Minggu, 01 Januari 2017

INDONESIAN BRUTALITY

Ehhhmmmmm mungkin banyak metalheads di Indonesia ini yang agak acuh dengan yang namanya sebuah album kompilasi, kalau bahasa jadulnya sih di sebut “album campuran”. Sebuah album kompilasi mungkin ( mungkin loh yah ) di anggap hanya sebagai sebuah media bagi band-band baru untuk memperkenalkan musiknya, jadi mungkin ( mungkin lagi loh yah ) lebih baik untuk membeli sebuah cd yang berisikan lagu-lagu dari sebuah band yang sudah besar namanya di kancah musik nasional, pastinya di rasa akan lebih puasssssss dah !!!!! Apakah benar itu pendapat para pecinta musik ekstrim ????? Yah sebenernya kagak ada salahnya punya pendapat seperti itu, hanya disini juga kita semua di uji akan kecintaan kita pada  musick ekstrim asal negara sendiri, kecintaan ini dengan sendirinya akan membuat band-band baru yang sudah ada maupun yang akan terbentuk mempunyai semangat untuk tetap bermusik dan berkarya, dan bukan tidak mungkin band-band tersebut akan muncul menjadi sebuah band yang digilai di seantero dunia, siapa tahu kan !!!! dan yang pasti juga akan membuat label-label musick ekstrim juga bersemangat untuk merilis album-album lainnya.
 Suatu hari aku di beri kabar oleh “sesorang” bahwa ada sebuah album kompilasi baru yang telah dirilis, yang menurut kabar sang “seseorang” ini, album kompilasi ini berisikan lagu-lagu dari band-band ekstrim yang sudah tidak asing lagi di scene musik ekstrim nasional maupun internasional, wahhhh pasti gile dah nih album kompilasinya, dan tanpa pikir panjang aku meminta “seseorang” ini untuk menyimpan 1 buah cd album kompilasi tersebut. Penasaran bener rasanya !!!!
Akhirnya cd album kompilasi itu muncul di mejaku. Terbungkus rapi, dan rasa penasaran agak terobati dengan kedatangan cd tersebut hanya saja aku nda bisa membuka paket tersebut saat itu, karena ada suatu tugas yang nda bisa aku tunda, jadi cd ini tetap di bungkusnya sampai ketika aku sampai di rumah !!!!! Dan kegilaan di mulai beibeh !!!!!! Pertama di buka bungkus cdnya aku melihat sebuah cd yang masih segel dengan sebuah desain booklet cd yang sangat unik, gambarnya itu brow, very uniquely designed !!! Dan tanpa banyak pikirlah, aku buka segel cdnya, yang pertama begitu mengusik hati adalah sebuah “obi” strip yang posisinya tidak umum, biasa nih obi posisinya di kiri atau di atas sebuah casing cd, tapi ini posisinya di kanan, wuih memang beda dah !!!! Selanjutnya yang di lihat adalah tentu saja booklet cd ini, halaman pertama sebagai cover terlihat agak sedikit berbeda dari beberapa album kompilasi yang aku lihat, di gambarkan sebuah bentuk wayang, yang di buat “blurry” hingga berkesan : this for brutality !!!!!! Keren abis dah, di tambah dengan pola-pola khas batik di sebelah kiri dan kanan sang wayang. Dan tentu tertera logo : Indonesian Brutality !!!! Ehmmmmmm brutality can be showed with something simple... keren dah !!!!!Pokoknya desainnya sangat Indonesia dah !!!! Dan jujur aku sangat suka dengan desain covernya !!!!! Simpel tapi “gile” bener. 

Dan mulailah booklet di buka, ehmmm.....band-band dalam kompilasi di perkenalkan melalui kalimat-kalimat pendek saja, tapi informatif., dan lagi kertas booklet ini di buat dengan kertas yang super, hingga akan tetap bertahan walau sudah di bolak – balik sekian ribu kali. Dan ini kata2 yang ada di 1 halaman sebelum halaman terakhir yang harus di ingat dan jangan terlewat untuk di perhatiin : “MAKE SURE YOU'LL GET YOUR COPY REAL SOON 'CAUSE THIS IS A STRICTLY LIMITED EDITION WITH ONLY 500 NUMBERED COPIES AND THERE WILL BE NO SECOND RELEASE......NEVER !!! Waduh berat nih, so bagi yang belum punya ayo cepat-cepat di miliki daripada nantinya nyesel loh karena tahu – tahu cd ini sudah sold out di mana – mana !!!!!!!
Yang paling gila dari album kompilasi ini adalah SOUND nya brow, sound nya terdengar sangat muantap dah, pokoknya aku nilai sound album kompilasi ini secara keseluruhan sangat lah TOP, soundnya begitu jernih, jelas dan detailnya begitu kerasa !!! Dan yang pasti “seseorang” yang berada di balik proses mastering album kompilasi ini, di jamin bukanlah orang sembarangan, dia sangat ngerti dengan apa yang harus dilakukannya untuk mendapatkan sebuah album kompilasi yang sungguh sangat layak untuk di koleksi, dan aku menyebutnya “seseorang” ini sebagai sang master. Memang betul dalam proses mastering pasti sang master juga membutuhkan sebuah alat, tapi secanggih apapun tuh alat, tetap aja alat, alat yang digunakan untuk menunjang keinginan sang master, dan yang terpenting tentu “kuping emas” sang master yang gila dah !
Dan tentu saja kagak afdol kalau kita nga membicarakan “isi” dari album kompilasi ini :
1.    CADAVORACITY, track no 1 dan 2  --- Sumpah di kirain di awali suara mesin, eh nga taunya growl-an sang vokalis. Suara sang vokalis memang killer dah !! Yang di sayangkan adalah penggunaan drum machine, yang menurut aku ( ingat menurut aku loh yah ), mempunyai kecenderungan untuk membuat musik jadi agak monoton kedengarannya, tapi secara keseluruhan mantap dah kebrutalannya !
2.     KALUMAN, track no 3 dan 4 --- Jujur aja aku cinta mati pada pendengaran pertama, musiknya itu brow.....pol dah, edan bener nih band, didengerin dari segi manapun udah lah pokoknya pol musiknya, nga ada ruang “kosong” sama sekali di musik mereka, semua terisi dengan mantap dan brutal. Di antos ah albumna brow. Keren !!!
3.   ROTTENOMICON, track no 5 dan 6 --- Ini band bikin aku “ketagihan” ama musiknya yang kuenceng bener, kagak ada bosennya walau sudah 4 kali di dengerin. Ada “magick” di musik mereka dah !!! Groovy, blasty sekaligus bruty !!!
4.      BLEEDING FLESH, track no 7 dan 8 --- Terdengar suara drum dan gitarnya begitu “kering” dan “raw”=mentah, di padukan jadi satu dan hasilnya wuih sedep bener musik. Feel thrashnya kerasa bener !!! Cuakep dah !!
5.     TOTAL RUSAK, track no 9 dan 10 --- Perlu di bicarakan kah band ini ??? aku rasa nga perlu lah yang pasti ketika “mesin” yang satu ini berbunyi siap – siap saja karena mereka akan meRUSAK telinga anda !!!
6.     BLOODY GORE, track no 11 dan 12 --- Kagak salah memang kalau di booklet cdnya, band ini di sebut sebagai One Of The Best Indonesian Death Metal band. Musiknya brutal, sekaligus melodius !!!! Dan tetap kencengggg !!!! Keren dah
7.   DISINFECTED, track no 13 dan 14 --- Groooooovenya itu brow bikin nih pala kagak mau berhenti buat bergoyang. Riff gitarnya asik, di tambah dengan groove mereka yang mantap dan tentu di tambah bumbu yang namanya : brutal, hasilnya sebuah musik gila yang asik buat berheadbang ria !!!! Wuih mantep dah !!!
8.    ABSOLUTE DEFIANCE, track no 15 dan 16 --- Thrashy soundnya kedenger banget dah !!! di hajar dengan riff – riff cepat yang ehmmmmm sedaplah dan di tambah sesuatu yang ajaib bernama blasting !!!!! Waduh udah lah nga uasah pusing dengerin aja.
9.     ROTTEN CORPSE, track no 17 dan 18 --- Apapun yang aku akan katakan, band ini yang paling gila ada di bagian gitar dan vox, mereka berdua adalah mesin di band eduan ini. Riffnya itu membuat aku terpana sambil denger sang vokalis berteriak. Suka aku !!!
10.  JASAD, track 19 dan 20 --- Kalau ada mengaku pendengar musik brutal, tapi anda juga belum pernah denger band ini, lebih baik anda pindah aliran musik ajalah, kagak pantes rasanya kalau band ini harus di perkenalkan !!!!They are legend beibehhh !!!
11.  BRUTAL CORPSE, track 21 dan 22 --- Ini band membuat suara yang begitu “kasar” di sound mereka, di tambah riff – riff brutal dan blastingnya itu bro kayak mesin tempur ! Ah pokoknya keren dah
12.  DEATH VOMIT, track 23 dan 24 --- Kata pertama aku yang untuk band ini adalah unik, sebuah band death metal yang sangat unik, tapi sekaligus uasik buat di dengerin, suara drum mereka agak sedikit “nyeleneh”, itulah keunikan mereka.

Itulah beberapa kata yang aku gambarkan untuk masing – masing band yang mengisi album kompilasi ini. Dan tentu saja itu semua adalah menurut pandangan aku. Salute !!!
Album kompilasi ini bukanlah sebuah album kompilasi biasa, album ini di buat dengan keseriusan, keteguhan hati, kecintaan, kegilaan dan tentu juga kebrutalan. Dan “seseorang” dalam tulisan nan sederhana ini adalah :
1.      Armand “mastery” Boy, pembuat konsep gila ini berkeyakinan kalau segala sesuatu yang di rencanakan dengan matang dan serius, pasti hasilnya akan seperti apa yang kita dengar dan lihat di album kompilasi ini. Mulai dari rencana proyek, konsep proyek ini, desain dan lain sebagainya ampe proses mastering di lakukan dalam pemikirannya sendiri. Wuihhh butuh “sesuatu” yang tangguh brow untuk melakukannya. Proses mastering, aku rasa menjadi sesuatu yang sangat penting, super penting mungkin, apalagi ini adalah album kompilasi, jadi proses itu menjadi begitu beratnya. Karena masing – masing band punya keunikannya sendiri, sound sendiri dan kebrutalannya sendiri, jadi harus benar – benar harus mempunyai sesuatu yang di sebut “golden ears”. Salute to you buddy !!!!
2.      Bro Susilo “hyper” Waar !!! bro kita yang satu ini memang dapat di sebut sebagai seorang yang huebat dalam hal marketing atau apapun lah namanya. Dia sangat aktif menjelajah berbagai media untuk memperkenalkan album kompilasi super keren ini. So let me introduce to you, he is the hyper active marketer !!! Hailz to you also buddy !!!!


HAHAILZ TO ALL INDONESIAN DEATH METAL MACHINES !!! ANDA SEMUA TAHU BAGAIMANA SEHARUSNYA MUSIK BRUTAL ITU HARUS BERBUNYI DENGAN INDAH !!! SALUTES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar