Sabtu, 31 Januari 2009

KILLER ( Switzerland )

Ah cape bener dah nih hari, pulang sekolah, harus ngerjain kerjaan rumah dan biasa bikin mi buat jualan besok, oh iya, tadikan aku baru dapet kaset baru dari si Deni, temen sekelas aku yang juga suka musik metal, tadi di sekolah aku liat sekilas covernya kok kayak Metal Heart si Accept gitu, ada gambar jantung gitulah. Ah ntar aku dengerin ah sambil bikin mi. Selesai makan, diem 15 menit dan waktu tempur tiba. Tape compo JVC di ambil dari kamar, di bawa ketempat bikin mi, dan di tancapkan kabel ke stop kontak, dan siap dengerin kaset, eh iya kasetnya masih di tas aku. kemudian aku ambil kasetnya, masukkin ke compo dan Jrengggg!!! suara ceesssssssssssss terdengar. hehehehe suara paling sedap tuh kedengarannya. Akupun mulai meramu bumbu untuk mi, telur & bumbu di campur kemudian terigu, setelah di ramu, kemudian di masukkan terigu, loh kok aku jadi kayak bikin cerita resep seeeh !!!!! Lagu side a no 1 mulai terdengar, terdengar riff, jeng jeng cet cet jeng cet cet, wah aneh bener nih sound gitarnya, sedap bener, sangat unik banget suaranya. dan terdengar I want it.......cet cet. Kemudian aku malah duduk di tangga sambil dengerin lagunya ampe kelupaan lagi bikin mi, mama aku datang dan : Kaaaaiiiiiiiii, lagi nagapain lu, tuh mi jadi kering adonannya, walah aku lupa mam sori. Bikin mi pun di lanjutkan dan sangat bersemangat aku bikinnya sebab di temani oleh kaset Killer - Young Blood. Gila nih band keren banget yah.

Dan inilah si keren itu :
Sebenernya orang gila di balik band ini adalah si gitaris CROWN KOCHER, setelah mengundurkan diri dari sebuah band dengan nama KAKTUS, di tahun 1979 di sebuah kota kecil di Switzerland : Solothurn, Crown berkeinginan membentuk sebuah band baru, band yang baru tersebut akan di buat sekeren dan seunik mungkin, karena waktu di band Kaktus, Crown merasa kurang puas dengan terbatasnya ruang bagi dia untuk mengeksplorasi kehebatan dan kemauannya. Hingga akhirnya diapun keluar dan berkeinginan membentuk sebuah band yang sesuai dengan harapannya, untuk itu dia mengajak 3 temannya : MARK BROMAN, MANY MAURER, BEAT "Tiger" KOFMEHL dan ALI ALLEMANN. Crown pada gitar, Mark pada vokal, Many pada gitar, Beat pada bas gitar dan Ali pada drum. Mungkin kalau dapat di omongin sih ini band merupakan sebuah band yang di didirikan Crown sebagai persaingannya dengan Krokus yang telah berdiri belum lama. Musik Killer di awal era mereka, mungkin kita akan merasa ingat akan sebuah band Aussie bernama AC/DC, memang si Crown ini adalah fans berat si gitaris super unik dari band ini, Angus Young. Hanya saja Crown membedakan sedikit soundnya dengan si Angus ini, dia membuatnya menjadi sedikit "berat". Dan di pertengahan tahun 1980, mereka mulai menulis lagu - lagu, dan sebuah lagu kemudian di pilih oleh mereka untuk di jadikan sebagai lagu percobaan, lagu tersebut berjudul : CRAZY DAISY, dan di produseri oleh Christoph Berger. Waktu terus berjalan namun Killer tetap belum di kenal, dan label records lokalpun tidak ada yang tertarik dengan band keren ini, sehingga akhirnya Berger, membawa lagu mereka ke negara tetangga yaitu Jerman, dan disinilah semuanya bermulai, sebuah label tertarik untuk mengontrak Killer. Mereka merasa memang Killer memiliki sesuatu yang lain dalam sound mereka di banding dengan band yang telah ada. Dan akhirnya Killer di undang ke Jerman untuk sebuah pertemuan dengan sebuah label jerman bernama : BELLAPHON, dan hasilnya adalah mereka di kontrak untuk membuat 3 buah album serta kontrak untuk tur selama 3 tahun. Wah sebuah keberhasilan bagi Killer. Dan tanpa menunggu lama, akhirnya di awal tahun 1981 merekapun mengeluarkan sebuah single dengan judul : LADY KILLER, sebuah single berisi 2 lagu. Disusul kemudian, sebuah album yang berjudul : LADY KILLER, sebuah album dengan 8 buah lagu. 

Mulailah Killer menjadi band yang cukup dikenal dikalangan penggila musik metal, tak menunggu lama kemudian Bellaphon menghantam kembali dunia musik metal di Jerman dengan merilis sebuah single lagi, di pertengahan tahun 1982 mereka mengeluarkan single lainnya yang berjudul : MIDNIGHT HIGHWAY RIDER, sebuah single berisi 2 lagu, termasuk lagu Crazy Daisy. Dan Midnight inilah yang merupakan sebuah lagu yang menjadi sebuah batu loncatan bagi Killer untuk memulai karyanya yang lebih besar. Kemudian Bellaphon yang bersemangat merilis kembali sebuah single lagi, kali ini berjudul : TAKE ME, BREAK ME, SHAKE ME, sebuah single dengan 2 buah lagu. Album mereka yang pertama, Lady Killer, mendapat berbagai macam reaksi, terutama dari cover art mereka yang sedikit "vulgar" untuk waktu itu, berbagai media membantai habis band ini karena cover art tersebut, namun jangan salah, itu juga menjadi semacam promosi bagi band itu sendiri, berbagai penggemar metal musik malah semakin penasaran dengan berita - berita yang menyudutkan Killer, dan hasilnya malah sebaliknya dengan berita tersebut Killer menjadi semakin terkenal baik di Jerman sendiri maupun di negara mereka sendiri, Switzerland juga Austria. Suatu promosi yang tidak di duga sebelumnya oleh band ini. Hasil menunjukkan kalau lagu mereka dari album ini, yaitu : Midnight Highway Rider dan Get Out Of My Life, malah menjadi hit di negara - negara tersebut. Tentu saja Killer akhirnya banyak mendapatkan kontrak tur di berbagai negara eropa, dan Killer dengan tiba - tiba menjadi band yang masuk kedalam berbagai Chart untuk musik rock di eropa. Dan konser merekapun semakin berkembang dari tempat - tempat yang kecil berubah ke tempat - tempat yang lebih besar. Dan kemudian Killer menjadi saingan utama bagi sang band yang bertengger di top chart yaitu :..sapa lagi kalau bukan Krokus. Setelah konser - konser di laksanakan dengan sukses, kemudian Killer mulai kembali merekan lagu - lagu baru, dimana lagu - lagu tersebut telah mereka tulis sebelumnya ketika mengadakan berbagai konser di sepanjang tahun 1982, dan akhirnya di akhir tahun 1982, merekapun mengeluarkan album mereka yang kedua dengan judul : THRILLER, sebuah album berisi 8 buah lagu. Dan tanggapan publik sangat baik terhadap album kedua mereka ini, Killer menjadi top artis ketika itu. Killer mengadakan sebuah konser di Servion, sebuah kota di barat Swiss, di mana konser tersebut di liput oleh berbagai media televisi di Swiss. Kemudian Killer juga di undang oleh seorang pemilik sebuah "club" yang sangat terkenal di Bremen, Mike ...lupa aku nama belakangnya, untuk bermain di kota Bremen, di sebuah klub bernama : Beat Club. Dan konser inipun menjadi liputan utama di berbagai koran di beberapa negara eropa.

Dan berita yang paling mengejutkan band ini, datang di bulan November 1982, ketika sebuah surat tiba di tempat mereka, surat tersebut berisikan sebuah undangan bagi Killer untuk mengadakan beberapa tur bersama dengan sebuah band super keren nan edan, yang bernama : ....ayo apa ayo !!! the mighty god of metal music : MOTORHEAD. Yah Killer di undang oleh Lemmy Kilmister untuk mengadakan tur bersama bandnya. Konser tersebut akan berlangsung selama 3 minggu. Mereka mengadakan berbagai konser di jerman dan juga swiss. Dan tentu saja tur gila - gilaan ini sukses besar dan nama Killer menjadi semakin berkibar di scene metal music eropa. Namun terpaan  anginpun menjadi lebih kencang ketika kita berada di puncak popularitas, dan sebuah berita yang mengejutkanpun tersiar, Crown dan Ali, merencanakan untuk mengundurkan diri sementara dari band, alasan keduanya, mereka ingin "menghilang" untuk sementara dari musik metal, rasa lelah dan
kejenuhan yang memuncak, menyebabkan kedua orang ini akhirnya resmi keluar dari band Killer. Dan mereka tetap meminta kepada anggota lainnya untuk melanjutkan band Killer ini. Akhirnya Crown dan Ali di gantikan oleh JAN VAN CROW dan DANNY CRIVELLI. Tak menunggu lama, Killer pun merilis album baru mereka dengan formasi baru ini, sebuah album dirilis tahun 1983 dengan judul : STRONGER THAN EVER. sebuah album berisi 10 lagu. Kali inipun mereka  mengadakan konser kembali bersama Motorhead, kali ini mereka merambah sampai ke Skandinavia. Hanya saja kali ini Lemmy sendiri tidak begitu antusias dengan kebersamaan band Killer bersama Motorhead, Motorhead merasakan perbedaan "keadaan" di band Killer ini, sehingga Lemmy  kemudian membatalkan konser - konser yang telah di rencanakan, jadi Killer hanya sempat konser sekali saja bersama Motorhead di tahun 1983 ini, konser lain di batalkan. Hal inilah yang sangat memukul batin dan semangat anggota band Killer, mereka merasa frustasi atas apa yang terjadi dengan band mereka sendiri setelah konser tersebut. Akhirnya 4 personil dari band inipun menyatakan pengunduran diri mereka : Mark Broman, Many Maurer, Beat Kofmehl dan Danny Crivelli. Mereka semua meninggalkan Jan Van Crow seorang diri di band, ck ck ck ck kesian tenan kau Jan. Namun Jan Van Crow tetap bersemangat mempertahankan band keren ini, dan akhirnya di tahun 1985, Jan V C, kembali membentuk bandnya kembali, kali ini dia mengundang MARK B. LAY, MARTIN MORELLI, ROLAND WAPF dan RONNY WOOLF. Dan band Killer pun akhirnya terbentuk kembali, Jan pada gitar, Mark pada vokal, Martin pada bas gitar, Roland pada keyboard, dan Ronny pada drum. Dan tak lama kemudian di awal tahun 1986, Killer pun merilis album baru mereka yang berjudul : YOUNG BLOOD, sebuah album dengan 10 lagu yang super sedap. Di album ini sebenarnya Jan berusaha keras untuk tetap mempertahankan "musik asli" dari Killer, namun tetap hal tersebut sangat tidak di dukung oleh pasaran musik metal di Eropa, album ini mengalami angka penjualan yang buruk, konser pun hanya di saksikan oleh beberapa orang saja, media - media yang biasa begitu mendukungpun mulai menjauhi mereka. Ah merekapun tidak dapat mengharapkan terlalu banyak dengan apa yang mereka hadapi, akhirnya dengan sangat berat hati Jan van crow membubarkan band Killer ini. Ah sayang bener yah, band keren ini harus di bubarkan. Kemudian di bulan april tahun 2002, sebuah berita mengejutkan, datang dari band Killer ini, mengadakan sebuah konser khusus untuk mengenang masa lalu mereka, konser ini dilaksanakan tentu saja di kota kelahiran mereka di Swiss, Solothurn. Pada konser ini semua anggota asli dari band ini berkumpul kembali untuk pertama kalinya sejak bubar. Inilah yang membuat para anggota band menjadi bersemangat kembali, setelah konser itu sukses berat, di hadiri oleh ribuan penggemar yang begitu merindukan mereka. 

Dan mereka semua berjanji untuk memulai band ini kembali. Dan selanjutnya di tahun 2005, sebuah formasi Killer secara resmi di umumkan, mereka adalah : CROWN KOCHER, MARK BROMAN, JAN VAN CROW, DAVE GUGELOT dan MICH MUELLER. Crown pada gitar, Mark pada vokal, Jan pada gitar, Dave bas gitar dan Mich pada drum. Di awal 2006, merekapun mengadakan konser di kota - kota besar di Switzerland, mereka konser sebagai band pendukung untuk U.D.O. Setelah konser ini sukses merekapun beristirahat, di sini berita tak menyenangkanpun tersiar, karena penyakitnya yang cukup parah, Mark sang vokalis di nyatakan tak lagi bersama Killer. Dan tak lama kemudian setelah Mark keluar dari band, Jan Van Crow dan Mich Mueller pun menyusul,  menyatakan mengundurkan diri dari band. Dan di bulan Februari 2006, Crown dan Gugelot mengundang beberapa anggota baru untuk band ini, mereka adalah : ANDY LICKFORD, BEAT ISELIN dan DAN HAMMER. Andy pada vokal, Beat pada gitar dan Dan pada drum. Andy, Beat dan Dan ini, semuanya merupakan anggota dari band Swiss bernama Nighthunter, yang biasa menyanyikan lagu - lagu cover version. Dan di tahun ini juga Killer mengadakan konser kembali di kota kelahiran mereka, Solothurn. Dan kita tetap menunggu bagaimana Killer band ini selanjutnya di tahun 2007 ini. 

Rilisan Killer :
1. Ladykiller / single / 1981 / Bellaphon Records
Track :
Ladykiller
Come Along

2. Ladykiller / album / 1981 / Bellaphon Records
Track :
Get Up, Get Down
Come Along
Crystal Butterfly
Crazy Daisy
Ladykiller
Midnight Highway Rider
Passport
Get Out

3. Midnight Highway Rider / single / 1982 / Bellaphon Records
Track :
Midnight Highway Rider
Crazy Daisy

4. Take Me, Break Me, Shake Me / single / 1982 / Bellaphon
Track :
Take Me, Break Me, Shake Me
Break My Chains

5. Thriller / album / 1982 / Bellaphon Records
Track :
Out On The Front Line
Stealin´ My Mind Away
Break My Chains
The Great Escape
Sell Your Soul
Never Touch A Tiger
Take Me
Prisoner Of The Night

6. Stronger Than Ever / album / 1984 / Rockport Records
Track :
The Eye Of Time
Stronger Than Ever
Killer Lady
Rock ´n ´Roll Soldiers
On The Rocks
Turn It Loud
Blood On The Black Flag
Evil Dies
Stay With Me
The Right Hand Of The Devil

7. Young Blood / album / 1986 / Scratch Records
Track :
I Want It
Young Blood
She Wants More
Wild Boys
Run ForYou
Heaven And Hell
Top Secret
She´s A Crazy Driver
Heavy Metal
The Show Is Over

Data tambahan :
Many Maurer
Pernah di band Krokus sebagai pemain bas gitar, pada album :
- STAMPEDE / album / 1991 / Justin Records
- TO ROCK OR NOT TO BE / album / 1995 / Cass Records
- ROUND 13 / album / 1999 / Angel Air Records

Danny Crivelli
Pernah di band Krokus juga sebagai pemain drum, pada album :
- HEART ATTACK / album / 1988 / MCA Records

Brian Kofmehl
Pernah ada juga disebuah band Swiss bernama : CHINA, tapi aku lupa di
album yang mana.

Dan bagiku band ini merupakan band yang patut juga untuk di dengarkan, dan memang yang kita dengar selama ini atau yang pernah ada di Indonesia ini, hanyalah sebuah kaset yang di awal tulisan aku ceritain. Jadi sebenernya kita ini mendengarkan album mereka yang terakhir, yaitu Young Blood. Tapi yang pasti album ini memang sedap bener dah, pencarian cd untuk album - album Killer juga telah lama aku lakukan, sampai suatu ketika aku di kirim email oleh seorang yang bernama : CROWN KOCHER, yah oleh sang pemilik band edan ini, hanya sampai saat ini dia belum pernah merilis secara resmi dalam bentuk cd album - album lama dari Killer ini, kecuali Young Blood oleh In Akustik ( Inak Records ) Jerman. Dan Crown menawarkan album 2 lama mereka dalam bentuk Cd-r tentu dengan cover art lengkap. Hanya saja aku masih belum tertarik untuk membelinya. Jadi nikmatilah kalau memang anda punya cd dalam bentuk apapun dari band super keren ini. 
Cause Killer is really between Heaven And Hell !!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar