Senin, 02 Februari 2009

FIFTH ANGEL

SANG MALAIKAT KE LIMA

".......... Reffrain : Through the Night, you can't escape what you see There is no way to be free......"

Sebuah potongan lirik dari sebuah lagu yang judulnya The Night. Ah memori memang sesuatu yang sangat indah untuk di ingat dan di renungkan dengan sepenuh hati. Apalagi kalau lagu tersebut begitu melekat di memori kita, ah pastilah akan menjadi sebuah pelepas kerinduan kalau kita  mendengarkannya kembali.

Di sebuah sekolah SMU, di sebuah kota asal musik Grunge berasal yaitu, Seattle, di negara bagian Washington DC, Amerika Serikat. Di tahun 1982, lahirlah sebuah band yang bernama RIDGE. Band ini di gawangi oleh seorang jenius bernama : TED PILOT. Dengan anggota lainnya yaitu ED ARCHER dan KEN MARY. Sebagai band SMU, sebuah hal yang paling di gemari oleh para pemuda - pemuda anggota sebuah band di Amerika saat itu adalah mengikuti sebuah kompetisi yang biasanya di adakan oleh sebuah radio swasta. Dan Ridge pun mengikuti acara seperti itu. Sebuah radio di Seattle mengadakan sebuah acara dengan tajuk : Battle Of The Bands. Dan di kompetisi ini Ridge menjadi pemenangnya. Namun dengan kemenangan tersebut tidaklah membuat band ini  mendapatkan sebuah kontrak dari perusahaan rekaman manapun, hingga akhirnya Ridge  pun di bubarkan oleh Ted Pilot. Di sebuah kota lainnya yang bernama Los Angeles, ada seseorang yang tertarik dengan band Ridge ini, karena memang dia juga seorang pendengar radio fanatik. Orang tersebut bernama : JAMES BYRD. Dan tak lama kemudian James, yang memang seorang kelahiran Seattle, kembali ke kota kelahirannya kembali untuk bertemu langsung dengan Ted Pilot. Pertemuan pun berlangsung dan singkatnya, di putuskan untuk membentuk sebuah band baru dengan nama yang sangat amat keren abis : FIFTH ANGEL. Wuih sedap bener namanya yah. Nama tersebut di ambil dari .....Alkitab ! Dan akhirnya band keren inipun terbentuk di tahun 1983. Formasi band ini  kemudian menjadi : Ted Pilot pada vokal, James Byrd pada gitar, Ed Archer pada gitar, Ken Mary pada drum dan di tambah seorang anggota baru yang juga teman Ted Pilot bernama : KENNY KAY. Hahahaha ada nama aku juga di band keren ini.

Dan semuanya kemudian di mulai, Fifth Angel ( di singkat : FA), terutama 3 orang penulis lagu jenius yaitu Ted, Ed dan James, mulai menulis lagu - lagu mereka. Harapan mereka kali ini adalah mendapatkan perhatian dari label - label besar di amerika, hingga mereka dapat merilis album. Sambil menulis lagu - lagunya, FA juga mengadakan banyak sekali konser - konser kecil di berbagai klub yang bertebaran di Seattle dan sekitarnya. Tujuan konser tersebut adalah untuk mencari sebuah kontrak dengan perusahaan rekaman. Waktu terus berjalan, dan di pertengahan tahun 1984, karena belum juga mendapatkan kontrak rekaman, akhirnya merekapun membuat sebuah demo. Tujuan mereka agar dengan cara ini mereka akan dapat lebih di kenal oleh para penggila musik rock di seluruh Amerika. Dan baru di awal tahun 1985 mereka merilis demo ini, demo ini hanya berjudul : 1985 DEMO. Dan memang cara yang mereka tempuh ini menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan tujuan mereka. Nasib baik berpihak kepada FA, demo mereka didengar juga oleh seorang super jenius, pemilik label bernama : Shrapnel Records, siapa lagi kalau bukan Mike Varney. Sebuah indie label dari USA yang memang sangat keren menurut pandanganku. Kemudian Mike Varney pun setuju untuk menjadi label mereka. Kontrak pun di buat. Hingga akhirnya di awal tahun 1986, FA merilis album mereka yang pertama dengan judul : FIFTH ANGEL. Dalam album ini lagu - lagu dari demo terdahulu juga di masukkan. Ternyata tanggapan dari penggila musik rock begitu positif, media - media musik dunia begitu menyanjung mereka. Termasuk sebuah majalah musik yang sangat terkenal di eropa yang bernama Kerrang !. Hanya saja hal tersebut tidaklah membuat salah seorang anggota band menjadi senang, malah orang ini mengajukan pengunduran dirinya. orang ini bernama ...aku, Kenny Kay. hehehehehehe. Kalau di media Ted Pilot berkata kalau Kay tidak lagi mempunyai semangat untuk bermain musik. Kemudian Kay di gantikan oleh anggota baru bernama : JOHN MACKO. Selanjutnya adalah ...apalagi selain konser. Sebuah tur dengan tema : Riding On The Wings, mulai di gelar oleh untuk mempromosikan album pertama dari FA ini. Tur ini juga  memberikan kesempatan kepada FA untuk menjadi band pembuka bagi si keren super hebat bernama : Iron Maiden, yang juga sedang mempromosikan album "Somewhere In Time" di Amerika. Hanya saja yang sangat di sayangkan adalah tur ini tidak pernah terrealisasi, masalah internal pada band, dalam arti manajemen band serta juga beberapa masalah di luar band yang tidak memungkinkan FA untuk mengelar tur akbar tersebut. FA hanya sekali mengadakan konser, yaitu ketika mereka mempromosikan band mereka di depan para petinggi label Epic Records. Dan kemudian singkatnya Epic tertarik dengan band keren ini.

Dan di pertengahan tahun 1987, FA merilis sebuah Single dengan judul yang sama dengan album mereka : FIFTH ANGEL. Single ini merupakan single promo yang di sebarkan oleh Epic Records di seluruh Amerika. Epic Records memilih seorang manajer super hebat bernama : Derek Simon ( para pecinta Dream Theater pasti deh tahu orang eduan ini ). Tak lama setelah tim manajemen terbentuk, di tahun 1988, Epic records kemudian merilis ulang album mereka yang pertama. Tapi kemudian
sesuatu terjadi dengan band hebat ini, ketika ketenaran mulai terpancar dari band ini, seorang anggota pendiri band malah mengajukan pengunduran dirinya dari band. Dan dia bernama : James Byrd. Benarkah Byrd mengundurkan diri ???? Tentu saja tidak benar. Yang terjadi adalah seperti ini. Penulis lagu di band FA ini di pegang oleh 3 orang jenius yaitu : Ted, Ed dan Byrd. Hingga ketiga orang ini yang akan mendapatkan royalti dari setiap lagu FA. Hanya saja Byrd tidak menginginkan seperti itu, dia mau kalau hak untuk dirinya terpisah dari Ed dan Ted. Lucu bener memang nih orang, udah tahu mereka itu di satu band, masa royaltinya harus di pisahkan. Tentu saja ini membuat
murka sang manajemen band, terutama Derek. Dan menurutku memang pantas mereka marah. Rasanya kok kagak "bersatu" gitu si Byrd ini. Dan akhirnya pihak manajemen "kick" Byrd dari band. Itulah yang terjadi sebenernya.

Setelah Byrd keluar, eh salah, di keluarin dari FA, pihak band dan manajemen kemudian mengundang seorang anggota baru yaitu : KENDALL BECHTEL. Segalanya di mulai kembali, penulisan lagu pun di mulai kembali. Sebelum FA mengerluarkan album baru, pihak Epic Records merilis sebuah album split dengan judul : INTERCHORDS - WORDS AND MUSIC. Album ini berisikan campuran antara lagu dan wawancara dengan 2 buah band. Yaitu FA dan satunya SANCTUARY. Dan akhirnya di akhir tahun 1989, FA merilis album baru mereka yang berjudul : TIME WILL TELL. Dengan segera album ini menduduki berbagai chart musik rock di dunia. Distribusi yang begitu hebat membuat album ini begitu cepat tersebar ke seluruh dunia. Dan 11 lagu yang ada di album ini menjadi kan FA menjadi sebuah artis yang sangat di kenal luas. Dan di pastikan konsernya bakal meledak di mana - mana. Hanya saja ...hanya saja...hanya saja semuanya cuma mimpi di siang hari saja. Masalah banyak timbul di internal band juga hubungan manajemen dengan band super keren ini. Kebersamaan dan toleransi serta keutuhan dalam band ini memang sangat sangatlah rapuh, dimana para anggota band terlihat lebih mementingkan diri mereka sendiri - sendiri di bandingkan dengan mementingkan band mereka. Ed dan Ted sebagai penulis terlihat sangat dominan dalam band ini, walau memang mereka adalah pendiri dari band ini, tapi yah jangan keterlaluanlah. Semua merasa terlalu di atur oleh mereka berdua ini. Hal ini juga di rasakan oleh pihak manajemen band ini, mungkin kalau kata kita sih, pihak manajemen sudak muak dengan mereka. Hingga akhirnya semua merasa band ini memang harus berakhir. Dan memang itulah yang terjadi. Band ini pun akhirnya di bubarkan atau membubarkan diri lah kasarnya.

Rilisan Fifth Angel :

1. 1985 Demo
Demo / 1985 / self released
Track :
Fifth Angel
Under Pressure
Wings of Destiny
Fade to Flames

2. Fifth Angel
Single / 1986 / Epic Records
Track :
Fifth Angel

3. Fifth Angel
Album / 1986 / Shrapnel Records
Re rilis 1988 oleh Epic Records
Re rilis 2000 oleh Collectables Records
Track :
In the Fallout
Shout it Out
Call Out the Warning
Fifth Angel
Wings of Destiny
The Night
Only the Strong Survive
Cry Out the Fools
Fade to Flames

4. Interchords - Words And Music
Split Album / 1988 / CBS Records
Track :
interview - Fifth Angel
In the Fallout
interview
Fifth Angel
interview
Cry Out The Fools

5. Interview - Sanctuary
Battle Angels
interview
Sanctuary
interview
Soldiers of Steel

6. Time Will Tell
Album / 1989 / Epic Records
Re rilis 2000 oleh Collectables Records
Track :
Cathedral
Midnight Love
Seven Hours
Broken Dreams
Time Will Tell
Lights Out ( cover song of UFO )
Wait For Me
Angel of Mercy
We Rule
So Long
Feel the Heat

Dan bagiku adalah sebuah kebanggaan untuk dapat mengetahui band ini, sebuah band yang sangat melodius, sebuah band yang meramu sebuah hard rock musik untuk kemudian di campurkan dengan sebuah rasa metal yang dashyat. Betul - betul sebuah band yang seharusnya tetap harus ada di arena musik rock dunia, hanya sayang keadaan berkata lain. Jadi bagi anda - anda yang tergila - gila dengan sebuah band melodik metal jadi sungguh sangat di sayangkan jika melawatkan band yang satu ini. Aku sangat tergila - gila dengan mereka.

Tambahan data :
Album Fifth Angel, ada dua jenis cover yang berbeda dari album ini, versi yang di rilis Shrapnel dan versi yang di rilis Epic, dan aku paling suka dengan yang di rilis oleh label mereka yang pertama,
Shrapnel. Dan lagu rekomendasi dari album ini adalah :
In the Fallout
Shout it Out
Call Out the Warning
Fifth Angel
Wings of Destiny
The Night
Only the Strong Survive

Album Time Will Tell, ini juga album yang sangat patut di miliki oleh anda - anda para penggemar musik melodik, dan lagu yang di rekomendasikan adalah : SEMUA, terutama yang judul lagunya Cathedral dan Time Will Tell. Aku jamin denger tuh lagu langsung anda cinta dengan mereka.

Ken Mary, si drummer asik ini pernah ada di band :
Alice Cooper, album :
-Raise your fist and yell, 1987 Warner Bros Records
Chastain, album :
- Ruler of the wasteland, 1986 Shrapnel Records
- The seventh of never, 1987 Shrapnel records
- Voice of the cult, 1988 Leviathan Records
Impellitteri, album :
- Grin and bear it, 1992 JVC Records
- Victim of the system , 1993 JVC Records
- Answer to the master, 1994 JVC Records
- Screaming Symphony, 1996 JVC Records
- Fuel for the fire , 1997 JVC Records
- Eye of the hurricane, 1998 JVC Records

JAMES BYRD BAND
DAVID T. CHASTAIN BAND
SOUL SHOCK REMEDY
HOUSE OF LORDS

Udah yah, yang lainnya lupa eike nih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar