Sabtu, 31 Januari 2009

HATRIK

Adalah sebuah rasa yang begitu gembira, ketika sebuah lagu yang kita kenal dengan baik mengalun di antara sepinya malam hari, sendirian lagi !!!! ah sedapnya kagak tahanlah. Seperti juga di malam itu. Sore itu aku baru aja pulang dari kantor, hari sabtu, kira kira jam 5 sorelah, jadi belum gelap amat, ini ati maunya cepetan pulang, bukan karena apa apa, tapi karena ada sebuah paket yang baru aja di terima oleh orang di rumah. Paket itu baru aja datang siang tadi, dan sore itu di rumah lagi sepi sebab semua lagi keluar rumah, jadi asli cuma aku yang ada di situ sendirian ketika gw datang ke rumah. Terlihat sebuah paket yang cukup gede, aneh juga gw pikir, kok gede amat paketnya, penasaran gw buka tuh paket, dan sssseerrrrrrrrrrrr, darah gw mengalir dengan cepat, jantung berdetak dengan cepat dan nafas jadi rada terhambat, gw diam sebentar buat tenangin diri gw sebentaran, sambil gw lihat ke arah lain, bukan ke benda di tangan gw, bener bener gw merinding ampe bulu kuduk rasanya berdiri, megang benda itu, dan benda itu adalah sebuah vinyl dari band HATRIK dengan judul album : THE BEAST, vinylnya terbungkus rapi dengan plastik bening. Akhirnya penantian yang telah begitu lama buat dapetin tuh vinyl tercapai juga, ketika gw lihat ke dalam dusnya, eh ada cdnya juga, oh iya, kan gw beli vinyl, kemudian si penjualnya bikinin juga cdnya. Wah udahlah top abizzzz, walaupun formatnya cdr, tapi hati gw senengnya bukan main. Tanpa ganti pakaian, langsung cdrnya gw setel, ah surga mulai muncul, di hati seneng banget ! Dan 1 cd itu didengerin sampe abis tanpa jeda sedikitpun, walaupun untuk minum atau apapun, gw cuma duduk di kursi dan dengerin tuh cd. Siapa Hatrik ini ?

Kembali ke tahun 1983, di sebuah negara bagian Amerika serikat, Chicago, 2 orang berjalan bersama menyusuri sebuah jalan untuk menuju sebuah konser musik, yang mereka tunggu cukup lama, sebuah konser musik metal, konser yang dapat dikatakan festival ini diikuti oleh banyak band baru, dengan orientasi metal. Akhirnya konserpun berakhir dan merekapun kemudian kembali kerumah masing - masing, tidak ada sesuatu yang menarik di hari tersebut kecuali konser ini, tapi keadaan kemudian berkata lain, ketika di konser tersebut mereka bertemu dengan seorang teman lama mereka, hanya mereka sendiripun lupa siapa dia jelasnya, esok harinya 2 orang ini kemudian berkumpul kembali, dan membicarakan konser yang tadi malam mereka lihat, mereka begitu suka dengan konser tersebut, hingga tercetus sebuah rencana untuk serius tentang bermusik, yah untuk serius bermain musik, sebenarnya mereka berdua ini mempunyai sebuah band hanya belum terbentuk dengan pasti, karena mereka hanya ada 3 orang, dan mereka kekurangan 1 orang lagi untuk membentuk sebuah band, dan kekurangan ini selalu terisi oleh teman - teman mereka hanya selalu tidak cocok atau tidak sejalan dengan rencana mereka, sehingga selalu berganti - ganti.orang dan sekarang mereka berencana untuk membentuk sebuah band secara serius. Siapa kedua orang ini ? dan siapa 1 teman mereka ? Meraka adalah : JOHN BERNARDI dan RICH RYAN, serta 1 teman mereka JOHN MCPHERSON. Dengan posisi Bernardi pada Bass, Ryan pada Drum dan McPherson pada bagian vokal. Dan mereka mencari seseorang untuk posisi gitar. Kemudian secara tidak sengaja, McPherson mencoba untuk memperkenalkan seorang kawan lama. Kemudian McPherson pun memanggil temannya tersebut yang tidak lain adalah teman lama mereka juga yang mereka jumpai di konser lalu. Dan dia bernama : ERIK BAUMANN, dan memang dia adalah seorang gitaris yang benar benar mereka cari. Akhirnya terjadi kesepakatan dan band barupun terbentuk dengan nama : Hatrik. Waktupun berjalan, latihan latihan telah dilakukan, dan merekapun mulai menulis beberapa lagu, hanya saja mereka belum berencana untuk membuat demo atau album ataupun sebuah Ep. Kemudian di pertengahan tahun 1984, merekapun mulai mengisi berbagai acara - acara musik di daerah mereka, juga melakukan tur - tur kecil ke negara bagian yang terdekat, jadi acara musik dan tur inipun digunakan sebaik mungkin oleh mereka untuk memperkenalkan diri. 

Dan akhirnya seorang teman band inilah yang memperkenalkan mereka dengan seseorang di ROADRUNNER RECORDS, setelah cukup lama menunggu akhirnya kontrakpun di dapat mereka. Dan pada akhir 1984, mereka pun mulai menulis beberapa lagu dan merekamnya. Di awal tahun 1985, akhirnya mereka merilis album pertama dan juga yang terakhir, berjudul The Beast !!!! Penjualan album yang sangat jauh dari harapan band dan label, kemudian menjadi pemicu terbesar bagi mereka untuk membubarkan diri selamanya. Yah sangat di sayangkan kalau band yang menurutku sangat asik ini, akhirnya bubar, tapi itulah yang terjadi dengan Hatrik, sebuah band yang sangat - sangat bermasa depan sebenarnya, hanya saja mungkin waktunya tidak tepat bagi mereka untuk muncul di dunia metal scene. Dan yang membuatku suka dengan band ini adalah, siapa lagi kalau bukan si Erik Baumann, gitaris edan !!! seharusnya dia bisa menjadi seorang yang terkenal, sebab permainan dia yang begitu fresh, melodius, dan sangat di pengaruhi oleh musik klasik, dan yang pasti memiliki sound yang sangat unik. ! Sayang bener nih band !!! sedih gw jadi e 

Lagu - lagu mereka :
Rule Of War
Sebuah komposisi lagu yang sangat sangat sangat 80's, telinga kita di hantam oleh sebuah riff yang fresh namun juga "heavy",kemudian di lanjutkan dengan jeritan sang vokalis dengan suara oktaf tinggi khas 80's metal, Wuih sedap bener dah. polllll

We're American Band
Mungkin ini salah satu lagu yang bikin mereka terkenal, sebuah lagu karya Grand Funk Railroad yang di daur ulang untuk menjadi sebuah lagu yang solid seperti metal. Walaupun musik tetap pada konsep asli lagu, hanya di buat sedikit "heavy". 

Moov
Nga tahu deh arti lagu ini, tapi yang pasti lagu ini sungguh nikmat terdengar, sebuah komposisi dengan sedikit lebih melodik tanpa menghilangkan kesan beratnya, disini Erik mulai mengekplorasi ilmunya.

Play To Survive
Mungkin ini lagu yang agak sedikit berbeda dari Hatrik, sebuah lagu yang terkesan cenderung ke hard rock di banding heavy metal, tetapi aku tetap suka dengan lagu ini, tempo lagu yang sedang saja.

Demon's Lair
Sebuah lagu yang seperti lagu pertama dari segi riff dan lead gitarnya, ditambah dengan pengucapan demon's lair yang agak kurang jelas, sehingga memberikan kesan lagu yang begitu kaku tapi juga "keras", sangat "heavy" dengan tempo yang lebih lambat sedikit dari lagu pertama.

The Beast
Dimulai dengan sebuah intro dengan musik yang cukup "gelap", sesuai judul lagunya, kemudian lagu menjadi garang dengan raungan gitar si Erik dan di tambah dengan lengkingan suara vokal yang tiba - tiba. Top deh

I Like To Eat It Out
Sebuah lagu dengan tempo agak lambat, riff gitar yang juga berulang ulang, lagu yang biasa saja, hanya lumayan untuk mengingatnya.

Little Fugue
Ah ini pasti kerjaan si edan Erik, sebuah komposisi klasik dari pencipta lagu terkenal, Johan Sebastian Bach, yang di gubah menjadi sebuah lagu yang sangat melodius, dimana intro lagu di buat tanpa efek distorsi, sebuah intro lagu klasik yang sangat terkenal bergulir dari sebuah suara gitar, dan kemudian Erik memulai ekplorasi distorsinya, tanpa meninggalkan inti dari lagu klasik ini,
memang keren bener dah nih track instrumental ini. Sallluuttes to Erik !!!!

S. O. S.
Kayak lagu ABBA aja, tapi yang ini dashyat lagunya, riff yang cukup variatif, dengan melodi yang juga dihasilkan dari ekplorasi gitar erik yang betul betul yahud buat di denger. Keras dan "padat".

The Other Side Of Crazy
Sesuai dengan judulnya, dilagu ini rasanya erik, memulai kembali kegilaannya, kecepatan dan permainan gitar yang asik di tambah olah vokal yang agak berat, juga beat drum yang mantap.

Still Of The Night
Sebuah lagu berbasis balada mungkin pada awalnya, hanya di buat sedikit cepat untuk membentuk sebuah lagu yang menarik dengan sound yang agak berbeda dengan lagu lainnya.

Jadi secara umum band ini cukup solid dan memiliki masa depan yang baik, hanya saja merek kemudian bubar, dan suatu hal yang menonjol dari band ini tentu saja si Erik sang gitaris yang bermain dengan yahud, dan juga sang vokalis McPherson, yang mempunyai suara agak khas dan sangat 80's metal. Segi cover art juga terlihat kurang menarik, hanyalah gambar kepala sebuah ular besar, dengan penggunaan huruf yang sederhana, hanya tetap saja bagiku mereka adalah sebuah band yang sangat asik buat di punyai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar