Senin, 02 Februari 2009

TESTAMENT

P.T. Aquarius Musikindo, sebuah perusahaan rekaman dari Indonesia, yang yahud dah kualitasnya, merilis sebuah kaset dari sebuah band dengan nama yang cukup bikin keningku berkerut untuk mencoba memikirkannya maksudnya, tapi ah ngapain juga mikirin hal itu, pikir aku kemudian. Tertulis di cover depannya nama sebuah band, Testament, wuih langsung aku berpikir mungkin nih band masuk ke arah Christian Rock atau metal band. Albumnya tertulis The Legacy. Hanya sayang nga bisa di coba dulu kasetnya, sebab "buka segel berarti membeli" adalah syarat mutlak bagi para pembeli kaset ketika itu. Yah udah di beli saja kasetnya, mau bagus mau jelek kek, gimana nanti ajalah yang penting penasaran di hati bisa hilang. Dan di bawa dah pulang tuh kaset baru. Dan kemudian di "play", lalu muncul kata-kata :

I've been a prisoner trapped in by fear
Ordered for the rest of my life
Condemned in a jail cell, ain't seen life in years
Escape is the only way out

Restart my life or self destruction
To climb this wall of dark construction
Holding the quest for freedom that beckons me

My sanity is all but gone, my patience is growing very weak
I need to get a hold of myself
I stare at the wall for the right time has come
Escape must occur on this night

Restart my life or self destruction
To climb this wall of dark construction
Holding the quest for freedom that beckons me

Stand in my way and I'll run you straight through
There's no one to stop me now
For I'm on the loose and I'm ready to start
Torture and hell an this town

Over the wall!!!

The search will not stop and hounds will not rest
Till I am back in my cell
For if I am caught, I'll try it again
Over the wall I will go, I will go.!. Go!

Restart my life or self destruction
To climb this wall of dark construction
Holding the quest for freedom that beckons me

Itulah perkenalanku yang pertama dengan band super keren ini, mari kita tengok ke masa lalu sebentar aja.

Kita kembali ke sebuah tahun yang telah di lewati oleh dunia ini kurang lebih 24 tahun yang lalu, ke sebuah kota bernama San Fransisco, di negara bagian California, Amerika Serikat. Sebuah kota yang sangat terkenal karena telah melahirkan begitu banyak band-band metal super edan keren, dan daerah yang sangat terkenal adalah tentu saja Bay Area. Band ini terbentuk dari sebuah keinginan untuk membentuk sebuah band dengan "jalur" yang hampir sama dengan band yang telah ada seperti Metallica, Exodus dsb. Karena band dengan jenis musik seperti band-band tersebut sedang berkembang dengan pesat di Amerika dan juga di dunia. Keinginan ini terbentuk dengan kuat di 3 orang pemuda asal daerah ini, pertemanan di antara ketiganya memang sangat akrab terutama 2 orang yang masih mempunyai hubungan famili. Mereka bertiga adalah : ERIC PETERSON, DERRICK RAMIREZ dan MIKE RONCHETTE. Eric dan Derrick masih mempunyai hubungan famili, di mana Derrick adalah keponakan dari Eric. Dan kemudian mereka menamai band ini, LEGACY. Eric dan Derrick pada posisi gitar dan Mike pada posisi drum. Dan memang formasi ini belumlah lengkap, kemudian band belum lengkap ini merekrut GREG CHRISTIAN pada bas gitar dan seorang vokalis bernama STEVE " ZETRO" SOUZA. Hingga akhirnya band ini pun terbentuk dengan sempurna. Mereka pun mulai berlatih, tentu saja di awali dengan menyanyikan lagu-lagu cover dari band idola mereka. Waktu terus berjalan, sampai kemudian sesuatu terjadi di band ini, di tahun 1985, Derrick menyatakan mengundurkan diri dari band ini. Tak lama kemudian Derrick pun di gantikan oleh seorang gitaris super keren yang juga merupakan murid dari seorang maestro gitar di Bay Area yaitu Joe Satriani, dan anak muda pengganti Derrick tersebut adalah ALEX SKOLNICK. Dan band ini pun kembali ke posisi normal kembali. Setahun berlalu, baru di tahun 1985, Legacy memasuki sebuah studio untuk mulai merekam lagu mereka, dan akhirnya sebuah demo pun di produksi oleh band ini, dengan judul : DEMO I.

Hanya saja kemudian sesuatu terjadi, biasa masalah anggota band mulai menggoyang keutuhan band ini, tak lama setelah demo di rekam, drummer Mike R, menyatakan mengundurkan diri dari band ini. Dan Legacy kemudian menggantikannya dengan LOUIE CLEMENTE. Hingga kembali band dalam keadaan normal, dan mulailah mereka bermain di klub-klub kecil sekitar daerah Bay Area, untuk memperkenalkan diri. Di tahun 1986, ketika mereka mendaftarnya nama band mereka, kesulitan mulai terjadi, karena nama Legacy telah di gunakan dan telah terdaftar oleh sebuah band beraliran jazz, hingga memaksa band ini untuk mengganti nama band mereka. Namun tentu saja tak mudah untuk menggantikan nama band. Baru di tahun 1986, mereka dapat menggantikan nama band mereka, setelah mereka mendapatkan sebuah nama dari seorang kawan mereka yang bernama Billy Milano, anggota sebuah band asal New York yang bernama Stormtroopers Of Death ( S.O.D ). Dan kemudian nama band mereka yang asalnya : Legacy berubah menjadi TestAmenT ( di singkat TM )

Tak lama setelah nama band berganti, kembali band ini di rundung masalah, kali ini datang dari sang vokalis, Steve Souza. Steve menyatakan keluar dari band ini untuk bergabung dengan sebuah band yang juga berasal dari Bay Area yaitu Exodus. Exodus memang baru saja di tinggal oleh vokalisnya, Paul Baloff. Dan sebagai penggantinya, TM kemudian merekrut seorang vokalis baru bernama : CHUCK BILLY. Kali ini tinggal mencari label bagi band ini, namun keberuntungan mulai berpihak kepada band ini, sebab di daerah mereka ada seorang penggila metal yang juga pemilik sebuah label yang bernama : Megaforce Records, siapa lagi kalau bukan Jon Zazula. Setelah sukses dengan  mengantarkan band Metallica ke kancah nasional dan juga internasional, Jon mulai mencari band-band metal lainnya untuk menjalin kerja sama. Dan akhirnya band ini pun menanda tangani kontrak.

Tak lama kemudian band ini pun mulai memasuki sebuah studio di New York untuk merekam lagu-lagu mereka, sebuah studio yang bernama Pyramid Sounds menjadi tempat TM untuk merekam lagu-lagu tersebut. Dan akhirnya di bulan Juli 1987, TM merilis sebuah album untuk pertama kalinya, sebuah album dengan judul yang sama dengan nama band mereka yang dulu, THE LEGACY. Dan untuk album ini Jon telah menjalin kerja sama dengan sebuah label besar milik Ahmet yaitu Atlantic Records untuk distribusi ke berbagai negara dan juga lokal. Album inilah yang menjadi batu loncatan bagi TM untuk menjadi sebuah band yang di segani. Tak lama kemudian TM mendapatkan respon yang sangat baik dari para penggila musik metal di Amerika dan juga di luar Amerika, berbagai media massa serta para kritikus musik mulai membicarakan band yang baru ini. Dan akhirnya mulailah TM menggelar konser. Tur ini di gelar di Amerika dan juga Eropa. Dan pada tur tersebut TM di temani oleh sebuah band asal kota New York yang bernama Anthrax yang sedang menggelar tur untuk mempromosikan album mereka yang terbaru dengan judul : Among The Living, yang di rilis tahun 1987 oleh Island Records. Ketika berada di Eropa, TM tampil di sebuah festival yang bernama : Dynamo Open Air Festival yang di adakan di sebuah kota di Belanda yaitu Eindhoven. Setelah tur selesai, TM kemudian merilis sebuah live ep dari konser mereka di festival tersebut. Live ep ini di beri judul : LIVE IN EINDHOVEN, sebuah ep dengan 5 buah lagu.

Setelah itu, kembali TM memasuki studio yang sama ketika merekam album mereka yang pertama untuk merekam album berikutnya. Dan sebelum merilis album, di tahun 1988, TM merilis dulu sebuah ep yang berjudul : TRIAL BY FIRE. Dan di ep ini TM mendaur ulang sebuah lagu milik band Aerosmith yang berjudul : Nobody's Fault, bersama 2 lagu baru. Dan akhirnya di bulan Mei 1988, kembali band ini merilis album mereka yang kedua yang berjudul : THE NEW ORDER. Dan tak lama kemudian kembali TM mendapatkan banyak pujian dari berbagai pihak di dalam maupun di luar negeri. Dan tentu juga TM mulai menjadi bahan pembicaraan yang sangat hangat di kalangan para penggila musik metal maupun media massa. Selanjutnya kembali tur di gelar oleh TM, dalam tur dunia kali ini TM di temani oleh banyak band, antara lain : sebuah band asal Inggris yaitu Judas Priest, yang sedang tur untuk album Ram It Down, yang dirilis tahun 1988 oleh CBS Records, juga dengan Megadeth, yang sedang promosi album So Far, So Good, So What yang dirilis 1988 oleh Capitol Records, kemudian juga dengan Anthrax, yang sedang prmosi album terbaru mereka, State Of Euphoria yang di rilis 1988 oleh Isaland Records dan sebuah band asal Kanada, Voivod yang sedang promosi album terbaru mereka Dimension Hatross, rilisan 1988 oleh Noise Records. Dalam tur tersebut, TM juga tampil untuk pertama kalinya di sebuah festival yang bernama Monsters Of Rock Festival.

Selesai dengan tur yang sukses, TM kemudian memulai kembali penulisan lagu baru dan juga pergi ke kota Berkeley di California untuk mulai merekam lagu baru tersebut di sebuah studio yang bernama Fantasy Studios. Dan di awal tahun yang baru, 1989, TM merilis sebuah single yang berjudul : GREENHOUSE EFFECT. Baru di bulan Agustus 1989, TM kembali merilis sebuah album yang berjudul : PRACTISE WHAT YOU PREACH. Dengan 10 lagu baru tersebut, TM kembali  menggetarkan arena musik metal dunia, sebuah album dengan musik thrash yang sangat melodius di hantamkan oleh band ini ke telinga para penggila musik metal di dunia. Hingga nama band ini mulai menjadi lebih terkenal lagi. Selanjutnya kembali tur di gelar oleh TM, kali ini mereka di temani oleh banyak band dan juga oleh sebuah band "kawan" TM yaitu Exodus, yang sedang promosi album terbaru mereka, Fabulous Disaster, yang di rilis tahun 1989 oleh Combat Records. Album TM ini juga mulai di lirik oleh pihak MTV, yang kemudian di masukan kedalam sebuah acara, Headbanger's Ball. Nama mereka yang mulai menggila di dunia musik metal ini juga di tandai dengan permintaan sebuah majalah musik metal, yaitu Kerrang ! yang meminta ijin untuk memasukan sebuah lagu TM ke dalam sebuah piringan hitam 7", yang kemudian vinyl ini di buat sebagai bonus dari majalah tersebut untuk pembacanya. Dan di vinyl tersebut terdapat 2 lagu, satu lagu dari TM dan lainnya dari sebuah band asal Inggris yaitu Acid Reign. TM dan Acid Reign masing-masing memberikan sebuah lagu live, dan TM memberikan lagu Greenhouse Effect, ketika konser mereka di New York. Bonus vinyl ini bernama : Kerrang ! Plastic Explosive. Setelah konser selesai dengan sukses, kembali TM memasuki studio untuk kembali merekam album barunya, dan mereka merekam di Fantasy Studios kembali. Album ini di rekam selama kurang lebih 25 hari lamanya. Dan akhirnya di bulan September 1990, TM merilis sebuah album baru yang berjudul : SOULS OF BLACK. Dan untuk  mempromosikan album ini, TM berserta label mereka merilis sebuah video untuk pertama kalinya, yaitu : SEEN BETWEEN THE LINES. Sebuah video yang di isi dengan lagu-lagu live, wawancara, dsb.

Namun penjualan album ini tidaklah sehebat sebelumnya, walau tetap masuk ke dalam Top Chart di Amerika, namun penjualan album ini agak tersendat, karena sebuah musik yang "baru" sedang menghantam arena musik rock dunia, apalagi kalau bukan Seattle Sound Music, Grunge. Namun musik metal terus berjalan, begitu juga dengan band ini. TM kemudian menggelar kembali tur dunia, dan TM juga bergabung dengan band lain dalam rangkaian tur yang bertajuk : Clash Of The Titans Tour. Di tur ini TM bergabung dengan Slayer, Megadeth dan juga Suicidal Tendencies. Dan ketika memasuki tahun 1991, dapat di katakan band ini istirahat untuk sementara, karena gempuran musik grunge sedang gila gilaan kala itu. Tapi sang gitaris yaitu Alex Skolnick, mulai tertarik dengan jenis musik selain metal yang selama ini dia lakukan. Hal ini di tandai dengan ikutnya Alex dalam tur dengan seorang pemain bas musik jazz bernama Stuart Hamm. Setelah kembali dari konser tersebut barulah band ini memulai kembali aktivitasnya yang terhenti untuk sementara waktu. Dan akhirnya di awal tahun berikutnya, yaitu 1992, TM merilis sebuah single yang berjudul : ELECTRIC CROWN. Dan pihak label juga merilis sebuah single video dengan judul yang sama, untuk tujuan promosi. Dan baru di bulan Mei 1992, TM merilis sebuah album baru kembali yang berjudul : THE RITUAL. Kembali penjualan album ini mengalami keburukan, hal ini mungkin di pacu oleh mulai bergesernya "musik" TM ini ke arah yang cenderung lebih Heavy Metal di bandingkan dengan akarnya. Namun tetap tur dijalankan walau hanya sebentar saja, kali ini TM juga mengunjungi Meksiko untuk pertama kalinya.

Setelah selesai dengan tur pendek tersebut, kembali masalah mulai tampak di internal band ini. Alex Skolnick, sang gitaris mulai merasa "gerah" berada di band ini, karena mungkin Alex tidak dapat mengekplorasi keinginannya lebih banyak di band ini. Ekplorasi yang di maksud adalah keinginan yang begitu menggebu dalam hal bermusik jazz. Dan memang hal tersebut tidak sejalan dengan pemikiran Eric P dan Chuck B yang tetap kalau band mereka harus di jalurnya., yaitu metal band tanpa embel-embel sound lainnya. Dan akhirnya hal ini pun menyebabkan sang gitaris, Alex mengundurkan diri dari TM. Dan Alex membentuk bandnya sendiri yaitu : Exhibit-A dan Alex juga kemudian bergabung dengan Savatage. Belum selesai dengan masalah keluarnya Alex, band ini kembali di hantam masalah kembali, kali ini sang drummer, Louie C juga memutuskan untuk undur diri dari band ini. Hingga dalam waktu yang sangat singkat, TM langsung kehilangan 2 anggota bandnya. Namun tak lama kemudian TM merekrut anggota band yang baru, 2 orang pengganti secara langsung di rekrut oleh TM, kedua orang ini berasal dari sebuah band asal San Fransisco bernama : Forbidden. Dan kedua orang tersebut adalah : GLEN ALVELAIS pada gitar dan PAUL BOSTAPH pada drum. Hingga akhirnya band inipun kembali normal, walau Paul hanya di rekrut untuk sementara saja. Dan kemudian TM pun melanjutkan turnya kembali, dan salah satunya adalah tampil di Los Angeles. Yang mana kemudian konser mereka ini pun di rilis pada April tahun 1993 dalam bentuk live ep yang berjudul : RETURN TO APOCALYPTIC CITY. Sebuah ep yang berisi 6 buah lagu.

Kemudian setelah live ep ini dirilis, Paul B pun meninggalkan band ini untuk bergabung dengan sebuah band master lainnya yaitu Slayer. Dan kemudian kembali TM merekrut anggota band yang baru yaitu seorang drummer asal band Exodus yaitu : JOHN TEMPESTA. Dan dengan formasi ini, TM kemudian menggelar tur untuk mempromosikan album mereka yang terakhir, The Ritual. Setelah tur tersebut selesai, kembali lagi masalah datang. Kali ini sang gitaris Glen A meninggalkan band ini. Kembali lagi band ini harus mencari penggantinya, rencana semula adalah mengaudisi seorang gitaris yang berasal dari band Ozzy Osbourne, Jake E. Lee, namun setelah mendengar kabar kalau seorang gitaris super edan keren di jalur death metal sedang kosong, akhirnya TM pun merekrutnya, dia adalah : JAMES MURPHY. Dengan formasi terbaru tersebut akhirnya di tahun 1994, TM merilis sebuah single yang berjudul : DOG FACED GODS. Sebuah single dengan 3 buah lagu, 1 lagu TM sendiri dan 2 lagu adalah lagu daur ulang milik Scorpions dan Aerosmith. Dan akhirnya di bulan September 1994, TM merilis sebuah album baru dengan judul yang sangat singkat saja yaitu : LOW. Musik mereka pun terdengar berubah di album ini, kesan "death metal" menjadi lebih kentara di album yang satu ini. Pembicaraan tentang album ini pun menghangat para fans seperti terbelah menjadi dua kubu, kubu yang satu tetap mencintai album ini bahkan menjadi favorit, namun di kubu lain menilai kalau TM telah melenceng sangat jauh dari akar musiknya semula.

Tak lama setelah album ini di rilis, kembali band ini mendapatkan masalah, kali ini sang drummer yang belum lama di ganti mengajukan undur diri dari band ini. John Tempesta keluar untuk bergabung dengan band asal New York, White Zombie. Kemudian TM merekrut seorang drummer sebuah band asal Los Angeles, Evil Dead, yang bernama JON DETTE. Setelah band ini kembali normal, akhirnya band inipun menggelar tur panjangnya, sebuah tur yang menghabiskan waktu sebanyak hampir 2 tahun lamanya ke seluruh dunia. Setelah tur selesai, kira-kira di tahun 1995, band super edan keren ini mulai lagi di landa masalah, kali ini dari sang label Atlantic Records yang menyatakan mundur dari kerja sama dengan TM. Dan tentu saja TM pun tak dapat berkata banyak tentang masalah ini, karena tingkat penjualan album mereka yang terus turun dari album ke album. Dan akhirnya di putuskan kalau band ini lebih baik untuk membuat label mereka sendiri, dan keputusan ini pun akhinya di ambil oleh band dengan membuat sebuah label yang bernama : BURNT OFFERINGS INC. Dan dengan label barunya tersebut, TM kemudian merilis sebuah live album yang berjudul : LIVE AT THE FILLMORE. Dan waktu pun ber lalu, dan tahun berganti ke tahun 1996. Pada awal tahun ini, band ini kembali di rundung masalah anggota band kembali, kali ini Jon Dette yang menyatakan undur diri dari band ini untuk bergabung dengan sebuah band Amerika yaitu : Slayer. Jon menggantikan Paul Bostaph yang juga berasal dari band ini. Kemudian TM kembali merekrut seorang drummer baru yang bernama : CHRIS KONTOS, seorang drummer asal band San Fransisco, Machine Head. Kemudian di bulan Maret 1996, Atlantic Records merilis sebuah album kompilasi yang berasal dari 6 album TM, mulai dari The Legacy sampai Low, dan kompilasi tersebut berjudul : THE BEST OF TESTAMENT. Kompilasi yang memuat 15 lagu super edan dari band ini. Kembali sesuatu terjadi dengan band ini, TM mulai di guncang oleh sebuah kenyataan yang sangat menyedihkan di arena musik metal dunia, penjualan album yang tidak lagi sedashyat album-album awal mereka, label yang meninggalkan mereka, media massa yang juga seperti "malas" untuk membahas mereka, anggota band yang selalu keluar masuk dan juga tanggapan yang beraneka ragam dari para fans, kesemua hal ini membuat band ini menjadi frustasi dan stress memikirkan masa depannya. Hingga kemudian para anggota band memutuskan untuk membubarkan band ini. Pembubaran di lakukan ketika proses produksi album mereka yang akan datang sedang di buat. Dan kemudian bubarlah band keren ini. Dan Chuck kemudian merencanakan untuk membuat sebuah band baru bersama Eric dan Chris, sebuah band yang bernama Dog Faced Gods, jangan tertukar dengan sebuah band death metal asal Swedia dengan nama yang sama. Ok. Sedangkan sang gitaris, James M dan bassis Greg kemudian membentuk sebuah band yang bernama : Flangue.

Di awal tahun 1997, sebuah berita baik dari band ini pun akhirnya terdengar, dan yang pasti berita tersebut sungguh membuat gembira para fans setia mereka, berita tersebut di lansir secara resmi oleh TM. Isinya menyatakan kalau TM kembali terbentuk dan siap untuk merilis sebuah album baru. Ah akhirnya. Kali ini TM beranggotakan : Chuck Billy pada vokal, pemain gitar awal band ini, Derrick Ramirez kembali bergabung sebagai pemain bas gitar, sang master gitar Eric Peterson dan seorang pemain drum asal band Death Angel dan Death juga bergabung yaitu : GENE HOGLAN. Dan akhirnya di awal bulan Juni 1997, TM kembali merilis sebuah album baru yang berjudul :  DEMONIC. Sebuah album dengan elemen death metal yang lebih kentara lagi di bandingkan dengan album sebelumnya. Album ini juga di bantu oleh Glen Alvelais pada gitar dan Chris Kontos pada drum. Dan album ini dirilis secara mandiri oleh band ini. Kemudian rencana tur di buat oleh band ini, belum lagi tur ini di lakukan oleh TM, band ini kembali di rundung masalah kembali, kali ini sang drummer, Gene H mengundurkan diri dari band untuk bergabung dengan band asal Kanada, yang bernama SYL atau Strapping Young Lad. Hingga rencana tur menjadi berantakan, namun TM dengan segera menggantikan posisi Gene dengan seorang drummer mantan band ini yaitu : Jon Dette. Dan akhirnya tur dunia pun segera di jalankan oleh band ini hingga hampir di akhir tahun 1997. Dan di bulan Desember 1997, TM merilis sebuah album kompilasi yang berjudul : SIGNS OF CHAOS : THE BEST OF TESTAMENT. Sebuah album kompilasi yang di rilis oleh label mereka sendiri, Burnt Offerings.

Memasuki tahun yang baru, 1998, kembali TM melanjutkan tur dunianya. Selesai dengan tur ini, kembali lagi masalah band menyeruak, kali ini datang dari sang drummer Jon Dette dan sang bassis, Derrick Ramirez menyatakan mengundurkan dir dari band ini untuk kedua kalinya. Walah cape bener kayaknya yah nih band, gonta ganti personil terus. Selanjutnya Chuck dan Eric mengundang kembali anggota band yang baru yaitu : seorang mantan band ini juga pada posisi gitar, James Murphy, kemudian posisi bas gitar di isi oleh seorang bass master bernama STEVE DiGIORGIO dan juga seorang drum master asal band Slayer yaitu :DAVE LOMBARDO. Walah formasi ini bener-bener super edan dah, semuanya adalah para master di bidangnya. Dan akhirnya di awal tahun 1999, mereka semua mulai memasuki studio untuk merekam lagu baru, hingga akhirnya di bulan Juni 1999, TM merilis sebuah album baru yang berjudul : THE GATHERING. Album ini juga merupakan awal pertama kerja sama TM dengan sebuah label bernama Spitfire Records. Hanya saja tak lama setelah album super edan keren ini dirilis, James M mengidap tumor otak. Berita yang sangat mengejutkan semua pihak dan famili dekat mereka, dan juga fans TM. Namun setelah cukup lama menderita tumor tersebut, dengan keteguhan dan tehnologi yang begitu baik, akhirnya James di nyatakan sembuh dari penyakitnya, setelah menjalani operasi. Dan sewaktu James menjalani pengobatannya, untuk mengisi kekosongan pemain gitar, TM merekrut seorang gitaris asal band Vicious Rumors yaitu : STEVE SMYTH. Hingga akhirnya tur untuk seluruh Amerika pun dapat di laksanakan. Namun setelah tur Amerika ini selesai dengan baik, Dave Lombardo menyatakan mundur dari band ini. Dan untuk mengantisipasi tur yang akan di lanjutkan ke Eropa di tahun selanjutnya, yaitu tahun 2000, TM merekrut seorang drummer baru asal band Sadus yaitu : JON ALLEN. Dan akhirnya tur seluruh  dunia yang bertajuk : Riding The Snake pun dapat di gelar dengan lancar. Tur ini menghabiskan waktu hampir 1 tahun lamanya. Dan ketika masih dalam tur tersebut, Rhino Records, sebuah sub label dari Atlantic Records, merilis sebuah album kompilasi yang berjudul : THE VERY BEST OF TESTAMENT.

Setelah menjalankan tur yang sukses, TM kembali ke Amerika, kembali sebuah masalah menyeruak ke permukaan, kali ini datang dari sang vokalis, Chuck Billy. Chuck B, didiagnosa mengidap kanker. Diagnosa ini di beritakan secara resmi di bulan Maret 2001. Kesedihan melanda band ini, namun anggota band ini pun tak dapat melakukan apapun tanpa Chuck. Kemudian setelah 5 bulan menjalankan terapi penyembuhan, seorang teman Chuck, berinisiatif untuk menggalang dana bagi pengobatan Chuck, hingga sang teman kemudian menggelar sebuah acara yang bertajuk : Thrash Of The Titans, sebuah acara konser yang di gelar untuk mengumpulkan dana bagi pengobatan sang vokalis. Konser ini di adakan di bulan Agustus 2001 dengan menampilkan beberapa band asal Bay Area, seperti Vio-Lence, Death Angel, Exodus dan lain-lain. Dan TM sendiri ikut tampil dalam konser ini, dengan formasi : Steve Souza pada vokal, Greg Christian pada bas gitar, Alex Skolnick pada gitar, Eric Peterson pada gitar dan Jon Allen pada drum. Dan kemudian di bulan September 2001, dengan kondisi kesehatan yang di rasakan telah jauh membaik, Chuck Billy mulai kembali mencoba vokalnya dan untuk itu dia dan kawan lamanya, yaitu : Eric Peterson dan Alex Skolnick pada gitar, Steve DiGiorgio pada bas gitar, dan seorang drummer mantan band ini yaitu John Tempesta, mulai memasuki studio untuk mendaur ulang lagu-lagu mereka dari 2 album awal. Dan hasilnya, TM merilis sebuah album di akhir 2001 yang berjudul : FIRST STRIKE STILL DEADLY. 11 lagu daur ulang bertengger di album ini. Memasuki tahun 2002 kembali Chuck menjalani terapinya, dan memang hasilnya kondisi Chuck menjadi lebih baik di tahun 2002 ini.

Dan dengan kondisi yang lebih membaik tersebut, di akhir tahun 2002, TM kembali menggelar tur panjangnya ke seluruh dunia. Dan tur panjang ini berakhir sekitar di pertengahan tahun 2003. Tur panjang ini di mainkan oleh Chuck, Eric, Steve, Steve DiGiorgio dan Jon Allen. Setelah tur ini di jalankan dengan sukses oleh band, tak lama kemudian, di awal tahun 2004, kembali masalah harus di hadapi oleh band ini, kali ini sang drummer Jon Allen dan sang gitaris Steve Smyth menyatakan undur diri dari band ini. Steve undur diri untuk bergabung dengan sebuah band asal Seattle, Nevermore. Untuk menyelesaikan jadwal tur selanjutnya, TM tak lama kemudian merekrut 2 anggota baru yaitu mantan drummer band ini terdahulu, Paul Bostaph dan seorang gitaris asal band Halford, yaitu MIKE CHLASCIAK. Hingga kemudian tur pun dapat di jalankan oleh TM sesuai dengan rencana sebelumnya. Dan di tahun 2004 ini, label band ini, Spitfire Records, merilis 4 buah format dvd yang berisi konser-konser TM secara terpisah yaitu : LIVE AT THE OMNI 1988, LIVE IN TILBURG-THE NETHERLANDS, SANTA MONICA CIVIC 1989 dan LIVE IN OSAKA, JAPAN 1999. Live in Tilburg adalah konser TM ketika tampil di sebuah festival di Belanda yang bertajuk : End Of The No Mercy Festival 2003. Sedang Santa Monica Civic 1989 adalah sebuah video bootleg yang di buat di tahun 1989, yang kemudian dirilis secara resmi oleh Spitfire Records dalam jumlah yang sangat terbatas. Dan Live In Osaka, Japan 1999 adalah sebuah konser TM ketika berada di Jepang ketika dalam rangkaian tur Riding The snake Tour 1999. Dan di tahun 2004 juga, tepatnya di bulan Juni 2004, Spitfire juga merilis sebuah album kompilasi yang berjudul : DAYS OF DARKNESS, sebuah kompilasi yang terdiri dari 2 cd, cd pertama berisi lagu-lagu dari 2 album yang di rilis oleh label ini dan cd kedua berisi lagu-lagu hasil daur ulang terdahulu yaitu album First Strike Still Deadly.

Memasuki tahun 2005, TM kembali merencanakan untuk menggelar sebuah tur pendek ke Eropa yang kemudian bertajuk : 10 Days In May Tour. Dan hal paling mengejutkan adalah dalam konser ini anggota band di isi oleh para anggota lama band super keren ini, yaitu : Chuck Billy, Eric Peterson, Alex Skolnick, Greg Christian dan untuk posisi drum di isi bergantian antara John Tempesta dengan Louie Clemente. Dan yang pasti tur ini sangatlah sukses besar, dengan formasi band yang begitu di nantikan sekian lama oleh para fans mereka di seluruh dunia. Dan salah satu konser mereka ini kemudian di rilis dalam bentuk cd dan dvd, dan konser yang di pilih adalah sebuah konser yang paling sukses, dimana tiket konser habis terjual semua tanpa sisa, dan konser tersebut adalah konser mereka di London. Dan akhirnya TM merilis konser tersebut dalam format cd dan dvd dengan judul : LIVE IN LONDON. Dan kedua format ini di rilis sekaligus di waktu yang sama secara terpisah. Setelah konser pendek ke Eropa ini selesai, tur ini pun kembali di lanjutkan ke Amerika dan Jepang.

Dan di tahun yang baru, 2006, TM juga menyempatkan diri tampil untuk pertama kalinya di negara Timur Tengah, tepatnya di Dubai. Di bulan April 2006, TM tampil di sebuah festival di negara ini yang bertajuk : Dubai Desert Rock Festival., yang juga di ikuti oleh band Megadeth, 3 Doors Down dan lain-lain. Dan di tahun 2006 juga, TM merilis sebuah format dvd, yang di produksi oleh mereka sendiri dengan judul : LIVE IN TOKYO, JAPAN 1999. Sebuah format dvd yang berisi konser  mereka di Tokyo ketika dalam rangkaian tur, Riding The Snake Tour 1999. Dan di awal tahun 2007, TM tampil di sebuah konser di Amerika. Dan konser ini kemudian di rilis dalam bentuk dvd oleh Deadly Embrace Records, dengan judul : LIVE AT THE INDEPENDENT. Yang di rilis di bulan Maret 2007. Dan di tahun 2007 juga, tepatnya sebulan sebelum dvd tersebut di rilis, Spitfire Records merilis kembali sebuah album kompilasi yang berjudul : THE SPITFIRE COLLECTION. Sebuah kompilasi yang berisi 14 lagu termasuk 6 lagu berupa lagu live. Dan di tahun 2007, Chuck Billy juga mengumumkan formasi band terbaru mereka yaitu : Chuck Billy pada vokal, Eric Peterson dan Alex Skolnick pada gitar, Greg Christian pada posisi bas gitar dan posisi drum di isi oleh pemain asal band Dimmu Borgir/Cradle Of Filth/Old Man's Child/Lock Up, yaitu Nicholas Howard Barker atau Nick Barker. Dan rencananya sebuah album baru akan di rilis di bulan Februari tahun 2008. Oh di tunggu banget tuh album barunya. Dan yang pasti TM juga menjalin kerja sama dengan sebuah label baru nan metal abis bernama Nuclear Blast Records.

Rilisan Testament :

1. Demo I
Demo / 1985 / self produced
Track :
Burnt Offerings
Raging Waters
Alone in the Dark
Reign Of Terror

2. The Legacy
Album / 1987 / Megaforce Records
Re rilis 1995 oleh Atlantic Records
Track :
Over the Wall
The Haunting
Burnt Offerings
Raging Waters
C.O.T.L.O.D. (Curse of the Legions of Death)
First Strike is Deadly
Do or Die
Alone in the Dark
Apocalyptic City

3. Live At Eindhoven
Live ep / 1987 / Megaforce-Atlantic Records
Track :
Over The Wall
Burnt Offerings
Do Or Die
Apocalyptic City
Reign Of Terror

4. Trial by Fire
Ep / 1988 / Megaforce-Atlantic Records
Track :
Trial by Fire
Nobody's Fault (Aerosmith cover)
Reign of Terror

5. The New Order
Album / 1988 / Megaforce Records
Track :
Eerie Inhabitants
The New Order
Trial by Fire
Into the Pit
Hypnosis (instrumental)
Disciples of the Watch
The Preacher
Nobody`s Fault (Aerosmith cover)
A Day of Reckoning
Musical Death (A Dirge) (instrumental)

6. Greenhouse Effect
Single / 1989 / Megaforce Records
Track :
Greenhouse Effect (Live)
The Ballad (Edit)

7. Practice What You Preach
Album / 1989 / Megaforce-Atlantic Records
Track :
Practice What You Preach
Perilous Nation
Envy Life
Time is Coming
Blessed in Contempt
Greenhouse Effect
Sins of Omission
The Ballad
Nightmare (Coming Back to You)
Confusion Fusion

8. Kerrang! Plastic Explosive
Split single / 1990 / majalah Kerrang!
Track :
Testament : Greenhouse Effect
Acid Reign : Blind Aggression

9. Souls Of Black
Album / 1990 / Megaforce-Atlantic Records
Track :
Beginning of the End (intro)
Face in the Sky
Falling Fast
Souls of Black
Absence of Light
Love to Hate
Malpractice
One Man's Fate
The Legacy
Seven Days of May

10. Seen Between The Lines
Video / 1991 / A Vision
Track :
Lagu live :
Eerie Inhabitants
Abcence Of Light
Greenhouse Effect
Souls Of Black
Sins Of Omission
Disciples Of The Watch
Nobody's Fault (video)
Practice What You Preach (video)
Souls Of Black (video)
The Legacy (video)

11. Electric Crown
Video / 1991 / Atlantic Records
Track :
Electric Crown

12. Electric Crown
Single / 1992 / Atlantic Records
Track :
Electric Crown (Edit)
Signs Of Chaos
Electric Crown (LP Version)

13. The Ritual
Album / 1992 / Atlantic Records
Track :
Signs of Chaos (intro)
Electric Crown
So Many Lies
Let Go of My World
The Ritual
Deadline
As the Seasons Grey
Agony
The Sermon
Return to Serenity
Troubled Dreams

14. Return To The Apocalyptic City
Live ep / 1993 / Atlantic Records
Track :
Over the Wall (live)
So Many Lies (live)
The Haunting (live)
Disciples Of The Watch (live)
Reign Of Terror
Return To Serenity (radio edit)

15. Dog Faced Gods
Single / 1994 / Atlantic Records
Track :
Dog Faced Gods
Sails Of Charon (Scorpions cover)
Draw The Line (Aerosmith cover)

16. Low
Album / 1994 / Atlantic Records
Track :
Low
Legions (In Hiding)
Hail Mary
Trail of Tears
Shades of War
P.C.
Dog Faced Gods
All I Could Bleed
Urotsukidoji
Chasing Fear
Ride
Last Call (instrumental quotro)

17. Live At The Fillmore
Live album / 1994 / Burnt Offerings Records
Track :
The Preacher
Alone in the Dark
Burnt Offerings
A Dirge
Eerie Inhabitants
The New Order
Low
Urotsukidoji
Into the Pit
Souls of Black
Practice What You Preach
Apocalyptic City
Hail Mary
Dog Faced Gods
Return to Serenity (acoustic)
The Legacy (acoustic)
Trail of Tears (acoustic)

18. The Best of Testament
Kompilasi / 1996 / Atlantic Records
Track :
Over the Wall
The New Order
Sins of Omission
Electric Crown
The Legacy
Burnt Offerings
Practice What You Preach
Hail Mary
Trial by Fire
Alone in the Dark
Disciples of the Watch
Greenhouse Effect
Low
Souls of Black
Return to Serenity

19. Demonic
Album / 1997 / Burnt Offerings Records
Track :
Demonic Refusal
The Burning Times
Together as One
Jun-Jun
John Doe
Murky Waters
Hatreds Rise
Distorted Lives
New Eyes of Old
Ten Thousand Thrones
Nostrovia

20. Signs Of Chaos: The Best Of Testament
Kompilasi / 1997 / Burnt Offerings Records
Track :
Signs of Chaos
Electric Crown
The New Order
Alone in the Dark
Dog Faced Gods
Demonic Refusal
The Ballad
Souls of Black
Trial By Fire
Low
Practice What You Preach
Over the Wall
The Legacy
Return to Serenity
Perilous Nation
Sails of Charon (Scorpions cover)
Draw the Line (Aerosmith cover)

21. The Gathering
Album / 1999 / Spitfire Records
Track :
D.N.R. (Do Not Resuscitate)
Down for Life
Eyes of Wrath
True Believer
3 Days in Darkness
Legions of the Dead
Careful What You Wish For
Riding the Snake
Allegiance
Sewn Shut Eyes
Fall of Sipledome

22. The Very Best Of Testament
Kompilasi / 2000 / Rhino Records
Track :
The Haunting
Burnt Offerings
First Strike Is Deadly
The New Order
Into the Pit
Disciples of the Watch
Practice What You Preach
Greenhouse Effect
Signs of Chaos
Electric Crown
So Many Lies
The Ritual
Return to Serenity
Over the Wall (Live)
Dog Faced Gods

23. First Strike Still Deadly
Kompilasi / 2001 / Spitfire Records
Track :
First Strike Is Deadly
Into the Pit
Trial by Fire
Disciples of the Watch
The Preacher
Burnt Offerings
Over the Wall
The New Order
The Haunting
Alone in the Dark
Reign of Terror

24. Live At The Omni 1988
Dvd / 2004 / Spitfire Records
Track :
Into The Pit
The Preacher
Alone In The Dark
The New Order
First Strike Is Deadly
Disciples Of The Watch
C.O.T.L.O.D.
Burnt Offerings
Do Or Die
Day Of Reckoning
Eerie Inhabitants
Trial By Fire

25. Live In Tilburg - The Netherlands
Dvd / 2004 / Spitfire Records
Track :
D.N.R.
Down for life
Low
Burnt Offerings
Into the Pit
Trial of Fire
True Beleiver
Eyes of Wrath
Over the Wall
Props to New and Old Friends
Dog Faced Gods
Disciples of the Watch

26. Santa Monica Civic 1989
Dvd / 2004 / Spitfire Records
Track :
Practice What You Preach
Sins Of Omission
The Haunting
The New Order
Envy Life
Greenhouse Effect
Alex Guitar Solo
Perilous Nations
Into The Pit
The Ballad
Trial By Fire
Blessed In Contempt
Burnt Offerings
Louie Drum Solo
Disciples Of The Watch

27. Live In Osaka Japan 1999
Dvd / 2004 / Spitfire Records
Track :
D.N.R.
Down for life
Low
Burnt Offerings
Into the pit
Bass solo
Souls of black
Three days in darkness
Eyes of wrath
True believer
The Legacy
Riding the snake
Legions of the dead
Practice what you preach
Over the wall
Dog Faced Gods
The New Order
Disciples of the watch
(Backstage footage before show)

28. Days Of Darkness
Kompilasi / 2004 / Spitfire Records
Track :
CD 1 :
Hatred's Rise
John Doe
Riding the Snake
Down for Life
Demonic Refusal
The Burning Times
Ten Thousand Thrones
D.N.R.
3 Days in Darkness
Together as One
Legions of the Dead
Fall of Sipledome
CD 2 :
First Strike Is Deadly
Into the Pit
Trial by Fire
Desciples of the Watch
The Preacher
Burnt Offerings
Over the Wall
The New Order
The Haunting
Alone in the Dark
Reign of Terror

29. Live In London
Dvd / 2005 / Spitfire Records
Track :
The Preacher
The New Order
The Haunting
Electric Crown
Sins Of Omission
Souls Of Black
Into The Pit
Trial By Fire
Practice What You Preach
Let Go Of My World
The Legacy
Over The wall
Raging Waters
Disciples Of The Watch

30. Live In London
Live album / 2005 / Spitfire Records
Track :
The Preacher
The New Order
The Haunting
Electric Crown
Sins of Omission
Souls of Black
Into the Pit
Trial by Fire
Practice What You Preach
Let Go of My World
The Legacy
Over the Wall
Raging Waters
Disciples of the Watch

31. Live In Tokyo Japan 1999
Dvd / 2006 / self released
Track :
DNR
Down for Life
Demonic Refusal
Low
Burnt Offerings
Into the Pit
Bass Solo
Souls of Black
3 Days in Darkness
Eyes of Wrath
True Believer
The Legacy
Riding the Snake
Legions of the Dead
Practice what you preach
Over the Wall
Dog faced Gods
The new Order
Disciples of the Watch

32. The Spitfire Collection
Kompilasi / 2007 / Spitfire Records
Track :
The New Order
Souls Of Black
Practice What You Preach
Hatred's Rise
The Burning Times
John Doe
Careful What You Wish For
Down For Life
Riding The Snake
Over The Wall
The Preacher
Into The Pit
Trial By Fire
Disciples Of The Watch

33. Live At The Independent
Dvd / 2007 / Deadly Embrace
Track :
The Preacher
The New Order
The Haunting
Electric Crown
Trial by Fire
DNR
Three Days in Darkness
True Believer
Practice What You Preach
The Legacy
Into the Pit
Over the Wall

Bootleg List :
1. Rain Of Terror
Bat Records (UK) / 1987
Dynamo Open Air. The Netherlands June 8, 1987.
Track :
01. Disciples Of The Watch
02. The Haunting
03. Apocalyptic City
04. First Strike Is Deadly
05. Burnt Offerings
06. Alex Skolnick solo
07. Over The Wall
08. Do Or Die
09. C.O.T.L.O.D.
10. Reign Of Terror

2. Test Of Times
Metal Memory Records / 1992
Track :
01. Malpractice
02. Sins of Omission
03. Trial by Fire
04. Legacy
05. Practice what you Preach
06. Souls of Black
07. Face in the Sky
08. Disciples of the Watch
09. Greenhouse Effects
10. C.O.T.L.O.D.
11. Do or Die
12. Disciples of the Watch
13. Into the Pit
14. Apocalyptic City
15. Reign of Terror

3. Live in México 1992
Track :
01. Over The Wall
02. The New Order
03. Practice What You Preach
04. Souls Of Black
05. Let Go Of My World
06. The Ritual
07. Burnt Offerings
08. Signs Of Chaos
09. Electric Crown
10. Trial By Fire
11. Alone In The Dark
12. Musical Death (A Dirge)
13. The Legacy
14. Nightmare Coming Back To You
15. Encore
16. Sins Of Omission
17. Disciples Of The Watch
18. The Haunting

4. Live in New York, 1990
Track :
01. Disciples Of The Watch (Only the Intro)
02. Practice What You Preach
03. Sins Of Omission
04. The Haunting
05. The New Order
06. Envy Life
07. Greenhouse Effect
08. Alex solo
09. Perilious Nation
10. Into The Pit
11. The Ballad
12. Nightmare (Coming Back To You)
13. Trial By Fire

5. Live in Italy - Monsters Of Rock 1992
Track :
01. So Many Lies
02. Practice What You Preach
03. Alone In The Dark
04. Musical Death (A Dirge)
05. The Legacy
06. Interview

6. Live in Holland, Dynamo Fest 1997
Track :
01. Demonic Refusal
02. Low
03. Over The Wall
04. Burnt Offerings
05. Into The Pit
06. The New Order
07. Dog Faced Gods
08. Disciples Of The Watch

7. Live in Zwolle, May 88
Track :
01. COTLOD
02. Do or Die
03. Disciples of the Watch
04. Into the Pit
05. Apocalyptic city
06. Reign of Terror.

8. Practice Tour
Track :
01. Practice What You Preach
02. The Haunting
03. The New Order
04. Envy Life
05. Time Is coming
06. Greenhouse Effect
07. Guitar solo
08. Perilious Nation
09. Into The Pit
10. The Ballad
11. Trial By Fire
12. Blessed In Contempt
13. Burnt Offerings
14. Disciples Of The Watch
15. A Day Of Reckoning
16. Nightmare (Coming Back To You)

9. Souls of Black Tour
Track :
01. Malpractice
02. Sins Of Omission
03. Trial by Fire
04. Legacy
05. Practice What You Preach
06. Souls Of Black
07. Beginning Of The end
08. Face In The Sky
09. Disciples Of The Watch
10. Greenhouse Effects

10. Ritual Tour
Track :
01. Electric Crown
02. So Many Lies
03. Practice What You Preach
04. The Ritual
05. Sins Of Omission
06. Alone In The Dark
07. Musical Death
08. The Legacy
09. Disciples Of The Watch

11. Demonic Tour
Track :
01. Disciples Of The Watch
02. The New Order
03. Demonic refusal
04. Low
05. Distorted Lives
06. Burning Times
07. Musical Death
08. Eerie Inhabitant
09. Practice What You Preach
10. Burnt Offerings
11. Over The Wall
12. Dog Faced God
13. Souls Of Black
14. Alone In The Dark
15. Apocalyptic City

 12. SAO PAULO - BRAZIL / 1989 / VIDEO
Track :
01. Into The Pit
02. The Preacher
03. The Haunting
04. Practice What You Preach
05. Alone In The Dark
06. The New Order
07. Burnt Offerings
08. Sins Of Omission
09. Trial By Fire
10. Disciples Of The Watch
11. Greenhouse Effect
12. Over The Wall
13. Raging Waters

13. HOUSTON - TX / 1990 / VIDEO
Track :
01. Disciples Of The Watch
02. Sins Of Omission
03. Practice What You Preach
04. Souls Of Black
05. The Legacy
06. Face In The Sky

Akumulasi Rilisan :
Demo I Demo - 1985
The Legacy Album - 1987
The New Order Album - 1988
Practice What You Preach Album - 1989
Souls of Black Album - 1990
The Ritual Album - 1992
Low Album - 1994
Demonic Album - 1997
The Gathering Album - 1999
Live At The Omni 1988 DVD - 2004
Live in Tilburg - The Netherlands DVD - 2004
Santa Monica Civic 1989 DVD - 2004
Live in Osaka Japan 1999 DVD - 2004
Live in London DVD - 2005
Live in Tokyo Japan 1999 DVD - 2006
Live at the Independent DVD - 2007

Trial by Fire EP - 1988
Return to the Apocalyptic City EP - 1993

The Best of Testament Kompilasi - 1996
Signs of Chaos: The Best of Testament Kompilasi - 1997
The Very Best of Testament Kompilasi - 2000
First Strike Still Deadly Kompilasi - 2001
Days of Darkness Kompilasi - 2004
The Spitfire Collection Kompilasi - 2007

Live at the Fillmore Live album - 1995
Live in London Live album - 2005
Live At Eindhoven Live ep - 1987

Greenhouse Effect Single - 1989
Electric Crown Single - 1992
Dog Faced Gods Single - 1994
Kerrang! Plastic Explosive Split single - 1990
Seen Between The Lines Video/VHS - 1991
Electric Crown Video/VHS - 1992

Lagu yang menjadi favorit :
The Legacy
Album / 1987 / Megaforce Records
Track :
Over the Wall
The Haunting
Burnt Offerings
Raging Waters
C.O.T.L.O.D. (Curse of the Legions of Death)
First Strike is Deadly
Do or Die
Alone in the Dark
Apocalyptic City

The New Order
Album / 1988 / Megaforce Records
Track :
Eerie Inhabitants
The New Order
Trial by Fire
Into the Pit
Disciples of the Watch

Practice What You Preach
Album / 1989 / Megaforce-Atlantic Records
Track :
Practice What You Preach
Perilous Nation
Envy Life
Greenhouse Effect
Sins of Omission
Confusion Fusion

Souls Of Black
Album / 1990 / Megaforce-Atlantic Records
Track :
Face in the Sky
Falling Fast
Souls of Black
Absence of Light
The Legacy

The Ritual
Album / 1992 / Atlantic Records
Track :
Signs of Chaos (intro)
Electric Crown
Let Go of My World
The Ritual
Deadline

Low
Album / 1994 / Atlantic Records
Track :
Low
Legions (In Hiding)
Dog Faced Gods
Chasing Fear
Ride

Demonic
Album / 1997 / Burnt Offerings Records
Track :
Demonic Refusal
John Doe
Hatreds Rise
New Eyes of Old

The Gathering
Album / 1999 / Spitfire Records
Track :
D.N.R. (Do Not Resuscitate)
Down for Life
Eyes of Wrath
Legions of the Dead
Riding the Snake

Lainnya :
Yang aku tahu Megaforce pernah merilis sebuah album kompilasi di tahun 1991 kalau nda salah, yang isinya band-band super edan keren seperti Venom, Mercyful Fate, TT Quick, Raven, Exciter, Testament dan lain- lain. Kompilasi ini berjudul : Deeper Into The Vault. Juga ada sebuah album tribute bagi band ini yang berjudul : Jump In The Pit, rilisan Dwell Records Amerika kalau nda salah. Dan bagi orang tua ini, TestAmenT adalah sebuah band metal yang lengkap, mau heavy metal, thrash metal, ballad metal, death metal, black metal atau apa kek, semua tersedia di band ini, tinggal di dengerin aja dah. Satu hal yang aku suka dari band ini adalah musik mereka yang selalu bikin aku fresh, lagi situasi gimana pun aku bisa denger band ini. Pokoke rugi aja dah kalau ada yang nga suka band ini. Apalagi album-album awal mereka, yah anggap dah 5 album pertama mereka adalah wajib hukumnya bagi para metalhead untuk di koleksi, terutama 3 pertama. Wah bener-bener sedap banget lah mereka ini, riff gitar yang edun, sound yang kasar nan harmonis, musik yang cepat dan vokalis yang selalu suaranya sedap buat di dengerin. Dan satu lagi aku selalu suka album live mereka, selalu suka !!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar