Rabu, 17 Mei 2017

OLOXEJO - PASUKAN MENOLAK LAPAR [ 2017 / CRUST PUNK METAL / CD ]




Record Store Days Sukabumi, hari kedua, hari Sabtu, tanggal 29 April 2017. Berada di sebuah acara yang begitu aku suka, karena di sana ada begitu banyak format fisik musik yang sangat menggoda iman. Dan yang pasti acara ini di adakan sebagai wadah bagi para generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai format musik fisik, ulah donlod wae ah, isin brai. Ketika sedang termenung dengan indah, haha, seorang dengan tubuh yang tinggi nan ganteng bin plontos mendatangi aku yang sedang melamun indah. “Om….bisa kesini sebentar ?”, kata si ganteng. “ ah siap bro”……..berjalan sebentar ke depan pintu rumah, akupun bertanya : “ada apa bro”………”ini Om ada cd dan paket kaos dan lainnya, ini cd band saya Om, tolong di dengerin yah dan kalau sempat minta di review juga yah!”……….” oh siap siap bro, makasih banyak loh yah sudah ngasih ini cd dan kaos ke aku bro, nuhun pisan yah”. Yang pasti di hari itu aku senang karena aku bisa berkenalan dengan para musisi – musisi yang begitu ramah. Keren kalian. Aku ketemu dengan musisi dari band : Angel Of Death, Fatality, Oloxejo, Sindikat 31 dan lain sebagainya dah. Yang pastinya asikkkkk abis. Dan yang pasti di acara ini juga aku bisa menambah wawasan musik – musik yang sedang hot dan yang lagi di gilai oleh para generasi muda. Sedap dah, dan yang pasti anda rugi kalau tidak datang.

Waktu berlalu sampai menjelang malam, si ganteng ini kembali lagi bicara padaku tentang cd tadi, cd yang merupakan hasil produksi secara swadaya dengan segala kemampuannya. Dan yang membuat aku menjadi lebih hormat kepada si ganteng ini adalah ketika dia dengan jujur berbicara tentang kelemahan dari cd yang dia berikan kepadaku. Sebuah kejujuran yang akan aku nilai dengan suatu rasa hormat dan cinta yang lebih, karena itu adalah sebuah hal yang langka saat ini yang di lakukan oleh seorang musisi dari band yang cdnya telah aku simpan dengan aman. Dimana biasa seorang musisi sedapat mungkin “menyimpan” kelemahan produksi cdnya dalam hati, kalau ini malah sebaliknya, secara terbuka dia membicarakannya dengan jujur. Salut untuk itu brother. You are truly a superb musician.

Baik inilah tentang cd band asik ini :

Kemasan CD :
1. Cd di buat dalam sebuah format “purba”, cd di buat dalam format “jewel case”, ehmmm sebuah format cd yang merupakan kemasan paling asik dari sebuah cd. Sebuah kemasan yang paling aku suka dan paling “aman” di pikiranku. Bukan aku tak suka format kemasan lainnya, tapi cd dengan format kemasan ini adalah kemasan paling yahud dan aman. Karena kepingan cdnya akan aman tersimpan di tempatnya tanpa adanya “gesekan” dari bookletnya atau gesekan dari kemasannya jika anda merilisnya dalam format digipak. 

2. Booklet di buat dalam versi lipatan, terdapat 2 lipatan untuk 3 halaman kecil berwarna secara bolak balik yang mencakup keseluruhan isi booklet ini. Sip, aku juga masih suka dengan versi booklet seperti ini.

3. Dalam penulisan lirik di booklet tersebut, mungkin seharusnya sebelum turun cetak harus di cek ulang bro, biar semua sesuai dengan jalur lirik yang di nyanyikan dan sesuai di mana lirik tersebut berada, maksudnya di lagu mana sebuah lirik harus di tempatkan. Ada kesalahan di sebuah lagu, potongan lirik itu seharusnya berada untuk lagu berikutnya.

Dan sekarang kita ke inti dari cd ini yaitu :
1. Boboko Nangkub
Intro lagu di mulai dengan suara – suara orang yang sedang meminta nasi, sambil memukul sesuatu, hahahaha, cukup kreatif ! dan tak lama………bam, sebuah lagu yang jujur saja aku “cukup” suka, karena di sana ada sebuah riff yang sangat asik untuk aku dengar dan dalami lebih lanjut. Dan lagu ini bikin aku tersenyum simpul, dengan lirik yang sangat menarik untuk di baca berbarengan dengan mendengarkan lagunya yang sangat “powerful”. Vokal yang asik, gitar yang juga sangat “fresh”, bas gitar yang agak sedikit harus di perjelas “sound” nya  juga sama dengan suara drumnya.

2. Fuck’in Bitch
Satu – satunya lirik berbahasa selain bahasa Indonesia dan bahasa Sunda di album ini, secara musik, lagu ini tidaklah buruk, hanya yang aku rasakan lagu ini sangat “datar”, tidak ada sesuatu yang di “tonjol” kan di lagu ini. Dan “sound” di lagu ini juga terdengar sangat “berantakan”, entah kenapa lagu ini begitu kurang asik untuk di nikmati oleh telingaku.

3. Mulung Kuntung Urut Nu Burung
Dari judul saja pertama kali aku baca sudah membuat aku tertawa riang, dan tertawa ini akan membuat hati menjadi nyaman, dan hati yang nyaman akan membuat sesi mendengarkan lagu inipun menjadi lebih menyenangkan. Dan memang itu adanya, lagu ini “pol” asik. Riff yang begitu yahud, di tambah dengan “sound” yang cukup enak untuk di nikmati di tambah dengan “rasa” musik punk rock yang sangat terasa ada di lagu ini.

4. Jablay Goblog
Ehm liriknya asik bro. Yang pasti lirik di buat dengan tanpa banyak basa – basi, di tulis apa adanya sesuai dengan hati penulis liriknya. Secara musik lagu ini kurang lebih hamper sama dengan lagu no. 3.

5. Emon
Dari judul lagu saja pasti bikin penasaran ingin mendengarkannya. Hahaha. Salah satu lagu yang berbahasa Indonesia yang ada di album ini. Dan memang lagu ini cukup menarik untuk di nikmati. Cukup, karena aransemen untuk lagu ini agak sedikit kurang mantap pada awal lagu. Aku merasa awal lagu sedikit “bertabrakan” sound nya. Dan juga pada saat refrain di nyanyikan musik kok terasa agak “kacau”.

6. Dacut Burut
Di lagu ini bas gitar agak menonjolkan diri, hanya sayang bermain terlalu pasif dan datar saja, mungkin kalau ada sedikit variasi atau mengeksplor nya lebih jauh kala bermain, lagu ini pasti lebih mantap untuk di nikmati. Dan aku merasakan ada melodi band Motorhead di lagu ini, wuih sedap. Benarkah ?

7. Berontak
Ehmmmm, ini lagu adalah salah satu lagu favorit aku di album ini, sebuah lagu yang musiknya begitu sedap. Mantap dan yahud untuk di nikmati sambil berolah raga kepala. Walau ada sedikit kekurangan di “sound”, tapi ah siapa yang peduli, ini lagu asik bener buat di dengerin. Dan aku cinta mati sama lirik lagu ini, merupakan lirik berbahasa Indonesia kedua di album ini. Mungkin entah berapa kali aku mengulang lagu ini ketika akan di review. Kelemahan dari sound lagu ini, di tutupi dengan lagu itu sendiri. Keren. Ambil Keringkan Singkirkan Tinggalkan

8. Tai Babi
Pertama kali denger lagu ini, hadeuh bikin merinding bro. Dengan riff yang begitu “ganas” lagu ini menghantam dengan sangat keras di telinga, seketika aku terkejut dan berpikir siapa pencipta lagu keren super ini, bikin hati ini langsung suka setengah mati dengan lagu yang satu ini, bisa di bilang ini lagu yang aku nilai terbaik dari semua lagu yang ada di album ini. Lagu yang sangat variatif dan liriknya hadeuh top markotop dah.

9. Nugelo Borox
Di awali dengan sebuah sound yang “heavy”, hanya sayang tidak di lanjutkan sampai akhir lagu….heh kai ini bukan tentang sebuah lagu yang heavy, tapi tentang sebuah lagu hardcore punk yang edan, yang bikin siapapun yang mendengarkan akan ber”dansa”.

10. Rea Omong
Sebuah lagu yang di “cover” dari sebuah band dengan nama The Crash. Di telinga tua ini awal lagu terasa seperti melodi dari musik NWOBHM, uh New Wave Of British Heavy Metal, haha mungkin itu hanya perasaanku saja, tapi terdengar seperti itu di telinga ini. Keren yang pasti lagu ini dan masuk sebagai lagu favorit. Dan “choir” nya mantap tuh bro. Pokoke lagu ini lagu yang perlu dan harus anda dengarkan.

Secara umum band ini adalah band yang layak untuk anda dengarkan, apalagi bagi anda yang suka dengan musik Punk yang hardcore. Album ini aku dengarkan mulai dari Jumat, 5 Mei 2017, jam 19.30 sampai pada tanggal 14 Mei 2017, hari Minggu, Jam 17.10. Di dengarkan sekitar 8X pemutaran bolak – balik, di beberapa lagu ada yang di ulang beberapa kali, melalui berbagai instrumen pemutar cd dari Compo, Laser Disc Player, Discman dan juga di computer. Hal ini di lakukan untuk mendengarkan album ini dengan lebih variatif dan detail. Dan inilah kesimpulan yang bisa aku tulis dari album ini :
1. Sound di album ini terkesan seperti “mendeum”, mungkin dalam sesi rekaman atau mastering ada kekurangan. Yang pasti aku nga mengerti kenapa. hanya yang pasti kekurangan ini dapat di “tutupi” dengan lagu-lagu yang sedap dan pol.

2. Sound untuk bas gitar dan drum yang paling terasa kurang mantap.

3. Aku suka dengan sang vokalis, suara anda memang ajib bro. Keren dan cocok di band keren ini.

4. Aku jujur bangga dengan band yang satu ini, band ini menyanyikan lagu mereka hampir 100% dengan menggunakan bahasa daerah atau bahasa Indonesia. Sangat Salut bro. Album ini berisikan 10 lagu, dengan 2 lagu berbahasa Indonesia, 7 lagu berbahasa Sunda dan 1 lagu saja yang berbahasa asing. Dan itu adalah kelebihan band ini di bandingkan dengan band – band yang lain, aku sangat sangat respek dengan band yang menyanyikan lagu – lagunya dengan menggunakan bahasa nasional kita atau menggunakan bahasa daerahnya. Jadi kalau ada band yang merasa tidak keren karena tidak menggunakan bahasa asing maka ……..??? Mungkin anda bisa bertanya pada band ini, mengapa band ini memakai bahasa asing hanya untuk 1 lagu saja dan 9 lagu lainnya menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Sunda ??? Kenapa begitu ? 

Band ini memainkan sebuah jenis musik yang sangat “fresh” dan selalu “fresh”, musik yang mereka usung berakar pada musik Punk Rock, akar musik ini kemudian di gabungkan dengan jenis musik lainnya yaitu Extreme Metal, hingga kecepatan, kebrutalan dan growl anda akan dengar. Hahaha. Keren

Jadi silahkan Anda…..Ambil Dengarkan Singkirkan Tinggalkan, Ambil cd dari band ini, lalu Dengarkan dengan seksama, Singkirkan sejenak cd band lainnya, haha, dan Tinggalkan sebuah kesan di hati anda kalau band ini memang layak untuk anda punyai albumnya, terutama format fisiknya. Itu saja.

And to my brother : Adhiet Peuteuy, terima kasih sudah memperkenalkan band anda ini kepada aki - aki penyuka musik cadas nan metal, semoga tambah maju dan sukses bagi band anda ini. Horns Up
Dan kembali penghargaan terbesar bagi sebuah band adalah dengan membeli cd original dari band tersebut. Cukup itu saja !

Maaf jika ada kata yang kurang berkenan atau menyinggung anda, tak ada maksud saya untuk itu, yang ada hanyalah seorang metalhead tua yang masih cinta musick cadas nan bising dan cinta untuk ber headbanging ria hungkul.

Siang, 15 Mei 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar