Minggu, 31 Mei 2015

CIHAPIT SKOOL of ROCK

Itu hanyalah nama sebuah jalan saja ! lah apalah arti sebuah nama itu, kagak berarti apa-apa lah ! Woi kata sapa itu ! Mungkin untuk sebagian orang mungkin nama nga akan berarti apa2. Apa lagi nama sebuah jalan, jiah kagak akan di anggap kali, kecuali di jalan itu terdapat banyak sekali yang jualan makanan, kuliner adalah segalanya ! Seperti juga nama jalan ini bro, sebuah nama jalan di kota Bandung, yah jalannya sih kagak kecil2 amat, lumayan besar lah, hanya mungkin orang Bandung sendiri nga begitu peduli dengan jalan ini, kecuali bagi anda yang suka “hunting” barang2 bekas ! Jalan ini bernama jalan Cihapit..anda kenal kah bro dengan nama jalan ini, jalan ini terpisah menjadi dua bagian, sebelah kiri dan sebelah kanan, kalau anda berada di jalan Riau dan akan kea rah jalan Merdeka, maka jalan Cihapit di sebelah kiri ada sebuah pasar tradisional di sana, kalau anda ke sebelah kanan maka di sinilah barang2 bekas di jual, sepatu, sandal, raket, jaket, tape mobil, speaker, dll dll. Dan yang paling menarik hati adalah tentu format musik bekas, kaset, CD ataupun piringan hitam. 

Di sebuah sore di kota kecil di Jawa Barat, ehmmm kota kelahiran tentu teman, seorang teman menelepon dengan nada biasa aja, ..kai lu mau ke Bandung nga ?....lah mau ngapain teman ? …..nga aku mau nengok saudaraku aja di sana, kebetulan saudara gua ini tinggal di jalan Brantas, nah jalan Brantas ini kan adanya di jalan Cihapit, kan lu ribut melulu ke gw kalau mau ke bandung kabarin lu, nah sekarang gw ngabarin lu kalau gw mau ke bandung besok, nah aing ayeuna nelepon sia Kai ! rek ngilu teu sia……beneran luh Wei ( nama kawanku ini ), sumpah lu kagak bohong ama gw !.....goblok siah, beneran gw besok mau ke bandung, rek naon aing nelepon ari teu serius mah !..........Mauuuuuuuuuuuuuuuuuuu Wei, mau, mau, mau, mau, ah nuhun Wei geus ngajakan, jadi kita berangkat jam berapa besok pagi ?.....dasar nu gelo, ari tadi mani sepi, sekarang lu teriak2 jiga nu gelo, besok jam 7 pagi kita berangkat Kai, okay. Lu ke rumah gw jam 6 aja biar bisa siap2 lah……..lah Wei naha teu lu jemput gua aja atuh…….setan geus di ajakan, nebeng deui, eh nitah deui ka gw, emang aing sopir…..hahahahahahaha kade darting Wei, nya besok aku ke rumah lu dah jam 6 pagi teng sampe di depan muka luh dah. Jam 5 pagi aku sudah siap2 untuk berangkat ke rumah si Wei, jauh bro rumahnya dari rumah aku, dan aku harus jalan kaki, biar sehat bro. Sampai rumahnya si Wei, akhirnya kita pun berangkat, di mobil hanya aku, wei dan kakaknya si Wei, jadi Cuma 3 orang saja di mobil, setelah sekitar 3 jam kita masuk ke daerah bandung, dan berlanjut terus sampai ke jalan Riau, belok kiri dan akhirnya ke jalan Cihapit dan belok kanan untuk ke jalan Brantas, tak lama aku di rumah saudara si Wei ini, cukup di angka 5 menit saja, sebab aku sudah nga tahan pengen ke Cihapit untuk melihat2 format music bekas yang tadi aku lihat ketika akan ke jalan Brantas. 

Dan akupun berjalan ke jalan Cihapit, duh nih ati deg degan bro, dan di sekitar 10 meteran sebelum setopan lampu merah di sebelah kiri ada sebuah lapak kaki lima bro, di sebuah roda kecil, Nampak tumpukan kaset2 bekas dan ohh God Of Metal, tepat di bawah roda tadi berdus2 CD Nampak berjajar dengan rapi, dus2 butut yang di simpan di bawah, di atas tanah ! Anda jangan kira teman, dusnya sih boleh butut abis bro, tapi isinya bikin aku panas dingin setelah melihatnya, CD yang aku mimpikan sebagian ada didus-dus tersebut, kebayang kah anda dengan perasaan ane kala itu, CD Venom – single, Krokus – The Blitz dll dll dll, pokoknya band2 hard rock atau metal 80an…hiyahhhhhh sedapnya aku melihat pemandangan itu, jadi ini tangan kerjanya hanya memisahkan beberapa CD dari dus-dus tersebut untuk di beli ceritanya ! hahahahaha, ketika puas melihat2 jajaran dus2 tersebut akhirnya selesai sudah aku memilih cd2 yang akan aku beli, buset dah banyak bener yang aku pilih….hadeuh…..mana aku bisa bayar……mungkin ada sekitar 30 cd yang aku pilih teman, dan dengan terpaksa aku harus mengurangi lagi jumlahnya karena memang si dana tidak mencukupi untuk membayarnya. Aku pepet hingga akhirnya kepilih 15 cds yang paling aku mau saja yang aku beli. Dan itu meninggalkan dendam di hatiku, jadi kalau ke cihapit lagi aku harus membawa uang lebih supaya yang aku mau bisa aku beli karena teman ada pepatah di sana sapa cepat sapa dapat. Hahahahahaha 

Dan setelah akhirnya aku mulai melanjutkan sekolah di Bandung, hahahahaha, hampir setiap minggu aku datang ke jalan ini, serunya “hunting” cd atau format music lainnya, sumpah seru bener bro, sewaktu di anda bisa mendapatkan sebuah cd yang sekarang sih mungkin di sebutnya Very Rare, out of print, limited edition atau apa lagi dah namanya, yang pasti kalau anda sedang hoki, maka anda akan mendapatkan CD yang anda idam-idamkan dengan harga normal bahkan mungkin di bawah normal. Yah memang di tempat ini anda akan menemukan berbagai format music dengan harga-harga yang tidak mencekik leher, karena memang para pedagang di sana mempunyai prinsip kalau mau jual atau beli mahal sih yah silahkan ke toko cd saja teman. Di sini tempatnya bagi cd dengan harga yang sangat bersahabat, jadi kalau kurang bersahabat yang itu salah anda ! hahahahahahahaha. Di Cihapit ini cd, kaset atau piringan hitampun tidak selalu yang bekas, ada juga yang baru2 bro, tapi yah tetap di usahakan oleh para penjualnya untuk menjual barang dengan harga bersahabat, nah itulah yang menariknya dengan tempat ini, dan tentunya di tempat ini anda akan menemukan berbagai macam pecinta musik yang bisa anda temui untuk di ajak ngobrol ngalor ngidul sampai anda pusing di buatnya, karena tempat ini adalah memang juga menjadi sekolah bagi banyak orang yang mencintai music, untuk saling bertukar informasi atau apapun yang berbau music. Sebuah sekolah yang memang tidak akan tergantikan di hati jika memang anda pernah ada di sana ! 

Tak terasa aku juga sudah hampir 25 tahun mengenal tempat ini, jadi kalau di ukur untuk sekolah mungkin aku sudah di posisi S 5, dengan gelar Profesor….jiah ! Dan teman tempat ini memang aka nada di hati seumur hidup, tak akan pernah sirna, tak akan pernah padam, di sana aku belajar berbagai macam music, menikmati obrolan berbagai macam band, berbagai macam jenis music, berbagai macam format music, berbagai macam orang, bahkan musisi ada di sana. Sampai saat ini Cihapit tetap menjadi nama yang begitu di ingat mungkin oleh anda2 para pecinta music, saat ini orang2 yang ada di sana sering mengadakan berbagai acara yang di khususkan untuk menjadikan format music secara fisik untuk tetap jaya, nga mudah itu bro, di kala banyak orang yang maunya tinggal click dan dapat lagu, para suhu di Cihapit tetap berpegang teguh pada prinsipnya bahwa music harus ada fisiknya ! Dan untuk itu mereka ada. Jadi jika anda penikmat music, nga ada salahnya anda untuk sekali2 datang ke jalan Cihapit ini, di sana anda tidak selalu di wajibkan untuk membeli atau apa, cukup anda datang, dan ngobrol sambil kumpul 2, itu saja sudah ! Mungkin tulisan ini tidak dapat aku buat dengan sangat panjang walau aku ingin, karena ini adalah sebuah pengalaman yang harus anda rasakan secara langsung dengan datang ke tempat tersebut, kumpul2, ngobrol ngalor ngidul, beli lah cd jika anda punya uang lebih, atau bahkan jual format musik anda di sana kalau anda butuh uang, tidak harus emas batangan yang anda dapat jual, format music yang anda punya juga memiliki sebuah nilai yang pantas untuk di jadikan uang. 

Dan siapakah para guru di sana, inilah para “guru” yang ada di sana, bow to you my master ! 
1. Mr. Rudy Broer, jika anda mau membahas musik 70an sampai ke sebuah band yang paling antah berantah dan berasal dari sebuah negara kecil yang nyempil di antara dua sungai, anda sedang berhadapan dengan masternya. Silahkan 
2. Yurman Cihapit, jika kemudian anda ingin membicarakan sesuatu tentang musik metal, yang sewaktu membuat anda berkerut kening anda, seraya anda bertanya band naon ieu, maka anda berhadapan dengan masternya. Monggo. 
3. Aris Mtlgdz, jika anda selanjutnya ingin berbicara tentang musik metal dan segala musik extremenya, maka anda akan berhadapan dengan seorang masternya, impor maupun band lokal dia layani, hanya kalau dia berkata dengan kata2 yang agak "raw" ya maklumi saja bro. Musiknya kenceng bro dia, hatinya tetap polos ! 
4. Alex Invianto, jika anda ingin sesuatu yang ada di luar sana dan anda sanggup untuk mendapatkannya, bahkan jika anda menginginkan sebuah Tank asal negara Russia sekalipun silahkan anda menghubungi master yang satu ini, eits nanti dulu, jika anda juga tertarik dengan sebuah musik bergenre Power Metal dan segala akar serta turunannya, maka anda berhadapan dengan dewanya. 
5. Hendro Thrasher, jika anda bertanya, tapi rasanya anda tak perlu bertanya, karena dari namanya pun anda akan tau siapa master yang aku sebut kali ini dengan musik yang dia "tangani" 
6. Rockabilly Recds, jika lalu anda berpikir, sapa juga orang ini, hmmm mungkin mending anda bertemu dengan orangnya berbicara musik atau action figure, lalu kemudian membicarakan tentang sebuah box set yang akan rilis, atau sebuah action figure dari si "eddie" nya IrMa yang langka, maka anda sedang bertatapan dengan masternya. Iya ! 
7. Fajar Cihapit, jika kemudian kalau anda merasa bosan dengan berbagai format musik dan kemudian anda ingin menjajal dunia baru dengan segala macam pola musik yang ada, untuk kemudian anda ingin bernyanyi dan masuk dapur rekaman atau konser, maka anda sedang duduk bareng dengan masternya. 
8. Ferizal, jika kemudian jika anda berkeinginan untuk mengacak-acak pendengaran anda dengan berbagai musik yang ingin anda dengar, maka anda akan bertemu dengan orang yang di maksud, walau telah lama vakum dari tempat suci, tapi jasa dia akan tetap di kenang oleh siapapun yang pernah kenal dengannya. 
9. Mr. Jones 
10. Mr. Hendrik 
11. Pak haji Ondi, jika anda memang sangat mencintai kaset, maka orang ini yang akan menemani anda dalam mengarungi berbagai jenis musik yang akan anda lewati, sang master ini kalau bicara begitu lembut, wah pokokna mah asik lah, dan biasanya dia suka menyimpan kaset2 antik di sebuah tempat khusus, so kalau anda ke sana di tanya kan saja kaset2 rare yang dia sembunyikan ! 

 Untuk teman2 yang merasa belum aku masukkan ke dalam list ini, monggo silahkan pm ke aku, haduh otak kolot ini begitu sulitnya sekarang untuk di gali, aku harus menggali di memori sesuatu yang telah "dewasa", so please beritahu aku yo teman. 
Dan maaf jika ada kata2 yang kurang berkenan ! Aku hanya menulis apa yang ada di sisi paling indah dari sebuah kegilaan !

1 komentar: