Selasa, 26 Mei 2015

ALASAN MENGOLEKSI MUSIK SECARA FISIK Part 1 !

Hari kemarin aku kembali pulang ke kampung halaman, sebuah kota di jawa barat yang kecil, hanya kota tercinta ini adalah sebuah tempat yang tiada duanya dalam segala hal terutama pengaruh musik bagi aku ! Hari itu aku berkunjung ke seorang master di bidang musik, dia bukan pemusik atau musisi, dia hanyalah seorang kolektor sejati ti ti ! Aku berkunjung kerumahnya sekalian untuk menengok sang master. Dan dalam kunjungan ini tentu aku membawa beberapa cd pesanan beliau dari dalam dan luar negeri. Pintu ku ketuk....om.....om...., tak lama yang ku panggil muncul di depan pintu, .....eh Kai ! ayo masuk jawabnya ketika dia melihat aku berdiri di depan gerbang......, dengan jalan tertatih tatih......kaget aku melihatnya....tubuhnya terlihat renta di banding terakhir aku melihatnya.....sedih aku liatnya......dia adalah guru dalam hal mendengarkan musik dan mengkoleksi musik.....duh !! di paksalah muka ini untuk tetap tertawa walau aku sedih liatnya, untuk membuka pintu gerbang yg hanya berjarak 2 meter saja dia agak sulit untuk berjalan...deuh ! Pintu terbuka akhirnya dan aku masuk ke rumahnya yang cukup luas ! Aku pun di suruhnya duduk ! dan dia berpaling untuk jalan lagi mengambil minum untuk aku ! .....udah nga usah om nanti aja.....biar kai sekalian, om juga memang mau ambil minum...sambil nunggu si om aku buka dah kresek berisi cd2.....bukan cd metal bro.....tapi sekitar 8 biji cd dari sebuah band bernama Bee Gees dan cd Robin Gibb yang juga anggota band tersebut.....setelah yang di tunggu langsung si om duduk di sebelah aku, dan cd2 tadi aku simpan di depannya, di sebuah meja kecil.

Disinilah aku melihat bagaimana seorang yang telah berumur, cinta musik, dan kolektor musik yg aje gile dah, mgkn di Indonesia, pencinta band Bee Gees paling "gila" ya sang master ini orangnya ! Anda akan di beri sebuah tontonan menarik di depan anda tentang bagaimana memperlakukan sebuah format musik bernama cd, .cd pertama di pegangnya..plastik tipis cd di buka....plastk di simpan dgn rapi dengan bagian yg ada tempelan di tekan biar nempel lagi dan di simpan dengan rapi di meja, cd di pegang, di lihat hampir selama 10 menit, mulai dari gambar cover depan sampai cover belakangnya, judul lagu di liat satu persatu, di baca, rekaman mana, label mana, tahun berapa, dll dll. Beres itu, baru jewel cd di buka, discnya tidak di sentuh sama sekali, hanya di liat seperti liat cover belakang tadi, semua yang ada di permukaan cd di liat dengan teliti, lanjut ke....booklet cd. Ini dia yang terlama dia pegang, minimal 15 menit sampai 30 menit aku harus menunggu sampai selesai untuk meliat booklet cd satu persatu ! Buset dah salut aku !!! semua detail dia liat sampai dia puas. Mungkin bagi anda apa anehnya kelakuan seperti diatas, hanya jika yang melakukannya di depan mata kita, dan dia sudah terserang stroke 2 kali, mungkin masalahnya akan lain, karena untuk membalikan halaman per halaman booklet aja beliau terlihat kesulitan tapi bro....semua dia paksakan hanya untuk memuaskan hasrat musiknya ! Sampai semua selesai aku duduk selama hampir 3 jam untuk 8 cd tadi, apa aku jenuh ? bosan ?...nga bro....di situ aku melihat bagaimana seseorang begitu mencintai musik secara fisik begitu nyata !

Dan akupun bertanya, om kenapa nga denger dari mp3 aja atuh ?......hmmmm Kai...mending om nga usah denger sekalian, sebab apa yang om denger dari player om harus ada kelengkapan lainnya supaya om bisa liat segalanya dengan detail, kalau itu nga ada mending nga usah denger lah ! Walau om pegang cd nya aja mungkin susah tapi itulah yang om mau.......nah luh !!! Bagaimana dengan anda kawan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar