Minggu, 01 Januari 2017

HAFYUKAL / HARLOT NYMPH – PERTEMPURAN DAENG [ 2013 / DEATH METAL / FOLK METAL / SLIT CDr ]


Ah akhirnya datang juga nih cd, walaupun dalam format cd-r, yang penting musiknyalah yang pengen aku dengerin. Dengan harga yang sangat terjangkau, cd ini akhirnya di tanganku. Sebuah split cd yang di buat tahun 2013 ini oleh ROH JAHAT PRODUCTION. Thanks To Budi for the cd. 

Secara umum jujur aja aku ini paling penasaran dengan musik metal asal negeri Jiran, mau apapun jenis musik metal mereka, selalu aku pengen tahu aja. Mungkin hal ini karena aku ingin membandingkan dengan musik metal asal negara kita ini. Perbandingan ini aku tujukan untuk melihat seberapa jauh musik mereka telah melangkah di bandingkan dengan musik mereka, bukan pada hal “mana musik yang lebih bagus”, karena musik adalah sesuatu yang hanya bisa kita dengar, jadi berbagai pendapat tentang baik atau buruknya sebuah album akan pasti selalu berbeda di setiap orang. Malaysia adalah sebuah negara yang bisa di sebut cukup baik perkembangan musik metalnya, walau memang tidaklah “segila” negara kita. Banyak band – band yang juga aku suka dari negara ini, mulai dari musik pop sampai ke musik brutal mereka. Aishah, Search, Aces, Malex, Wings, XPDC, Metalasia, As Sahar  dan lain-lain dan lain-lain , contoh dari band-band yang aku suka dari negara Jiran ini.

Nah yang bikin aku penasaran sebenarnya dari split cd ini adalah band Hafyukal, karena di situs Metal Archives, mereka ini bergenre : Culturalistical Malay Extreme Metal (Nusantara Folk Metal), waduh mahluk apa juga itu ??? yah mungkin dasarnya adalah musik Folk Metal !!! Di mana band yang satunya Harlotnymph  bergenre :  Melodic Death Metal !!!! ah aku rasa nga juga mereka bermain di genre ini !!!!

COVER :
Secara keseluruhan cover di buat cukup baik !!! Walau cd ini di jual dengan harga sangat terjangkau, tapi tidak ada kesan kalau cover cdnya di buat secara murahan, baik cover depan maupun cover belakang. Hanya ada satu hal yang aku protes dari cover, yaitu tulisan BINGKUANG HITAM PRODUCTION, seharusnya di buat dengan lebih jelas, karena yang terbaca adalah GKUANG HIT RODUCTION, aduh sayang dah !!!! Seharusnya nama-nama ini di buat dengan jelas, karena itu adalah identitas label !!!!

SOUND :
Secara jujur aku katakan kalau masih banyak yang harus di perbaiki dalam hal “sound” ini. Sound secara keseluruhan untuk band Hafyukal terdengar lebih baik di bandingkan dengan Harlot Nymph. Sound band Harlot Nymph terdengar kurang jernih, atau “mendem”. Jadi agak kurang enak menikmati musik mereka yang aku rasa asik !!!!

LAGU : 
1.       Hafyukal - Amalan Pemandian Keris
Ini lagu aku sebut sebagai musik heavy metal sahaja. Hanya vokal di buat agak sedikit growl yang raspy !!! Cukup enak untuk di nikmati.

2.       Hafyukal - Perjalanan Saudara
Lagu yang kedua ini mungkin bisa di sebut lebih “galak” di banding dengan lagu yang pertama. Vokal yang raspy nan gurih di usung di lagu ini. 

3.       Hafyukal - Sumangat Tok Janggut
Lagu ini aku dengar hampir sama dengan lagu no 2, hanya di lagu ini “musik” mereka lebih variatif, lagu di buat cepat dan lambat. Dan yang pasti lagu ini yang paling aku suka di banding 2 lagu sebelumnya. Melodiuz !!! Asik untuk di nikmati selama hampir 5 menit. 

4.       Harlot Nymph - Captain of War
Jujur aku agak sulit  untuk menikmati  lagu ini, walau sebenernya musik mereka cukup asik, tapi dengan sound yang  kurang jernih seperti mengurangi kualitas lagu ini.

5.       Harlot Nymph - Darah Terror
Sound tetap seperti no 4. Di sini sang gitaris terlihat lebih dominan mengisi lagu dengan riff yang cukup enak, juga sang vokalis yang juga asik. 

6.       Harlot Nymph - Swords Comeback
Aduh ini lagu yang paling sedap dap dap dah. Sebuah lagu yang bikin aku inget sama Metallica. Sebuah lagu  dengan riff nan thrashy yang enuak bener. Aduh ini lagu kalau sound nya mantap, wah ini lagu pasti lebih “gila” lagi kedengerannya. Suara vokal terdengar lebih dominan di banding  suara lainnya.

Hafyukal
Tak terdengar suara bas gitarnya. Atau mungkin telinga ane aja yang salah kali yah, Suara drum malah  terdengar sangat dominan di ketiga lagu mereka, namun suara gitar mereka terdengar lebih “jernih” di bandingkan dengan suara lainnya. Aku hanya bisa katakan kalau band ini cukup enak untuk di nikmati, dan bagi ku musik mereka adalah Heavy Metal with rasp vox.

Harlot Nymph
Mungkin sebaiknya sound untuk band ini di kaji ulang, karena jujur aku agak kesulitan untuk menikmati musik mereka. Tapi walau bagaimanapun hasil yang mereka buat, itu adalah hasil karya dari mereka yang patut kita hargai.  Pokoknya lagu no 6 nya bro......uenak bener...mantap tuh lagu. !! Yah itulah pendapat ane mengenai cd split ini, yang pasti aku tunggu rilisan terbaru dari ROH JAHAT PRODUCTION. Semoga akan ada yang akan di rilis dalam waktu dekat.

Salute to BUDI !!!! You rulezzzzz brother !!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar