bernama : JEFF PLATE, dan kemudian tur pun berjalan sempurna selama 2 bulan lamanya. Setelah selesai, Jon kembali ke band yang baru di bentuk, Doctor Butcher dan merilis albumnya di eropa, namun tetap dia menjadi penulis bagi band ST. Formasi band ini tak bertahan lama, karena tak lama kemudian Alex Skolnick menyatakan mengundurkan diri dari band, kembali Jon pusing tujuh keliling untuk membentuk formasi barunya ini, dan akhirnya kembali dia mengundang Chris Caffery dan seorang anggota baru ke dalam band yaitu : AL PITRELLI. Formasi band ini menjadi 6 orang. Zac pada vokal, Chris dan Al pada gitar, Johnny pada bas gitar dan Jeff pada drum. Dan Jon pada piano atau keyboard.

Tak lama kemudian di awal tahun 1995, ST merilis sebuah Ep yang berjudul : CHANCE. Sebulan kemudian mereka merilis kembali sebuah Ep lagi yang berjudul : DOESN'T MATTER ANYWAY. Disusul lagi 2 bulan kemudian merilis sebuah single dengan judul : DEAD WINTER DEAD. Sebuah single untuk mempromosikan album mereka yang akan datang. Dan di tahun yang sama juga kemudian, ST mengeluarkan sebuah album live yang berjudul : LIVE DEVASTATION, sebuah album live yang sangat - sangat langka walaupun asalnya hanya sebuah bootleg, dan Jon berinisiatif untuk merilisnya secara resmi, dan dia lakukan melalui Metal Blade Records, yang memang sebagai pemilik sah atas bootleg tersebut. Dan tak lama kemudian, di akhir 1995, ST kembali merilis album mereka yang terbaru dengan judul : Dead Winter Dead. Lalu di bulan oktober tahun 1995, ST merilis sebuah album live kembali dengan judul : JAPAN LIVE '94. Sebuah live di sebuah kota bernama Kawasaki di Jepang, tahun 1994. 2 bulan kemudian di bulan Desember 1995, ST merilis sebuah  album kompilasi, yang berjudul : FROM THE GUTTER TO THE STAGE. Sebuah kompilasi yang terdiri dari 2 CDs/LPs. Dan juga di bulan yang sama, Desember 1995, ST kembali merilis sebuah album live kembali, yang berjudul : GHOST IN THE RUINS : A TRIBUTE TO CRISS OLIVA. Sebuah live album yang berjudul asli : FINAL BELL, sebuah live album yang merupakan sebuah penghargaan dari Savatage kepada sang gitaris yang telah wafat : Criss Oliva. Dan live album ini di rilis pertama kali di Jepang. Ck ...ck....ck....ck emang di tahun 1995 ini, ST sedang edan kali yah, rilisannya aja sampe segitu banyaknya di satu tahun aja. Salut lah.

Kemudian ST mengadakan tur di Jepang dan Eropa di tahun 1996. Untuk promosi album mereka yang berjudul Dead Winter Dead. Juga kemudian tur di seluruh Amerika. Beberapa anggota band kemudian juga mengambil sebuah lagu yang menjadi hit di album tersebut yaitu : Christmas Eve, kemudian meramunya kembali dengan sebuah orchestra hingga lahir sebuah band baru dengan nama Trans-Siberian Orchestra ( TSO ), di tahun ini juga TSO kemudian merilis album mereka : Christmas Eve and Other Stories. Memasuki tahun 1997, ST merilis sebuah kompilasi kembali khusus untuk di Jepang saja, di rilis oleh JVC Records, dengan judul : THE BEST AND THE REST. Tak lama setelah merilis album kompilasi ini, kemudian ST merilis sebuah album baru yang berjudul : THE WAKE OF MAGELLAN. Sebuah album yang di rilis dulu di eropa, dan langsung album ini menjadi hit di beberapa negara eropa. Hingga kemudian mereka pun mulai menjalankan tur ke beberapa negara eropa. Terutama di seluruh Jerman. Tur di selesaikan ST dalam waktu cukup lama, hingga akhir 1997. Dan di awal tahun 1998, ST kembali merilis sebuah single yang berjudul : TURNS TO ME. Sebuah single yang di rilis untuk mempromosikan album The Wake di negara Amerika. Setelah single di rilis, ST merilis sebuah video, video yang memuat live mereka di tahun 1994 ketika mereka tur ke Jepang. Baru setelah itu ST merilis album mereka The Wake Of Magellan di Amerika serikat, bulan april 1998. TSO juga merilis album mereka yang kedua : Christmas Attic. Di akhir tahun 1998 tersebut, sebuah label Jepang, Zero Corp., kembali merilis album kompilasi bagi ST, di sini Zero Corp. bekerja sama dengan sebuah label keren bernama Nuclear Blast Records. Mereka merilis  sebuah kompilasi yang berjudul : BELIEVE.

Dan di tahun 1999, ST dapat di katakan tidak ada kegiatan yang berarti, mereka meras perlu beristirahat untuk sejenak dengan band ST ini. Namun anggota band lain tetap menjalankan band mereka yaitu TSO. Hingga kemudian mereka memulai menulis lagu - lagu baru untuk kemudian di rekam. Kemudian mereka juga menjalankan tur untuk pertama kalinya untuk band ini. Tur di gawangi oleh para anggota ST sendiri yaitu : Chris Caffery, Al Pitrelli dan Johnny Lee. TSO baru merilis album baru, yang berjudul : Beethoven's Last Night, di tahun 2000. Memulai tahun baru tersebut, mulailah sebuah perpecahan terjadi di band ST, mungkin karena juga ada proyek TSO ini, ST menjadi terpecah belah. Dan akhirnya Zac Stevens menyatakan pengunduran dirinya dengan alasan keluarga. Kemudian di susul oleh Al Pitrelli yang juga keluar dari band ini untuk bergabung dengan Megadeth. Satu hal lain yang juga menjadi masalah adalah dengan Label mereka Atlantic. Yang mungkin dengan perpecahan ini juga menjadi segan untuk mendukung ST, hingga akhirnya Jon dan Paul memutuskan untuk berpisah dengan Atlantic, untuk kemudian bergabung dengan label yang lebih kecil, namun sangat berdedikasi untuk musik metal yaitu : Nuclear Blast USA. Setelah di tinggal para anggotanya kemudian Jon yang merasa bertanggung jawab atas band ini, memutuskan untuk kembali masuk kedalam anggota band sebagai.....vokalis kembali.

Memasuki tahun yang baru dengan hanya 4 orang anggota band saja, yaitu Jon, Chris, Johnny dan Jeff, mereka kembali merilis sebuah single yang berjudul : COMMISAR. Single di rilis di bulan Februari 2001, dan 2 bulan kemudian baru ST merilis album penuh mereka yang baru yang berjudul : POETS & MADMEN. Kemudian ST kembali menjalankan tur panjangnya di seluruh dunia. Dalam tur - tur panjang ini, ST di bantu oleh 2 orang anggota lain yaitu : DAMOND JINIYA dan JACK FROST. Damond membantu urusan vokal dan jack membantu untuk urusan gitar. Tur - tur panjang ini memang sangat melelahkan bagi ST. Dan di sebuah tur di Amerika kemudian Jack Frost malah memilih untuk mundur dari tugasnya, sebagai seorang gitaris pembantu. Dan tur yang juga memasuki tahun 2002, kemudian di bantu oleh seorang gitaris super edan nan keren yaitu : JEFF WATERS, sang pendiri dan gitaris untuk band ANNIHILATOR. Setelah tur super panjang tersebut selesai, begitu juga dengan band Savatage ini. Jon dan Paul memilih untuk me - non aktifkan band ini
untuk sementara. Karena para anggotanya sibuk dengan urusannya masing - masing. Itulah keadaan di band keren ini. Tapi semoga belum berakhir !!!!!!!!!!

Rilisan Savatage :

1. Demo
Demo / 1983 / Self released
Track :
City Beneath The Surface
Sirens
The Whip
The Dungeons Are Calling
Midas Knight
Out On The Streets
Visions
Twisted Little Sister

2. Sirens
Album / 1983 / Par Records
CD pertama di rilis oleh Music For Nations Records
Re rilis 1994
Re rilis 2002 as a Silver Anniversary Collector series
Track :
Sirens
Holocaust
I Believe
Rage
On The Run
Twisted Little Sister
Living For The Night
Scream Murder
Out on the Streets

3. The Dungeons Are Calling
Ep / 1984 / Atlantic - Combat Records
Re rilis 1994
Re rilis 2002 as a Silver Anniversary Collector series
Track :
The Dungeons Are Calling
By The Grace Of The Witch
Visions
Midas Night
City Beneath The Surface
The Whip

4. In the Dream
Single / 1985 / Atlantic Records
Track :
In the Dream
In the Dream

5. Power of the Night
Album / 1985 / Atlantic Records
Re rilis 1997
Re rilis 2002
Track :
Power Of The Night
Unusual
Warriors
Necrophilia
Washed Out
Hard For Love
Fountain Of Youth
Skull Session
Stuck On You
In The Dream

6. Fight for the Rock
Album / 1986 / Atlantic Records
Re rilis 1997
Re rilis 2002
Track :
Fight For The Rock
Out On The Streets
Crying For Love
Day After Day (Badfinger Cover)
The Edge Of Midnight
Hyde
Lady In Disguise
She's Only Rock'n'Roll
Wishing Well (Free cover)
Red Light Paradise

7. Hall of the Mountain King
Album / 1987 / Atlantic Records
Re rilis 1997
Re rilis 2002
Track :
24 Hours Ago
Beyond The Doors Of The Dark
Legions
Strange Wings
Prelude To Madness
Hall Of The Mountain King
The Price You Pay
White Witch
Last Dawn
Devastation

8. When The Crowds Are Gone
Single / 1989 / Atlantic Records
Track :
When The Crowds Are Gone
Hounds - Live
Of Rage And War - Live

9. Gutter Ballet
Album / 1989 / Atlantic Records
Re rilis 1997
Re rilis 2002
Track :
Of Rage and War
Gutter Ballet
Temptation Revelation (instrumental)
When the Crowds Are Gone
Silk and Steel(instrumental)
She's in Love
Hounds
The Unholy
Mentally Yours
Summer's Rain

10. Streets: A Rock Opera
Album / 1991 / Atlantic Records
Re rilis 1997
Re rilis 2002
Track :
Streets
Jesus Saves
Tonight He Grins Again
Strange Reality
A Little Too Far
You're Alive
Sammy And Tex
St. Patrick's
Can You Hear Me Now
New York City Don't Mean Nothing
Ghost In The Ruins
If I Go Away
Agony And Ecstasy
Heal My Soul
Somewhere In Time
Believe

12. Edge of Thorns
Single / 1993 / Atlantic Records
Track :
Edge of Thorns
Edge of Thorns (Radio Edit)
Forever After

13. Edge of Thorns
Album / 1993 / Atlantic Records
Re rilis 1997
Re rilis 2002
Track :
Edge Of Thorns
He Carves His Stone
Lights Out
Skraggy's Tomb
Labyrinths
Follow Me
Exit Music
Degrees Of Sanity
Conversation Piece
All That I Bleed
Damien
Miles Away
Sleep

14. Handful of Rain
Single / 1994 / Atlantic Records
Track :
Handful Of Rain (Radio edit)
Handful Of Rain (LP version)

15. Handful of Rain
Album / 1994 / Atlantic Records
Re rilis 1998
Track :
Taunting Cobras
Handful Of Rain
Chance
Stare Into The Sun
Castles Burning
Visions
Watching You Fall
Nothing's Going On
Symmetry
Alone You Breathe

16. Chance
Ep / 1995 / Atlantic Records
Track :
Chance (edit)
Nothin' Goin' On (LP version)
Sirens (live in rehearsal 9/24/94)
Conversation Piece (live in rehearsal 9/24/94)
Chance (album version)

17. Doesn't Matter Anyway
Ep / 1995 / Atlantic Records
Track :
Doesn't Matter Anyway
Mozart And Madness
Edge of Thorns (Japan live'94)
Jesus Saves (Japan live'94)
Sleep (Acoustic version)
The Dungeons Are Calling (from Final Bell)
Hounds (from Final Bell)
Not What You See (Radio edit)

18. Dead Winter Dead
Single / 1995 / Atlantic Records
Track :
Dead Winter Dead
Christmas Eve (Sarajevo 12/24

19. Live Devastation
Live album / 1995 / Metal Blade Records
Track :
The Dungeons Are Calling
City Beneath the Surface
Sirens
Of Rage And War
She's In Love
Hounds
Thorazine Shuffle
Hall of the Mountain King
Power of the Night
Devastation
Warriors
Necrophilia
24 Hours Ago
Twisted Little Sister
Midas Knight
I Believe

20. Dead Winter Dead
Album / 1995 / Atlantic Records
Track :
Overture
Sarajevo
This Is The Time (1990)
I Am
Starlight
Doesn't Matter Anyway
This Isn't What We Meant
Mozart And Madness
Memory (Dead Winter Dead Intro)
Dead Winter Dead
One Child
Christmas Eve (Sarajevo 12/24)
Not What You See

21. Japan Live '94
Live album / 1995 / HiQ - Intercord Records
Re rilis 1998 oleh Atlantic Records
Track :
Visions; Taunting Cobras
Edge of Thorns
Chance
Nothing's Going On
He Carves His Stone
Jesus Saves
Watching You Fall
Castles Burning
All That I Bleed
Handful of Rain
Sirens
Gutter Ballet

22. From the Gutter to the Stage
Kompilasi / 1995 / Atlantic Records
Track :
Sirens (Live)
Power Of The Night
Prelude To Madness
Hall Of The Mountain King
24 Hours Ago
Gutter Ballet
When The Crowds Are Gone
Silk And Steel
New York City Don't Mean Nothing
Agony And Ecstasy
Believe
Edge Of Thorns
Chance
Mozart And Madness
One Child

23. Ghost In The Ruins: A Tribute to Criss Oliva
Live album / 1995 / Fresh Fruit - SPV Records
Track :
City Beneath The Surface
24 Hours Ago
Legions
Strange Wings
Gutter Ballet
When The Crowds Are Gone
Of Rage And War
The Dungeons Are Calling
Sirens
Hounds
Criss Intro
Hall Of The Mountain King
Post Script

24. One Child
Single / 1996 / Edel Records
Track :
One Child (Radio Edit)
One Child
Not What You See

25. The Best and the Rest
Kompilasi / 1997 / JVC Records
Track :
Gutter Ballet
Degrees of Sanity
Jesus Saves
Edge of Thorns
Agony and Ecstasy
Chance
Complaint In the System (Veronica Guerin)
The Hourglass
Voyage
Prelude To Madness/Hall of the Mountain King
This Is the Time
Believe
Desiree
All That I Bleed

26. Turns to Me
Single / 1998 / Atlantic Records
Track :
Turns to Me (Radio Edit)
Turns to Me (LP Version)
The Storm

27. Japan Live 94
Video / 1998 / SPV Records
Track :
Taunting Cobras
Edge Of Thorns
Chance
Nothing Going On
He Carves His Stone
Jesus Saves
Watching You Fall
Castles Burning
All That I Bleed
Handful Of Rain
Sirens
Gutter Ballet

28. The Wake of Magellan
Album / 1998 / Atlantic Records
Track :
The Ocean
Welcome
Turns to Me
Morning Sun
Another Way
Blackjack Guillotine
Paragons of Innocence
Complaint in the System (Veronica Guerin)
Underture
The Wake of Magellan
Anymore
The Storm
The Hourglass

29. Believe
Kompilasi / 1998 / Zero Corp. - Nuclear Blast Records
Track :
Believe
Visions
Taunting Cobras
Handful Of Rain
Chance
Sarajevo
This Is The Time (1990)
This Isn't What We Meant
Christmas Eve (Sarajevo 12-24)
Edge Of Thorns (Live)
Gutter Ballet (Live)
The Dungeons Are Calling (Live)
Sirens (Live)
Criss Oliva Guitar Solo (Live)
Hall Of The Mountain King (Live)
Alone You Breathe

30. Commissar
Single / 2001 / Nuclear Blast Records
Track :
Commissar
Drive
Voyage (acoustic version

31. Poets and Madmen
Album / 2001 / Nuclear Blast Records
Track :
Stay With Me Awhile
There in the Silence
Commissar
I Seek Power
Drive
Morphine Child
The Rumor
Man in the Mirror
Surrender
Awaken
Back to Reason

Dan  bagiku  mereka  adalah  sebuah  band  yang  begitu  hebat,  bagaimana  sebuah band yang dalam perjalanan karirnya menjalankan berbagai macam perubahan dalam musiknya, hingga apapun yang di hasilkan selalu saja begitu menarik untuk di simak.

Lagu dari Savatage yang aku suka :
24 Hrs. Ago
A Little Too Far
Agony And Ecstasy
All That I Bleed
Anymore
Believe
By The Grace Of The Witch
Can You Hear Me Now
Damien
Dead Winter Dead
Degrees Of Sanity
Edge Of Thorns
Exit Music
Fight For The Rock
Follow Me
Ghost In The Ruins
Gutter Ballet
Hall Of The Mountain King
He Carves His Stone
Heal My Soul
Hounds
I Am
If I Go Away
Jesus Saves
Labyrinths
Lady In Disguise
Lights Out
Mentally Yours
Miles Away
Of Rage and War
One Child
Power Of The Night
She's in Love
Sirens
Skraggy's Tomb
Sleep
Somewhere In Time
St. Patrick's
Strange Reality
Strange Wings
Streets
The Dungeons Are Calling
The Price You Pay
The Unholy
The Wake Of Magellan
This Is The Time
This Isn't What We Meant
Tonight He Grins Again
Turns To Me
Unusual
Warriors
Welcome
When the Crowds Are Gone
You're Alive

Savatage berhubungan dengan band :
TRANS-SIBERIAN ORCHESTRA
DOCTOR BUCTHER
JON OLIVA'S PAIN
CHRIS CAFFERY BAND
CIRCLE II CIRCLE
METALIUM
MEGADETH
WIDOWMAKER
ALICE COOPER
SEVEN WITCHES
TESTAMENT
CRIMSON GLORY
METAL CHURCH
ROB ROCK
ROUGH SILK
DORO
EIDOLON

Tidak ada komentar:

Posting Komentar