Minggu, 01 Januari 2017

WARKVLT / SEREIGNOS – BLASPHEMOUS ALLIANCE [ 2014 / BLACK METAL / SPLIT CD ]

Ahhhhhhhhhhhhh udah lama juga kagak mendengarkan musik menggelegar nan indah yang sering di sebut sebagai Black Metal, si metal hitam. Uhhhhh asik dah pokoke kayaknya nih cd yang ada di depan mata abdi yang mulai melototi cover dari cd yang di maksud. Yah sekalian juga untuk membayar “hutang” ane yang belum lunas kepada seorang metal master bernama Abah S, anda semua tau lah sapa dia ini. Hutang untuk me-review mini album cd ini. Hutang harus di bayar dong ya kan. Yah walaupun agak lama, maaf yah Abah. Cukup lama sudah aku menerima cd ini, hanya baru sekarang aku dapat mendengarkannya dengan “serius” hehehehehehe, sebuah cd yang aku sebut sebagai mini album, dan mini album ini merupakan album split dari 2 band yang.....ehmmmm ciamik buat di nikmati di pagi hari. Jam 9 pagi, tanggal 9 Juli konsumsi untuk telinga di mulai, ketika orang lain memberikan haknya di kotak suara untuk pemilu presiden, nah aku..........denger musik........kumaha aing weh !!! hehehehehehehe. Sebab aku memang sudah memberikan hak ku sebagai warga negara untuk memilih presiden, hehehehe, ketika jari kelingking yang biasa harus di celupkan ketika telah memberi suara, kalau aku maaf jari tengah yang aku celupkan. Lah kok ngomongin pemilu ….........!!!!

Tanpa banyak basa basi, sang cd mulai di masukkan ke dalam pit tempatnya berada di sebuah cd player nan jadul, dan akhirnya ritual di mulai. Track pertama di mulai......dan blast.....sebuah musik mulai menghantam telinga, gaungnya mulai di rasakan oleh sang otak dan akhirnya emosi dalam hati mulai di ledakan, emosi yang seketika itu juga meminta sang otak untuk mencari file memori yang ada di sana untuk mencari di mana data musik yang seperti ini berada......hanya maaf kata sang otak.....kagak ada bro. Otak berlanjut untuk beraktivitas....gila nih band......musiknya gelo keren abis....aku paksakan sang otak untuk menerawang di setiap sudut dari sang otak untuk tetap mencari dan tetap mencari......kembali sang otak mulai men-scan barisan file “musik” yang ada di otak ini, yang terlintas pertama di otak sebelah kiri adalah mirip band mana nih lagu ? Mirip band mana ? Mirip....? Jiahhhhh.......sang otak sebelah kanan protes.....maaf kai band ini nga mirip dengan band manapun yang ada di dunia. Maaf teman-teman jujur aja aku merasa nga berhak untuk membandingkan sebuah band dengan band lainnya baik dari lokal maupun internasional. Dan maaf juga aku paling nga suka membandingkan seperti itu.....why ? Karena sebuah band ketika membuat sebuah lagu dan misal akhirnya sebuah album memiliki emosinya sendiri-sendiri, lagu di buat dengan tangan mereka sendiri, lagu di buat oleh instrumen musik yang ada di tangan mereka, lagu di buat oleh suara mereka sendiri, lagu di buat oleh pikiran mereka sendiri dan lain sebagainya. Hanya band mungkin di pengaruhi oleh berbagai band  metal yang ada di dunia ini yang pernah hinggap di pikiran mereka, tapi menurut pandanganku musik yang mereka buat tetaplah milik mereka sendiri, jadi aku nga pernah mau membandingkan sebuah band dengan band lainnya. Satuju kang ? Ah urang balik deui ka musikna !!! hehehehe.

“Dewasa” dan “matang” mungkin merupakan kata yang tepat untuk menjelaskan lagu-lagu yang telah di buat oleh band Warkult di track no 1 ampe 3. Memainkan musik berjenis metal itu tidaklah mudah braii ( mereun da lampu, hehehehe ), kita yang hanya sebagai pendengar tinggal mendengarkan hasil akhirnya aja, tanpa tau bagaimana proses pembuatannya yang pastinya menguras segala yang ada di band ini. Musik mereka sekarang ini terdengar demikian “rapi”...malah mungkin aku bisa bilang musik mereka telah “sempurna” di segala sisi. Jadi musik mereka adalah sesuatu yang sangat indah buat anda para metalhead untuk menikmatinya di waktu senggang. ….Jiah nga percaya tah ??? ok....siapkan cd Blasphemous Alliance anda di player anda, dan hajar speaker anda dengan track no 3 dulu dah.....ah nih lagu no 3 menjadi lagu favorit ane di mini album ini. …..di mulai dengan “ in the name of.......hate” lalu musik gelo  nan keren nan indah nan sempurna mulai menghajar speaker kiri dan kanan anda dengan buasnya tanpa ampun.....ah sedepnya nga tahan dah coi. Ah  yang pasti lagu ini telah membangkitkan kembali sebuah semangat di hati untuk tetap mencintai musik ekstrim, yang terasa telah lama “dingin”.  Anda akan di hajar oleh musik nan indah selama 4 menit 26 detik oleh lagu no 3 ini, dan hasilnya...........hanya anda yang tahu.     
          
Duduk di lantai nan dingin ketika aku mendengarkan album split ini, setelah posisi duduk telah ok, baru aku pijit tombol no 1, untuk mendengarkan lagu no 1, kuping di buka selebar-lebarnya ( ehmm jendela kali, hahahaha ), then tangan kiri memegang kertas dan tangan sebelah kanan memegang sebuah bolpoin hitam, sehitam musik di ruanganku, dan akhirnya aku siap untuk menuliskan sesuatu tentang album split ini, hanya ketika musik telah berjalan di lagu kedua, boro-boro aku mau menulis, yang ada hanyalah aku terdiam mematung, menyimak lagu yang terus meluncur deras di speaker.....sampai lagu ke 7 selesaipun aku masih terdiam menyimak lagu, belum tertulis apapun di kertas tadi. Dan aku putuskan untuk kembali mengulangi mendengarkan ulang cd ini. Lagu pertama di mulai lagi dan aku mulai memejamkan mata......lah kumaha bade nulis atuh kai upami kitu....ah kumaha aing weh........hehehehehe....khusus untuk musik berjenis ini aku harus memejamkan mata untuk supaya lebih meresapinya, jadi aku putuskan kertas dan bolpoin aku simpan di lantai aja, dan aku putuskan untuk menulis ketika proses mendengarkan sudah selesai......yah selesai setelah di ulang secara maraton 3 kali. 

Setelah itu aku baru mulai menulis di kertas tadi, aku tulis apa yang aku rasakan ketika mendengarkan cd ini. Ah...pokoknya kalau anda nga dengerin rugi dah bro. Silahkan anda beli cd originalnya dan dengarkan split album ini, di jamin anda akan sayang pada cd ini.
Tracks:
1.    Warkvlt – Dethroned Hypocrite Emperor – 04:01
2.    Warkvlt – Enslaving the Jahannam – 03:33
3.    Warkvlt – In Nomine Odium – 04:26
Mungkin kalau mau di kata sih 3 lagu di atas adalah sebuah pencapaian yang bisa aku katakan sempurna dari sebuah band, musik yang edan keren, riff brutal yang mantap, sound yang juga sangat baik dan yang pasti Warkvlt adalah sebuah band yang telah menjadi begitu solid. Tak banyak yang bisa aku tulis lah, yang pasti musik adalah sesuatu yang harus di dengarkan, jadi dengerin dah, baru anda tahu apa yang aku katakan.

4.    Warkvlt – Revenge of the Unhallowed (live) – 03:40
Lagu ini sengaja aku pisahkan, karena aku anggap lagu ini sebagai bonus track dari Warkvlt ! Lagu ini terdengar seperti bootleg, yah memang mungkin ini bootleg hasil rekaman ketika mereka live, hingga sound yang di hasilkanpun tidaklahg sempurna.

5.    Sereignos – Blastodest – 01:52
6.    Sereignos – Hailz Warkvlt – 04:03
7.    Sereignos – Anti – 03:15
Jujur aja ketika aku mendengarkan secara maraton, seperti yang aku katakan di atas, aku merasakan sesuatu yang “hilang” ketika mendengarkan musik dari Sereignos di 3 lagu ini, entah kenapa aku merasa agak sedikit kecewa dengan musik yang mereka mainkan. Seperti yang aku katakan rasa ini bukanlah karena Sereignos di bandingkan dengan band Warkvlt, maaf bukan itu, tapi ada sesuatu yang aku rasa adalah dari “sound” musik mereka, aku merasa musik mereka kurang “menyatu” !!! Tapi tentu itu hanya kekurangan sementara saja, ke depannya band ini pasti lah mantap dah !!! Salute bro. 

Setelah 3 kali aku memutar ulang cd ini, sebenernya ada pengulangan yang ke 4 dan ke 5 di bagian lagu no 5 sampai 7. Mungkin aku merasakan “belum” masuk di musik mereka. Dan memang setelah masuk ke pengulangan ke 5 aku baru bisa menikmati musik mereka yang bisa aku katakan sangat baik walau belum sempurna. Di lagu no 5, duh bro nih lagu riffnya muantappppppp abis, hanya sayang kenapa pendek bener nih lagu. Padahal uasikkkkkk tenan lagu ini. Dan yang menjadi favorit ane adalah lagu no 7, duh nih lagu memang jempol dah bro. Aku merasakan riff thrash di lagu ini...apa betul bro ? Pokoknya lagu ke 7 ini adalah yang paling sedappppp dari Sereignos dah.

Hailz to Warkvlt dan Sereignos, KEEP IT EXTREME, KEEP IT BRUTAL, KEEP IT BLACK !!!! DAN TEMAN-TEMAN METALHEADS, ALBUM SPLIT INI SANGAT SANGAT WAJIB UNTUK ANDA KOLEKSI, DAN TENTU JUGA BELILAH CD ORIGINALNYA, KARENA ITU ADALAH NAFAS BAGI MUSIK METAL INDONESIA. HAILZ TO YA ALL !

MAAF KALAU ADA KATA2 YANG KURANG BERKENAN. MAAFKAN THIS OLD MAN WHO JUST LOVE HELLISH MUSICK !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar