Jumat, 07 Oktober 2016

GOD SAVE THE KINGS - G.S.T.K.[ 2016 / METAL / MINI ALBUM CD ]



 




“Kamana wae atuh Gus………ah aya weh kai, lu anu kamana wae ah…..Gus eta di pp bb lu teh naon oi ? ph atau cd atau naon eta, band naon eta namana ? G.s.t.k. teh nama band Gus atau judul albumna ?......eta nama band kai, band muetal asal Surabaya ! keren lu musikna ! eta cd kai.......hayang Gus cd na ! meuli dimana ?......ah aya di gua kai kek iraha panggih ku gua di bawakeun ocre, gratis…..hahahahahahaha deukeut weh ku aing di cium sia Gus……wek najis…..hahahahaha….siap kek di kabarannya ari panggih Gus, nuhun ah bro…..Siap Kai….nuhun…

Di atas hanya sepenggal cerita tentang bagaimana aku tahu ada sebuah band asal Indonesia, tepatnya asal Surabaya yang bernama sangat sangat unik : G.S.T.K. ! sangat eye-catching nama bandnya, karena ketika aku pertama kali lihat aku kira itu bukan nama band melainkan judul ep atau album sebuah band, eh tahunya itu nama sebuah band.  So Unique bro ! Kayaknya nama band ini sebuah singkatan deh, iya bro ?

Dan akhirnya Agus Boim Alcatraz Metal Master bertemu juga dengan aku ketika di adakan sebuah acara di Bandung dengan tajuk kerennya : Festival Kaset Bandung, ah sebuah acara nan keren bro, acara yang selalu seru di datangi oleh para penjual caliber “gelo” dan juga oleh para kolektor caliber “edan”. Berkumpul di sebuah tempat untuk kemudian berburu berbagai rilisan fisik music dan berbagai hal yang berhubungan dengan music.  Oh ciamikkkk

“Kai..yeh cd na !......hahahaha asikkkk nuhun ah Gus…..kek heula di foto heula lu the jang bukti kalau kau sudah menerima cd na Kai…….jiah tepika kitu hooh Gus….gues cicing di foto heula……baik bos.

Wokeh sekarang kita kupas cd keren ini

PACKAGING CD.
1.   CD ini di kemas dalam sebuah bentuk yang banyak orang menyebutnya sebagai format digipack, sebuah format rilisan yang berkembang di sekitar tahun 2000 awal, walau aku “agak” sedikit membencinya  tapi mau tidak mau, bade mangga teu bade kajeun, hehe, kalau tidak ada format dalam versi jewelnya maka versi ini akan tetap menjadi pilihan. G.S.T.K. merilis mini album mereka dalam versi digipack yang aku lihat cukup baik dari segi bahan dan juga hasil cetaknya, hanya CD yang aku terima di bagian yang seharusnya menempel agak sedikit terbuka, mungkin tidak di cek ulang ketika selesai di buat.

2.    Di bagian penempatan disc di buat dengan mengandalkan sebuah karet bulat yang pastinya ini akan menjadi masalah kalau CD di simpan lama, jadi aku menyimpan cdnya terpisah dalam sebuah casing slim supaya kualitas CD tetap terjaga dengan baik. Sayang bro kalau CD nya nanti terkena masalah dari karet tersebut yang pastinya akan menjadi kering dan hancur. Dan dengan format seperti ini CD akan langsung menempel ke bagian cetakan digipack. Jadi harus di pisahkan CDnya dengan segera jika anda memiliki CD ini juga kawan.

3.      Ini hal yang sering di lupakan oleh band maupun oleh label ketika mereka merilis sebuah cd. Hal yang sering dilupakan adalah nomor kode produksi CDnya, atau biasanya di sebut UPC, pemberian kode ini akan membantu anda untuk mendata berbagai cd yang anda punya dan sayangnya di CD inipun aku tidak menemukan kode ini. Sebuah hal yang simple tapi kalau menurut aku itu adalah sebuah hal yang penting bagi sebuah rilisan fisik. Cukup sebuah kode rilisan saja bro, nga perlu barcode atau lainnya. Hanya sebuah kode yang menandakan sebuah kode spesifik bagi CD yang anda rilis. Itu saja 

Dan kini kita mengupas isi dari CD ajaib ini :

1.      Pengakuan Absolut
Hal pertama yang aku sangat hargai adalah ketika sebuah band asal Indonesia membuat lagu dengan menggunakan bahasa Indonesia, duh bro pol abis itu kerennya. Anda harus bangga dengan bahasa anda sendiri kawan. Dan band ini menempatkan lagu pertama mereka dalam bahasa Indonesia, wuih keren. Dari segi lagu, jujur aku sedikit kecewa dengan lagu ini, di awali dengan sebuah riff yang keren ini lagu kemudian NOW……dan bro maaf olah vocal di lagu ini aku kurang suka, maaf sekali lagi, bukan berarti bagian vocal jelek atau gimana hanya aku merasa kalau olah vocal di lagu ini agak kurang pas dengan music yang mereka mainkan. Lagu ini juga terkesan datar dan sedikit aku merasa agak monoton mendengarnya, tak ada kesan ketika mendengarkan lagu ini. Dan “sound” gitar di lagu ini juga terdengar agak kurang ciamik bro.

2.      Greatest Hope
Berawala dari sebuah jeritan mantap sang vokalis di lagu kedua ini, di lagu ini aku mulai merasakan sesuatu yang berbeda di bandingkan dengan lagu pertama, lagu ini lebih berkesan di hati tua ini, di lagu ini aku rasa band ini mulai menunjukkan siapa mereka sebenarnya, atau mungkin mereka berkata, hei inilah kami yang sebenarnya !!! keren bro. Semua terdengar lebih baik di lagu kedua ini semua sisi terdengar lebih powerful, soulful, ganas, gahar ah pokoknya lagu kedua ini jauh lebih baik dari lagu pertama tadi dalam segala hal. Olah vocal lebih keren di sini, sound semua alat music terdengar pas banget, suara gitar terdengar lebih variatif juga suara drum. Pokoknya keren dah lagu ini..dan aku tentu…..ber headbanging olangan dengan lagu ini.

3.      G.S.T.K.
Sebuah lagu yang di beri judul sama dengan nama band ! uhhhhh sadis pastinya. Tempo music di buat agak di percepat di lagu ini, lalu di turunkan lagi lalu di naikkan lagi, haha….hanya kawan di lagu ini kembali aku sedikit kecewa, walau tidak sama kecewanya dengan lagu yang pertama, tapi ini lagu terdengar band tidak bermain seperti di lagu kedua, band “tidak” bermain powerful, tak bermain pol abiz, Yang mana seharusnya anda bermain pol abis di lagu ini, karena lagu ini berjudul sama dengan nama band ini. Suara Bas gitar di lagu ini terdengar asik bro, drum juga cukup asik, hanya suara gitar terdengar kurang “tajam & sadis” di lagu ini. Secara lagu yah aku masih suka dengan lagu ini.

4.      Enternal Terror
Memasuki lagu yang ke empat….yah udah mau abis dah nih CD….aku yang duduk dengan posisi agak santai mulai menegang ketika lagu di mulai, aku yang asalnya bersandar di kursi mulai menjauh ke sandaran kursi dan duduk dengan posisi tegak untuk mendengarkan dengan lebih seksama lagu yang satu, ada yang lain di lagu ini…ada sesuatu yang begitu menarik di telinga ini ketika lagu mengalun, sampai aku tak sadar kalau lagu telah habis, lalu aku menekan tanda back untuk dapat mendengar ulang lagu ini, gila ini lagu sungguh lain dari yang lain. Hadeuh pemutaran kedua berlangsung aku malah ber headbangin dengan lagu ini, asik tenan lagu ini untuk olah raga kepala ala metal ini. Lah lagunya kok sudah habis lagi toh, hadeuh. Dan akhirnya aku mengulang lagi lagu ini. Lagu ini mungkin adalah sebuah lagu yang terkeren dalam mini album ini, sebuah lagu yang di buat berdasarkan sebuah rasa tentang terror dalam hati musisinya untuk kemudian di tuangkan dalam bentuk nada, lirik & sound untuk kemudian di campur dengan berbagai “bumbu” yang bernama kekejaman, kekelaman, kebrutalan, kesakitan, kehancuran, kekecewaaan & kemarahan, yang kemudian menghasilkan sebuah lagu yang edannnnnnnn keren abis bro, duh sungguh aku nga bias bilang sesuatu yang jelek di lagu ini, semua terkesan begitu mendalam di hati. Sound begitu ciamik, harmonisasi yang asik, olah vocal yang pol, bas gitar yang terdengar gahar, apalagi ketika di beberapa saat bas gitar ini di biarkan menonjolkan dirinya sendiri dengan ganas, drum yang bermain begitu variatif. Ah pokoknya sudahnya anda para metalhead dimanapun cobalah dengan lagu ini, di jamin anda akan ber olah raga kepala ala metal. Haha. Salute

5.      Harmonisasi Gelap Terang
Band ini menampilkan sesuatu yang lain, Akustik kawan ! hahaha sedep dah lalu John seperti sedang membaca puisi lalu…blast lagu kembali di hajar abis di sebuah kumpulan lirik untuk kemudian kembali kita di hajar akustikan untuk selanjutnya kembali music “mengeras” dan di percepat, hahaha keren ini lagu bro. Sebuah lagu yang di buat dengan sangat berbeda dengan 4 lagu lainnya di atas, band ini menunjukkan sesuatu yang lain dalam hal mengusung sebuah lagu, di buat untuk lebih memberikan kesan “gelap” di satu sisi dan “terang” di bagian lainnya. Hahahaha asikkk bro lagu ini, apalagi pas lead gitarnya keren dah ! aku mendengar ada sedikit sound “Sabbath” di lagu ini. Ehmmmmmmmm sedepnya lagu ini. Hailzzz



Yah inilah penilaian ku untuk CD G.S.T.K. ini, sebuah penilaian yang berdasarkan kepada telinga aku, hati aku, pikiranku dan tentu juga rasaku. Aku menilai apa adanya tanpa ada maksud apapun, karena bagi aku TIDAK pernah ada sebuah lagu yang buruk yang di buat di dunia ini, sebuah lagu di buat berdasarkan sebuah rasa, pikiran, keinginan, kondisi hati, kondisi jiwa, kemarahan, kegembiraan atau apapun itu, jadi sebuah lagu adalah sebuah cerminan isi hati sang pembuatnya. Dan itu adalah sebuah hal yang harus di hargai setinggi-tingginya. Dan yang pasti CD dari band ini sangat layak di masukan ke dalam koleksi anda jika anda menyukai music dengan jenis ini. Dan pastinya band ini akan menjadi sebuah band yang akan lebih “gila” lagi di hari mendatang, silahkan anda perhatikan. Hahaha. Silahkan anda dengan dan headbanging dengan lagu-lagu mereka, walau ini mini album tapi ini cukup untuk memberikan sesuatu yang baru di telinga dan hati anda untuk di isi. Hahai

G.S.T.K. aku tunggu full albumnya kawan. Pastinya album itu akan menjadi lebih ganas lagi di bandingkan dengan mini album ini. Hailz to you G.S.T.K. with spikes, nails, hell music & Metal.

Maaf jika ada kata yang kurang berkenan atau menyinggung anda, tak ada maksud saya untuk itu, yang ada hanyalah seorang metalhead tua yang masih cinta music neraka nan bising dan cinta untuk ber headbanging ria dengan tenaga yang ada tentu dengan music yang keren seperti mini album ini.

Music is a magic thing bro ! so how about Metal Music ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar