Minggu, 17 Mei 2015

ALASAN MENGKOLEKSI MUSIK SECARA FISIK Part 3 !

Kawan - kawan, inilah salah satu alasan kenapa anda harus mengkoleksi musik secara fisik ! Ketika anda memegang sebuah rilisan dari fisik musik, kita sebut saja CD, piringan hitam ataupun kaset, hal pertama yang akan anda lihat tentu fisik musik tadi, selain itu yang akan anda lihat adalah “cover” dari fisik musik tadi, cover musik ini kemudian aku sebut sebagai “buku”........ya itu buku bro, buku di kenal sebagai sebuah media untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, dan bro cover yang aku sebut buku itu juga adalah sumber ilmu pengetahuan. Tentu cover sebuah fisik musik yang aku anggap sebagai buku adalah cover sebuah cd yang malah di sebut juga sebagai "booklet". Nah untuk kaset dan piringan hitam, mungkin tidak sedetail sebuah cover cd, tapi secara umum pasti adalah sesuatu yang akan menjadi "pengetahuan" bagi kita.

Mari kita apa yang anda akan dapat dari buku tadi, nah kita bahas ya isi buku ini :
1. Seni Lukis.........hadeuhhhhh teman di jaman sekarang ini seni untuk membuat cover sebuah fisik musik sudah demikian gilanya, mulai dari yang tetap menggunakan pensil sampai kepada para jawara yang menggunakan komputer sebagai media untuk menghasilkan sebuah karya seni yang tiada bandingnya di dunia ini ! Dari hasil karya lukis cover ini begitu banyak ilmu yang bisa anda dapat mulai dari seni lukis itu sendiri, seni mewarnai, seni memotret, seni yang di buat untuk menarik perhatian mata manusia dsb dsb. Dan para pendekar seni ini juga sudah banyak yang telah di pandang sebagai seorang seniman dunia. Karya - karya seniman dunia ini, yang di gunakan sebagai sebuah cover untuk sebuah band,hal ini menandakan setidaknya juga menjelaskan bahwa band ini sedang membuat sebuah karya musik yang serius, karena di topang oleh sebuah karya seni yang demikian hebat dari seorang seniman yang hebat pula.  Anda tentu kenal Roger Dean ?

2. Lirik.....ehmmmm ini dia seni penyusunan dan penempatan kata - kata yang tiada duanya di dunia, sebuah lirik itu laksana sebuah puisi yang di buat demikian indahnya, demikian kelamnya, demikian gelapnya, demikian kejamnya, demikian menyedihkan, demikian mengharukan dan demikian lainnya, puisi - puisi itu yang di buat dengan kata - kata yang berasal dari isi hati dan isi otak para pembuatnya adalah isi hati dan isi otak yang paling jujur dari para pembuatnya. Dan lirik - lirik ini juga adalah sebuah sarana bagi anda untuk menambah ilmu dalam hal .......berpuisi dengan kejam dan kelam dari berbagai bahasa yang kita lihat dari lirik - lirik tadi.

3. Alat Musik......uh dari sebuah buku kecil itu anda akan tahu merek - merek atau brand alat musik kelas teri sampai kelas dunia dalam membuat sebuah karya musik. Dari buku ini juga anda akan tahu kalau alat musik yang digunakan band ini adalah alat musik yang tidaklah selalu yang mahal atau mewah bro.Walaupun sederhana tapi di dukung oleh sebuah semangat untuk membuat sebuah musik yang hebat itulah "alat musik" yang paling penting.

4. Studio.......oh studio ini toh yang di gunakan band ini untuk membuat musik2 di fisik musik ini, oh studio ini kan sama dengan yang di pakai oleh band itu ketika membuat album itu.....itukah kata2 yang muncul di otak anda ketika membaca nama sebuah studio yang di tulis di buku ini......ngaku !

5. Produser.......ini dia orang yang paling bertanggung jawab dalam hal menyiksa para musisi dari anggota band ini, mereka di siksa untuk dapat menghasilkan suara gitar dengan riff2 yang groovy, sound bas gitar yang boldy, suara sang vokal yang raspy atau suara drum yang begitu monstery....mereka juga adalah orang2 yang jenius dalam hal musik, dengan sendirinya jika anda sudah mengenal karya2 mereka, maka yang akan anda dapatkan adalah sebuah kualitas musik yang sudah tidak perlu di pertanyakan lagi ya kan !

 6. Record Label........ehmmmm ini dia, sebuah nama yang akan membuat anda begitu saja akan tahu musik apa yang akan anda dengar nanti, cukup dengan melihat sebuah nama label, maka anda akan tahu musiknya......demikian saktinya peran sebuah label ya kawan. Dan orang di balik label2 ini adalah orang yang paling “gila”, bagi mereka musik adalah segalanya !

7. Sejarah.....dalam buku ini biasanya juga anda akan menemukan apa yang di sebut dengan sejarah perjalanan hidup dari band yang di maksud di buku ini.....apa memang perlu sejarah sebuah band ? teman silahkan anda jawab sendiri pertanyaan tadi ! Yang pasti sejarah akan ada kalau band yang di maksud pernah ada dan....mereka merilis sebuah fisik musik atau menggetarkan berbagai panggung musik.

666. Dan kawan inilah nomor terakhir yang menurut aku adalah isi yang paling penting dari buku ini, dalam buku ini anda akan membaca sebuah kalimat yang paling ajaib yang pernah ada di dunia musik, kalimat itu pendek saja kawan.....kalimat itu adalah : Thanks To ! hahahaha ya, Terima Kasih Kepada.....Tapi teman jangan salah kalau di kalimat ini anda akan belajar sejarah musik secara umum....isi dari kalimat Thanks To dari sebuah band ini biasanya berisikan ucapan terima kasih mereka kepada band2 lain yang mereka kenal, baik band2 masa lampau yang merupakan sumber inspirasi bagi band yang bersangkutan, maupun band masa sekarang yang merupakan kawan2 seperjuangan yang membuat musik menjadi semakin menarik. Dan tentu semua nama2 band yang di sebut di kalimat Thanks To tadi merupakan sebuah sumber ilmu yang tidak akan ada batasnya. Anda bayangkan kalau sebuah cd misal, di kalimat Thanks To bandnya berisikan ucapan terima kasih kepada 20 band lain misalnya, maka minimal akan ada 20 buah band yang siap anda gali ilmu musiknya, dan dari ke 20 band ini juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada 20 band lagi, maka dapat anda bayangkan penggalian musik anda akan tiada habisnya, dan buku ini memberikan ilmu bagi anda untuk terus menggali musik lebih mendalam.

Dan kawan sekali2 memang ada baiknya anda untuk mengekplorasi musik2 “lampau” yang pernah ada ! Terima kasih untuk membuat jari2 ini bersemangat untuk menari di atas kibod ! Yah karena musik Metal.........so tetap cintai fisik musik bro !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar