Jumat, 04 Agustus 2017

FATALITY – REBORN [ 2017 / DEATH METAL / CD ]









FATALITY – REBORN

“Om dengerin yah lagu ini, aku kirimin 3 lagu, tolong di review singkat yah”…….sebuah pesan tertulis di layar handphone dengan indahnya melalui WA di tanggal 20 Februari 2017, hahaha, trus sang pengirim pesan juga bertanya “Om sibuk nga?”. Hahahaha make manggil om sagala lah kau, kita kan saumuran kali. Kali bro kali. 3 buah lagu aku terima dengan senang hati. Sesuatu yang baru memang akan membuat siapapun penasaran, apalagi ini tentang lagu metallllllll haha. Selanjutnya adalah sebuah rasa penasaran yang begitu hebat ada di pikiran…bosan rasanya kalau rasa penasaran harus dari hati. Kali ini dari pikiran saja karena hal tersebut akan membuat penilaian terhadap lagu tersebut akan lebih objektif. Jiah. Tak lama kemudian, sebuah pesan kembali meluncur di hp, isinya : “Om ini vokalisnya saumuran da sama Om”……di hatdik seteh Ical. Hahahaha. Mungkin sang pengirim pesan merasa kalau si Om ini sudah begitu tua hingga ngan ngaledek wae. Doraka nyaho seteh ngaledek ka kolot. Tapi biarin saja yang pasti musik tidaklah mengenal yang namanya usia. Karena musik itu urusan hati lain pikiran. Urusan hati ketika menerima musiknya dan urusan pikiran ketika anda menilainya. Ahai. Obrolan berlanjut sampai pada sebuah berita kalau cd band Fatality akan di rilis, duh aseeekkk pastinya. Dan ini sebuah hal yang sangat di tunggu pastinya.
Dan akhirnya sebuah kabar menggembirakan terjadi ketika di gelar Record Store Days Part II di Sukabumi, sang produser menyatakan kalau cd dari band ini akan rilis dalam waktu dekat. Dan akupun secepatnya memesan 2 buah bundle untuk mendapatkan cd band ini. Ahai
Sebuah band yang menurut kabar telah lahir di Sukabumi di tahun 1997 ingin sekali mengeluarkan sebuah album yang berisikan lagu – lagu yang telah mereka buat dengan jiwa dan darah serta keringat, jadi bisa anda bayangkan semangat membara untuk membuat album yang akan di rilis kemudian dalam format fisik yang akan menjadi kebanggaan bagi band ini sampai kapanpun. Keren anda Fatality, semangat yang tidak pernah padam untuk mengeluarkan album itu adalah sebuah usaha yang paling keren dari sebuah band, karena itu akan menjadi sejarah perjalanan dari band ini. Salute from the deepest of my abyssal heart.  
Mari kita mulai :
1.      Detail :
Band                                      : FATALITY
Album                                   : REBORN
Tahun Rilis                            : 2017
Produser & Layout          : Faizal “A.O.D.” Darussalam
Recorded @                         : TR Record Studio
Mixed & Mastered          : Wig TR Record
Label                                     : METAL MILITIA99 PRODUCTION
Artwork                                : Bvll Metal Art [ USA ]
Format                                   : JEWEL CASE CD
UPC                                       : MM99PROD-002
Band Information                   : 0815-7222-1799 / 0813-7801-0434

2.       Band :
            Halim Budi Ansyah - Vocals
            Hamid Herdiansyah - Guitars
            Adnan Bastian - Guitars
           Joan Permana - Bass
           Egi Nugraha - Drums

3.       Kemasan :
1.       Kemasan cd jika di lihat ketika cd ini di terima, ehmmm cdna KAGAK di segel, sambil banyak alasan kalau plastic segelnya habis, jiah. Biarlah memang akan banyak hambatan yang terjadi ketika anda mengerjakan sesuatu, hal ini jadi tantangan tersendiri yang dapat membuat stress sang orang yang memproduksi cdnya. Hal yang kecil tetap saja akan menghambat dalam proses produksi dan itu memang yang terjadi dengan sang produsen cd ini. Sabar yah bro, setiap masalah yang timbul akan menjadi pijakan baru bagi anda untuk melangkah lebih jauh.  Hingga obi strip yang seharusnya menempel di salah satu sudut dari cd ini, eh malah menjadi “jeugeur”, kaku tanpa lipatan. Dan obi strip ini uh aya nomeran.
2.       Hal pertama yang aku lihat adalah melihat cd ini secara keseluruhan, cd terlihat baik dalam hal penampakan dari sisi luar baik depan, belakang maupun di kedua sisi tipisnya. Mantap dah. Casing cd terlihat cukup baik dan tebal. Jadi ketika di pegang cukup mantap. Keren
3.       Selanjutnya cover depan atau yang di sebut booklet cd. Secara keseluruhan produksi booklet ini baik, sangat baik malah, hanya di halaman pertama yang juga adalah sebagai cover album ini, gambar terlihat “agak” gelap, gambar seperti terkesan “redup” alias “poek” hingga detail gambar cover album tidak terlihat dengan jelas dan baik. Dan di sebelah kiri sekitar 2 cm dari kiri ada seperti sebuah titik kecil yang mengganggu pandangan ketika melihat cover cd ini. Duh sayang memang, hanya yah itulah adanya, walau ada sedikit masalah seperti ini, tapi bukan berarti menjadikan cover album cd ini jelek. Desain album yang aku boleh bilang sangat mantap, asik pokoknya ketika aku lihat desain gambar album ini. Suka aku dengan gambar cover album ini.
4.       Cover belakang cd juga mantap dah, dengan di desain dari foto para anggota band, cukup terlihat asik untuk di cermati dan cukup mantap untuk di jadikan cover belakang dah. Keren juga ini.

4.       Lagu :
1      Reborn 01:52  
Dibuka dengan sebuah intro yang menyatakan seperti ini mungkin “ Haha haha, Hei anda yang mendengarkan cd ini siap – siap anda akan mendengarkan sebuah album metal yang lain dari yang pernah ada, siapkan diri anda karena Fatality akan menghantam telinga anda dengan musik cadas nan melodius, anda siap kawan?”
2      Remember of the Forgotten 03:36    
Di awali oleh sebuah lagu berbahasa inggris album ini mulai menyeruak di gendang telinga dengan sebuah riff edan yang asik untuk di nikmati, dan bam ! sebuah lagu menghantam telinga tanpa dosa, membuat syarat di otak mulai bekerja untuk berkonsentrasi mendengarkan lagu ini. Lagu ini lalu di percepat temponya, variasi melodi begitu asik, hanya saja lagu ini terasa “mengambang”, jujur aku tidak begitu terkesan dengan lagu kedua ini, terkesan biasa saja. Padahal di awal lagu mantap.
3      Loba Omong, Omong Kosong, Jiga Bagong 02:21    
Sebuah lagu berbahasa Sunda yang sangat menarik perhatian, lagu yang begitu bikin penasaran ini terasa ketika aku membaca judul lagu ini, begitu vulgar, keras, to the point, nga banyak basa basi. Dan memang seperti lagunya sendiri yang di hajar cepat dari awal lagu. Lagu ini terkesan sangat melodic, variasi riff, melodi maupun rhythm begitu mantap untuk di nikmati di tambah dengan lirik yang begitu asik, sangat asik malah, bertutur apa adanya dan kumaha aink. Keren
4      Penjajah Terkekang 04:09    
Uh ! lagu ini aransemennya aku pikir agak sedikit “nyeleneh nan Gila”. Lagu ini di buat seperti seekor kuda ngamuk yang lari kesana kemari dengan kencang. Edassss pokoke lagu ini.Lagu begitu variatif di segala sisi, melodi, riff, rhythm, olah vocal & sound. Jujur dengar lagu ini seperti aku sedang berolah raga otak, syarat di otak di buat terbuka lebar, darah mengalir laksana Flash. Duh sedeppppp dah.
5      Insidious 04:02    
“Loh kenapa lirik lagunya beda dengan yang aku baca?”……lalu aku lihat cover belakang dan haha pantesan lagunya memang bukan yang aku lihat liriknya, jadi aku harus membalikkan beberapa halaman untuk melihat lirik yang sesuai dengan judul lagunya. Dasar ! nyiksa kolot. Lagu berbahasa Indonesia ini di awali dengan sebuah kegilaan dari bas gitar, edannn keren. Dan yang pasti aku dengar kalau lagu ini mempunyai “sound” yang sangat berbeda dari lagu – lagu sebelumnya, sound di lagu yang satu ini terdengar lebih “jernih”, lebih detail. Jadi ada rasa yang berbeda ketika mendengarkan lagu ini, rasa yang membuat hati lebih nyaman. Dan gilaanya lagi lagu ini di aransemen demikian brilian, di tengah lagu di sisipi sebuah musik yang berbeda, sebuah sisipan musik yang terdengar begitu “jazzy” dengan sound Metal. Bisa anda bayangkan bagaimana lagu ini akan terdengar. Aku sampai mengulang beberapa kali untuk mendengarkan lagu yang asik ini. Keren
6      Frontal Horizontal 02:41   
Apakah anda mau sebuah lagu Death Metal dengan sound “tua” kawan ? Sebuah lagu di ranah Death Metal yang biasa di katakan dengan Old School ? hahai, maka anda harus dengarkan lagu ini kawan. Sebuah lagu yang di kemas dengan apik oleh band, yang memberikan kesan begitu indah akan sebuah sound yang “old”, musik di tampilkan dengan brilian dan asik untuk di nikmati. 
7      Berontak Jiwa 03:14    
Di awali dengan sebuah permainan gitar yang di buat tanpa efek apapun, terdengar begitu “lembut” seperti kita sedang mendengarkan sebuah album dari seorang maestro gitar akustik, Francis Goya. Hanya saja kemudian…Bam ! sebuah riff gitar dengan efek edan menyeruak di udara, menghantam segala sisi ruangan dengan buasnya hingga aku pun yang tadi terlena dengan sebuah lagu yang demikian menghanyutkan jiwa lalu aku tersentak dengan sebuah riff yang duh Tuhan, aya oge riff paten edassss kieu, yang bikin aku terdiam sebentar untuk kemudian yang tak aku sadari, aku mulai ber-headbanging edan, gelora musik yang begitu indah untuk melakukan headbanging ini begitu terasa sampai akhirnya lagu ini berakhir, dan maaf kawan, aku memutar ulang lagu ini kembali untuk membuat lagu ini lebih “nempel” di sanubari. Edasssssssssssssssss polllllllllll lagu ini. Dan lagu ini jadi lagu favoritku untuk selamanya. 
8      Illuminaty 04:27
Cukup satu kata untuk lagu yang satu ini : Groovy ! Groovy kind of metal. Haha. Sebuah lagu death metal nan groovy akan anda dengarkan di lagu yang satu ini. Sound lagu yang begitu asik di tambah dengan melodi yang groovy menjadikan lagu ini begitu sedap untuk di nikmati. Dan ini band memang pol edannnnnn keren, coba anda dengarkan setelah sang vokalis selesai menyanyikan kalimat…mahluk hina…..????????? 
9      Cleptolitikum 03:41    
“Lah kenapa lagi lirik laguna beda dengan yang aku dengar?”…..deuh dasar si Ical ngagawean kolot wae seteh. Aku harus membalikan kembali halaman booklet ke depan, karena lirik untuk lagu ini ada di halaman awal booklet. Jiah. Aku agak sedikit kecewa dengan lagu ini, maaf lagu ini terkesan agak monoton di telinga tua ini. Walau lagu ini di awali dengan riff yang aduhai hanya kelanjutan lagunya agak membuat aku sedikit kecewa, sound dan melodi agak sedikit berbeda di telinga ini.
10   Paeh Jiga Anjing 03:40   
Acungan semua jempol yang ada untuk pemain drum. Edan keren anda main di lagu ini kawan. Sampai kaget aku ketika mendengarkan lagu ini, anda menghantam instrument di depan anda dengan semangat dan skill yang ehmmmmm bikin ngiri dah. Terdengar begitu sempurna anda memainkan drum anda. Variasi lagu juga begitu edan dah, seperti sedang naik roller coaster, anda di buat turun naik di hajar musik cadas nan indah ini.Oh iya satu lagi, di booklet untuk lirik lagu ini ada satu huruf yang salah tempat yah, huruf H na tinggaleun teu ngiluan ka handap. haha
11   Degradasi Diri 02:37    
Apa yang paling menarik dari lagu yang satu ini kawan ? di lagu ini, band ini mengeksplor segala yang ada di hati dan pikiran mereka untuk kemudian di tumpahkan sekaligus ke dalam lagu ini, seperti tsunami melodi, aransemen lagu yang top, variasi melodi yang edan keren. Seketika aku merasa kalau lagu ini akan menjadi lagu favorit aku yang kedua, yang akan aku ingat selamanya. Polllll abis anggota band ini menghantam. Cadas
12   Outro 01:27
Diakhiri dengan sebuah outro yang menyatakan seperti ini “ Haha haha, Hei anda yang telah mendengarkan cd keren ini, kami sarankan anda untuk berdiam sebentar, menurunkan tensi syarat di otak anda, agar darah anda sedikit berjalan melambat. dan jantung anda mulai turun detaknya kembali ke normal, sudah kawan? Bye”



Ketika aku hadir di acara Record Store Days Part II di Sukabumi, aku sempat ngobrol dengan Mr. Halim Budiansyah, sang vokalis dari band keren ini, beliau berkata kalau setiap lagu Fatality akan memiliki aransemen yang berbeda satu dengan lainnya, tak akan ada yang sama. Dan yang pasti kata-kata itu akan selalu aku ingat, dan kata itu memang terbukti 100% di cd album Reborn ini. Di cd album ini anda akan di berikan berbagai lagu yang berbeda aransemen dari lagu ke lagu, hingga membuat anda akan semakin ingin mendengarkan lagu ini dengan lebih seksama, detail, berulang – ulang & bikin kangen. Sok cobaan. 
Album ini aku dengarkan mulai dari Sabtu, 15 Juli 2017, jam 16.30 sampai pada tanggal 3 Agustus 2017, hari Kamis, Jam 21.10. Di dengarkan sekitar 10X pemutaran bolak – balik, di beberapa lagu ada yang di ulang beberapa kali karena lagunya ciamik keren abis. Didengar melalui berbagai instrumen pemutar cd dari Compo Sharp, Laser Disc Player Pioneer, Discman ( teuing merek naon, euweuh merekna ) , Vcd Player Sony dan juga di computer. Hal ini di lakukan untuk mendengarkan album ini dengan lebih variatif dan detail.
Album ini berisikan 12 lagu, dengan 2 lagu sebagai Intro dan Outro, 7 lagu berbahasa Indonesia, 2 lagu berbahasa Sunda dan 1 lagu saja yang berbahasa asing.  Variasi lirik dengan berbagai bahasa memang akan membuat album ini menjadi lebih menarik para pecinta musik cadas, karena setiap bahasa yang di nyanyikan akan memberikan rasa persaudaraan dan kedekatan yang akan terjalin dengan sendirinya. Salut aku bro untuk ini.

Jadi sia tong Loba Omong, bari Omong Kosong wae, ari kitu teh sia Jiga Bagong !

Dan kembali penghargaan terbesar bagi sebuah band adalah dengan membeli cd original dari band tersebut. Cukup itu saja ! Dan cd ini sangat layak untuk anda koleksi. Sangat aku rekomendasikan. Belilah cd band ini dan simpanlah sebagai sebuah harta.
Maaf jika ada kata yang kurang berkenan atau menyinggung anda, tak ada maksud saya untuk itu, yang ada hanyalah seorang metalhead kolot yang masih cinta musick cadas nan bising dan cinta untuk ber headbanging ria saja. Itu saja.

Siang, 5 Agustus 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar