Sabtu, 31 Januari 2009

TROJAN

Gemuruh angin datang terdengar serem bener, kemudian dddduuarrrrrrrrr ! intro musik mulai masuk sebuah lagu dengan kecepatan tinggi mulai terdengar, vokal menyusul, dan lagupun terdengar. Ah sedap bener dah lagunya, fresh sekaligus gila. 

Sebuah kota kecil di Inggris bernama Wigan, merupakan tempat lahirnya sebuah band bernama Trojan ini, ah Inggris memang menjadi negara yang seperti mesin dalam mencetak band - band metal baru dengan musik yang begitu dashyat, salah satunya adalah Trojan ini, walau mereka hanya mempunyai sebuah album yang merupakan album pertama dan juga yang terakhir, tapi keberadaan mereka di dalam metal scene dunia tetap akan selalu di kenang, terutama yang merupakan penggemar 80's metal. Kelahiran band ini merupakan sebuah keinginan dari seorang bernama PETE WADESON dan GREAME WYATT yang merasa bahwa metal scene di inggris saat itu berada pada suatu keadaan yang menyebalkan dan stabil, mereka merasa bosan dengan kebesaran musik NWOBHM, yang musik begitu dan begitu saja tanpa ada sebuah band yang dapat memberikan sesuatu yang lain untuk di tawarkan kepada dunia. Sehingga kedua orang inipun berinisiatif untuk membentuk sebuah band yang lain dari yang ada di kala itu, bersama dengan seorang teman mereka bernama TED TWIGG, mereka kemudian juga mencari seorang anggota lainnya, dan akhirnya pilihan jatuh ketangan SAM HALL, dan formasi terbentuk Pete pada gitar dan backing vokal, Greame pada vokal, Ted pada bass dan Sam pada drum. Band ini terbentuk di akhir tahun 1981, kemudian merekapun mulai berlatih dan menulis lagu, dan penulis lagu yang sangat brilian adalah tentu si Pete, sebagian besar lagu di ciptakan dari tangannya, dan akhirnya di pertengahan tahun 1982, lahirlah sebuah demo dari band ini, sebuah demo yang di sebut dengan demo pertama atau Demo I, berisi 5 lagu, di rilis oleh band ini sendiri. Waktu terus berjalan dan Trojan tetap tidak mencapai sebuah prestasi yang menggembirakan, namun band tetap berjalan, kemudian di awal tahun 1983, kembali mereka merekam sebuah demo, disebut dengan Demo II, hanya saja demo ini tidak pernah di publikasikan oleh band, dan berlanjut kermudian ke Demo III, yang di rilis pada awal tahun 1984, demo ini berisi 4 lagu saja, yang di produseri oleh seorang teman dekat mereka. Dengan demo - demo yang adapun Trojan tetap belu mendapat tempat di hati para pemilik label maupun penggemarnya. Tapi musik tetap harus berlanjut, kemudian di tahun yang sama, di akhir 1984, mereka merilis demo mereka lagi dengan judul Demo IV. 

Setelah di rilis dan di produseri oleh band sendiri, demo ini tetap juga belum mendapat tempat di hati para pemilik label, dan hal inipun yang mendorong Ted, pemain bas, untuk mengundurkan diri karena merasa tidak memiliki masa depan jika dia tetap di band ini, masalah ini cukup memberi dampak kepada Pete dan Greame, namun akhirnya mereka mendapatkan penggantinya yang juga teman mereka sendiri, bernama PHIL GAVIN, sehingga band tetap utuh. Dan kedatangan Phil ini seperti memberi berkah terhadap mereka, karena setelah Phil masuk, 3 bulan kemudian merekapun diperkenalkan oleh seorang bernama Cees ( sori nama belakang aku lupa ), seorang yang bekerja di sebuah perusahaan rekaman besar bernama ROADRUNNER RECORDS, dan kemudian Trojan di panggil ke perusahaan ini untuk membahas kontrak, setelah Trojan memberikan demo mereka yang ke 4, dan Roadrunnerpun tertarik dengan band ini. Dan akhirnya di tahun 1985, mereka merilis album mereka yang pertama dengan judul : CHASING THE STORM, sebuah judul yang di ambil dari sebuah judul lagu mereka yang berasal dari demo IV mereka, dan itu  juga judul lagu yang di pilih oleh pihak roadrunner records. Album ini di produksi di Netherlands, Setelah album di lempar ke pasar, merekapun menunggu tanggapan dari para penggemar metal di seluruh eropa, karena memang album ini beredar pertama kali di negara - negara eropa. Dan merekapun cukup bersedih, karena album mereka ini tidak terlalu mendapatkan tanggapan yang positif dari para penggemar musik metal, karena banyaknya band - band glam metal atau rock yang telah mendahului mereka, hal ini yang membuat Sam, si drummer, dan Phil, si bassist, untuk mengundurkan diri dari band, karena mereka kecewa dengan berita tadi juga sedikitnya undangan terhadap mereka untuk tur. Sehingga Pete mejadi bingung kembali dengan pengunduran anggota bandnya, sehingga Pete, kemudian harus mencari pengganti mereka secepatnya, karena band tetap harus ada, karena konser - konser kecil tetap harus mereka laksanakan sesuai kontrak. Akhirnya posisi Sam dan Phil di gantikan oleh JOHNNY LEE JACKSON dan EDDY MARTIN. Namun setelah kontrak konser selesai, akhirnya merekapun membubarkan diri. 

Rilisan Trojan :
1. Demo I / 1982 / demo / self release
- Premonition
- Cheater
- Love Fever
- Dealer
- Renegades

2. Demo II / 1983 / demo / unknown - never released

3. Demo III / 1984 / demo / released by friend
- Bring On The Night
- Help Me
- Interlude
- Aggressor

4. Demo IV / 1984 / demo / self release
- Chasing The Storm
- We Got Made It
- Only The Strong Survive
- Hypnotized
- Backstabber

5. Chasing The Storm / 1985 / album / Roadrunner
- Chasing The Storm
- Tonight We Got Made It
- Only The Strong Survive
- Hypnotized
- Backstabber
- Icehouse
- Take No Prisoners
- Hot N' Ready
- Help Me
- Aggressor

Review :
Chasing The Storm - lagu dimulai dengan intro, suara angin yang bergemuruh, kemudian blassssss, seperti mobil kecepatan tinggi, musik yang cepatpun terdengar, ah sebuah lagu yang sangat sedap buat di dengar, fresh dan keras, tempo cepat kemudian melambat ketika lead gitar, selagi lead berjalan kemudian musikpun di percepat kembali, sehingga terkesan lead tersebut lebih garang, Pete memang top abizzz.

Tonight We Got Made It - lagu ini awalnya berjudul We got it made, kemudian di tambah kata Tonight, lagu dimulai dengan permainan drum yang asik, kemudian riff menyusul, bas dan akhirnya vokalpun berbagi. Disini Sam bermain dengan sangat mantap.

Only The Strong Survive - lagu di mulai dengan petikan gitar tanpa efek, terus break beberapa detik, dan kemudian muncul riff gitar yang betul betul bikin gila, edan si Pete ini, pokoke riffnya asik bener,
kemudian musik di hajar dengan cepa t, lalu tempo berubah drastis menjadi lambat, sound gitar di buat patah patah oleh Pete, lalu di sambung dengan lead yang yahud, kembali ke riff gila lagi dan kemudian drum kembali melesak telinga gw, dan speeeed music again. Only the strong, only the strong survive. Baca judulnya gw jadi inget lagunya Mad Max, sama bener judulnya !!!

Hypnotized - musik langsung jreng, tentu dengan kecepatan tinggi, disusul teriakan Greame, Youuuuu Got me Hypnotized, wuih sedap nih lagu, juga dengan lead Pete yang demikian keren di lagu ini.

Backstabber - tanpa basa basi musik langsung jreng, tempo lagu nga terlalu cepet di lagu ini, tapi riff gitarnya asik bener, musik terkesan "heavy". Dan ini lagu yang selalu gw inget dari trojan ini, bener bener bikin fresh dah nih lagu di jamin.
  
Icehouse - musiknya dingin ??? boro boro, trojan ngehajar nih lagu, kesan pertama yang gw denger nih lagu bener bener "menyerang", sedaplah, walaupun terdengar seperti lagu yang biasa saja, tapi sound di buat sedikit aneh oleh Pete di lagu ini. Escape of this icehouse.

Take No Prisoners - denger lagu ini kayak denger lagu no 3 tadi, riffnya hampir aja sama, hanya yang ini lebih panjang dikit,

Hot N' Ready - hanya sebuah lagu dengan kecepatan tinggi, karena mereka telah "panas" dan Siap untuk menerjang telinga gw.

Help Me - ini lagu yang paling gw demen, selain yang no 3, pokoknya lagu yang bikin gw pengen headbangin ampe nih lagu abis, bener bener bikin seger dah nih lagu. Sebabnya tentu aja riff gitar yang begitu fresh, dan juga galak dan melodius.

Aggressor - ini lagu dapat di bilang paling keras, lagu di mulai dengan petikan gitar, masuk bas, muncul lead si pete, kayak lagu balada gw pikir, tapi kemudian nih lagu break beberapa detik, dan
blassssss, darah gw langsung naik begitu denger riff gitar lagu ini yang langsung dihajar oleh musik dengan kecepatan super cepat untuk masa itu.

Bagi gw, band ini memang sangat berkesan, mereka memang hebat bikin lagu terutama si Pete itu, maen gitarnya edan lagi, juga riff gitarnya yang bikin gw pengen selalu dengerin mereka. Dan kesan lainnya musik mereka bener bener bikin fresh, kepala pusing gw jamin langsung ilang habis denger lagu lagu mereka, sebuah album yang gw pikir harus di rilis ulang dalam bentuk cd, supaya para metalheads tahu seberapa edan nih band. Yang pasti semua elemen metal ada di band ini : kecepatan tinggi, sound yang sangat 80's metal, cenderung ke thrash era di banding heavy, musik mereka bener bener sedap karena....."kasar", kayak band Razor atau Exciterlah, mereka bikin sebuah album yang terkesan seperti lagu belum beres, tapi disitulah bedanya mereka, pokoke Top abis nih album. Speeeeeeed metal is on !!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar