Senin, 02 Februari 2009

PRISM

Nda banyak yang bisa aku ceritain sebenernya ama band rock ini, sebab otakku nga begitu banyak menyimpan memori tentang band yang sedep ini. yang aku inget ama band ini cuma lagu mereka : Young and Restless pernah aku dengerin dari sebuah kompilasi rock, buatan Billboard kalau kagak salah, casingnya masih yang bening gitu, lagu ini di denger sekitar tahun 1985 atau 1986, gitulah aku juga lupa. Dan kemudian aku juga dengerin lagu - lagu lainnya, hanya nga begitu tertarik dulu, sebab aku di metal. Tapi 2 hari yang lalu ketika bro Steve tanya tentang band ini, yah aku bertanya ama temenku yang di USA sono, si master Don, dan dia mulai deh bercerita. Ah memang tuh master  kagak ada lawannya dah masalah ginian.


Semua bermula dari sebuah band di Vancouver, Kanada, di akhir 60an, buset tua bener nih band, dengan nama THE SEEDS OF TIME, tepatnya sih di tahun 1969, ketika itu ada seorang gitaris bernama LINDSAY MITCHELL, yang tentu saja gitaris dari band Seeds ini menulis sebuah lagu yang menjadi hit di Kanada, judulnya : My Home Town, cuma sayangnya kagak ada yang percaya ama nih band, walau ada sebuah hit yang mereka buat, namun tetap tidak menarik bagi kalangan label maupun penggemar musik rock secara umum, jadi mereka seperti bernama besar tapi sedikit aja orang yang tahu, yah memangkan kala itu rock n roll dan blues lagi toplah, jadi sapa yang mau dengerin musik mereka yang agak berbeda dari biasanya. Dengan rasa kecewa yang mendalam, akhirnya Lindsay membubarkan band ini. Aneh juga memang masa punya hit, tapi hanya sedikit yang suka dengan mereka, tapi yah itulah yang terjadi. Baru sekitar tahun 1974, Lindsay memanggil kembali teman - temannya yang dulu di Seeds untuk membentuk band kembali, nah ini dia nih awal dari Prism ini, jadi Prism ini mungkin cuma ganti nama dari band sebelumnya. Sebab hampir semua anggota band di Seeds ada di Prism ini. 

Dan formasi awal mereka adalah :
Lindsay Mitchell - gitar
Tom Lavin - gitar  selanjutnya : Powder Blues Band
John Hall - keyboard,
Ron Tabak - Vokal
Ab Bryant - bas  selanjutnya : Chilliwack dan Headpins
Jim Vallance ( Rodney Higgs ) - drum  selanjutnya : Bryan Adams Band
Bruce Fairbain - alat tiup ; selanjutnya : jadi produser super edan.
Tom Keenlyside - alat tiup ; selanjutnya : Powder Blues Band

Jadi kalau kita bahas waktu sekarang maka kita merasa kalau band ini isinya asli orang gila semua, semua berkembang jadi orang - orang yang besar di bidangnya terutama Jim V dan Bruce F. Para penggemar musik rock pasti tahulah siapa kedua manusia edan ini. Jim V. penulis lagu brillian bersama dengan si kasep Bryan Adams dan si Bruce F, si produser berbagai artis rock tingkat internasional. Dan Jim V menggantikan namanya menjadi Rodney Higgs ini adalah untuk menutupi dirinya dari teman - temannya, karena dia memang sudah berada dalam sebuah band yang menurutnya tidak mempunyai masa depan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkannya, maka Jim mengganti namanya. Sebuah lagu kemudian di persiapkan oleh band ini, yang dapat di katakan sebagai lagu pertama yang di buat oleh Prism. Sebuah lagu berjudul Open Soul Surgery, akhirnya mereka lempar dulu kepasaran untuk mengetahui bagaimana tanggapan publik terhadap band baru ini, setelah mengetahui mereka mendapatkan tanggapan positif akhirnya merekapun mendapatkan kontrak dari GRT Records, untuk rencana mereka merilis album pertamanya, dan mereka merilis album pertama mereka di tahun 1977 dengan judul : PRISM, sebuah album yang berisi 9 lagu. 

Album ini mendapatkan tanggapan yang positif dari kalangan pecinta musik rock di Kanada, karena memang telah terjadi perubahan besar terhadap dunia musik di tahun - tahun tersebut di mana band - band hard rock sedang berjaya di puncak dunia musik. Prism kemudian merencanakan tur mereka yang pertama di Kanada, hanya saja masalah kemudian timbul, Jim V yang ketakutan "topeng'nya terbuka akhirnya lebih memilih untuk tidak ikut dalam tur ini, dan juga mengundurkan diri sebagai drummer dari band ini. Kemudian Lindsay memanggil temannya dari bandnya terdahulu, Seeds, dan akhirnya Jim digantikan oleh Rocket Norton pada Sepetember 1977. Tur ini memang menuai sukses besar bagi Prism, dan merekapun memperoleh banyak surat dari penggemar fanatik, namun Prism sendiri malah kebingungan untuk menentukan kemana arah musik mereka selanjutnya, dan ini juga membuat para anggota band menjadi bingung dan akhirnya sebagian dari mereka akhirnya mengundurkan diri, mereka yang mundur adalah : Tom Lavin dan Tom Keenlyside yang kemudian membentuk : Powder Blues Band, Ab Bryant yang kemudian membentuk : Chilliwack dan Headpins, serta Bruce Fairbain, yang memilih untuk berkarir didunia musik tanpa bermain musik. Hingga yang tersisa hanyalah 4 orang, dan kemudian Prism mengundang Al Harlow, seorang pemain gitar yang cukup dikenal di kalangan pecinta musik rock Kanada, dan Al akhirnya bergabung, dan di tahun 1978, Prism tak lama kemudian merilis album ke 2 mereka dengan judul : SEE FOREVER EYES. 

Sebuah album yang berisi 10 lagu. Dan dunia musik Kanada pun meledak dengan album ini, sampai Prism akhirnya mendapatkan penghargaan Platinum untuk album ini. Album ini memang laku dengan keras di pasaran sehingga akhirnya merekapun merilis album lainnya sebagai bentuk promosi mereka di radio, dan Live promo ini diberi judul : LIVE TONIGHT, live ini berisi 10 lagu dan dirilis di tahun yang sama yaitu 1978. Karir yang meledak, membuat para anggota band menjadi begitu bersemangat ketika mereka merencanakan sebuah album baru kembali, lagupun di tulis dan pada tahun 1979, merekapun merilis album mereka yang ke 3 dengan judul : ARMAGEDDON. sebuah album yang berisi 8 lagu. Dan lucunya yang menjadi produser untuk album ini adalah....si Bruce Fairbain. Pada waktu itupun memang Bruce telah terkenal dengan tangan dinginnya dalam memproduksi rekaman, dan akhirnya album Armageddon inipun begitu menggila di kanada, amerika dan juga sebagian eropa, 152.000 copies di Kanada, sebuah angka fantastis untuk dunia musik di Kanada. Dan Prismpun mengadakan berbagai macam konser di Kanada dan konser spektakuler yang di jalankan selama waktu 2 minggu ini telah didatangi oleh 18.500 penggemarnya. Kemudian merekapun mulai tur di amerika sebagai band pembuka untuk Meatloaf, dan publik amerikapun memberikan respon yang sangat positif terhadap Prism, dan sebuah angka penjualan 520.000 copies di dapat oleh Prism melalui ketiga albumnya untuk pasar Amerika. dan 2 penghargaan Platinumpun menjadi milik mereka. Dan yang pasti Prism menjadi sebuah band yang di segani di kawasan Kanada maupun Amerika. Setelah mereguk sukses besar dengan album Armageddon, band ini kembali ke studio untuk merekam album mereka yang ke empat, sebuah album yang di rilis tahun 1980, dengan judul : YOUNG AND RESTLESS, 10 lagu di hajar di album ini. Album inipun kembali  mendapatkan respon positif dari para pendengar musik, majalah dan para reviewer di dunia, dan mereka pun mendapat kembali 2 penghargaan Juno, sebuah penghargaan di dunia musik Kanada, dan di tahun yang sama Bruce F, juga mendapat penghargaan sebagai produser terbaik untuk album Armageddon. Dan di tahun ini pula Prism merilis album kompilasi ( best ) mereka yang pertama, dengan judul : ALL THE BEST FROM PRISM, sebuah kompilasi yang berisi 11 lagu, termasuk lagu dari album terbaru mereka : Young and Restless.

Namun setiap band yang menjadi besar akan selalu di dera sebuah masalah yang juga besar, pergolakan mulai terjadi di band asik ini, masalah penulisan lagu, masalah tur yang tidak ada habisnya dan berbagai masalah internal lainnya, membuat band ini menjadi terpecah belah, ah masalah datang ke band keren ini. Dan akhirnya Ron Tabak sang vokalis, mengundurkan dirinya dari band, bagi fans mereka ini merupakan kesalahan terbesar yang ada di Prism, dengan mengijinkan si hebat Ron mengundurkan dirinya. Ron merasa tidak lagi di hargai untuk menulis lagu, sehingga dia kecewa berat dan akhirnyapun dia pergi dari band. Tahun 1981, bulan Juni, Prism kembali ke studio untuk merekam album ke enam mereka, dengan seorang vokalis baru yang bernama : Henry Small. Album dengan judul : SMALL CHANGE akhirnya dirilis, sebuah album dengan 10 lagu. Dan tanggapan penggemar ????? mereka begitu kecewa dengan album baru Prism ini, dengan suara Henry yang tidak se"gagah" Ron, membuat band ini terasa buruk di mata mereka. Begitu juga dengan majalah musik lokal yang memberikan nilai kurang baik bagi album keenam ini, walau banyak yang mengatakan kalau album ini baik, hanya saja para fans merasa kalau album tersebut bukanlah album dari band Prism. Terlihat tanda - tanda bahwa inilah akhir dari band keren ini, di mana para penggemar mulai menjauh, majalah musik menanggapi negatif, konserpun hanya sedikit. Dan akhirnya Prism yang telah kecewa dengan berbagai kesan negatif dari luar band, akhirnya di tahun 1982, merekapun membubarkan diri. Uh sakit bener rasanya yah, udah cape ngebangun nih band, sekarang harus di bubarkan !!!

Sebuah berita baik kembali terdengar di awal 1984, ketika 5 anggota band ini berencana untuk membentuk kembali band Prism ini, hanya saja ketika 4 anggota telah berkumpul bersama mereka menunggu Ron yang belum muncul juga, walau akhirnya dia muncul, hanya saja anggota lainnya begitu terkejut ketika melihat keadaan Ron, Ron yang setelah keluar dari band, mengalami sebuah tekanan depresi dan penyesalan yang hebat, penyesalan karena terlalu arogan ketika dia berada di band Prism. Setelah berkumpul semua, akhirnya mereka memutuskan akan mengembalikan Prism ke dunia musik kembali, segala sesuatunya akan di bicarakan di tahun mendatang, 1985. Tapi manusia berencana, Tuhan yang menentukan jalannya, pada desember 1984, tepatnya tanggal 24, Ron mendapatkan sebuah kecelakaan ketika akan bertemu Al Harlow di rumah Al, kecelakaan terjadi ketika dia dalam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor, dia di tabrak oleh sebuah mobil. Dan akhirnya satu hari setelah natal 1984, Ron meninggal dunia. Kepedihan luar biasa menyelinap ke para anggota Prism, mereka betul betul terpukul dengan kejadian yang tiba - tiba ini, sehingga merekapun akhirnya memutuskan untuk berkabung, menghormati Ron. Masa berkabung ini berjalan selama hampir 3,5 tahun lamanya, sampai akhirnya pada pertengahan tahun 1988, Al, Lindsay dan Rocket mulai kembali ke studio untuk merekam kembali lagu - lagu baru dengan seorang vokalis baru mereka bernama Darcy Deutsch, dan juga Andy Lorimer untuk bagian keyboard. Mereka merekam sebuah single baru, Good To Be Back, hanya saja lagu inipun tidak dapat mengangkat nama mereka ke tempat semula dan kontrakpun sangat sulit di dapatkan. Akhirnya mereka memutuskan untuk merilis album kompilasi mereka yang ke2, sekaligus untuk mengenang teman mereka Ron, sebuah kompilasi akhirnya dirilis di tahun 1988 tersebut dengan judul : OVER 60 MINUTES WITH PRISM, dimana single mereka yang terbarupun mereka masukkan kedalam album kompilasi ini.

Dan dengan kekuatan yang tersisa dari Prism ini, akhirnya di tahun 1992, sebuah kontrak album baru mereka dapatkan, dan di tahun 1993 mereka berhasil merilis album mereka yang baru dengan judul : JERICHO, sebuah album yang berisi 12 lagu. Tanggapan positif mulai mereka dapatkan lagi, sehingga akhirnya merekapun mengelar konser- konser besar sekaligus mengenang kembali teman mereka yang telah pergi, Ron T, setiap konser di awali dengan doa bagi Ron T, mungkin hal ini pulalah yang membuat konser - konser tersebut menjadi begitu sukses, roh Ron selalu dengan mereka. Kemudian di tahun 1996, kembali mereka merilis album kompilasi ke 3 mereka, dengan judul : BEST OF PRISM, sebuah kompilasi berisi 17 lagu. Dan tahun 1997 merekapun merilis double album berjudul : FROM THE VAULT. Dan di tahun 2007 ini mereka berencana untuk merilis album dengan judul : BIG BLACK SKY.

Rilisan Prism :
Prism / album / 1977
1. Spaceship Superstar 
2. Open Soul Surgery 
3. It's Over 
4. Take Me to the Kaptin 
5. Vladivostok
6. Amelia
7. Freewill
8. Julie
9. I Ain't Lookin' Anymore

See Forever Eyes / album / 1978
1. Hello
2. Just Like Me
3. Flyin' lt
4. Take Me Away 
5. See Forever Eyes 
6. Crime Wave
7. You're Like the Wind lt
8. You're My Reason
9. Nickels and Dimes
10. N-N-N-No!

Live Tonight / live / 1978 / radio promo
1. See Forever Eyes
2. Take Me to the Kaptin
3. Open Soul Surgery
4. Freewill
5. Vladivostok
6. You're Like the Wind
7. Flyin'
8. Nickels and Dimes
9. Spaceship Superstar
10. N-N-N-No!

Armageddon / album / 1979
1. Comin' Home
2. Jealousy
3. You Walked Away Again <>
4. Virginia <>
5. Take It or Leave It
6. Armageddon <>
7. Night to Remember <>8. Mirror Man <>

Young And Restless / album / 1980
1. American Music
2. Young and Restless <>
3. Satellite
4. Party Line
5. Acid Rain
6. Another World
7. The Visitor
8. Deception
9. Hideaway
10. Runnin' for Cover

All The Best From Prism / kompilasi / 1980
1. Spaceship Superstar
2. Take Me to the Kaptin
3. It's Over
4. Flyin'
5. Take Me Away
6. See Forever Eyes
7. Cover Girl <>
8. Night to Remember
9. Virginia
10. Young and Restless
11. Armageddon

Small Change / album / 1981
1. Don't Let Him Know <>
2. Turn on Your Radar <>
3. Hole in Paradise
4. Rain <>
5. When Will I See You Again
6. Heart and Soul
7. Stay
8. When Love Goes Wrong
9. In the Jailhouse Now
10. Wings of Love

Over 60 Minutes With Prism / kompilasi / 1988
1. Good To Be Back <>
2. Don't Let Him Know
3. Cover Girl
4. Young and Restless
5. American Music
6. Armageddon
7. Virginia
8. You Walked Away Again
9. Mirror Man
10. Night to Remember
11. See Forever Eyes
12. Flyin'
13. Take Me Away
14. It's Over
15. Open Soul Surgery
16. Take Me to the Kaptin
17. Spaceship Superstar

Jericho / album / 1993
1. Speed of Light
2. Good to be Back
3. Way of the World
4. Stand Up for Love
5. Trouble
6. Jericho
7. Out of My Head
8. (I'm Only) Half a Man
9. (Who Put Those) Things in Your Head
10. Lonely Town
11. Bad News (Travels Fast)
12. Faces on a Train

Best Of Prism / kompilasi / 1996
1. Good To Be Back
2. Don't Let Him Know
3. American Music
4. Party Line
5. Cover Girl
6. Armageddon
7. See Forever Eyes
8. Spaceship Superstar
9. You Walked Away Again
10. Virgini
11. Mirror Man
12. Satellite
13. Turn On Your Radar
14. Night to Remember
15. Flyin'
16. Young and Restless
17. Take Me to the Kaptin

From The Vaults / double album / 1997
1. Fine
2. We Gotta Get Outta Here
3. Rain
4. Cadillac Club
5. Don't Count Me Out
6. Modern Times
7. Dirty Mind
8. Breakin' Away
9. I Don't Wanna Want You
10. Japanese Girl
11. State of the Heart
12. Open Soul Surgery
13. It's Over
14. Take Me Away
15. Comin' Home
16. Another World
17. When Will I See You Again
18. Heart and Soul
19. Stay
20. Is He Better Than Me

Lagu hit dari Prism selama karir :
Lagu - Album
Acid Rain - Young and Restless
American Music - Young and Restless
Armageddon - Armageddon
Comin' Home - Armageddon
Cover Girl - Best of Prism
Deception - Young and Restless
Don't Let Him Know - Small Change
Flyin' - See Forever Eyes
Good to be Back - Jericho
(I'm Only) Half a Man - Jericho
It's Over - Prism
Jericho - Jericho
Mirror Man - Armageddon
Night to Remember - Armageddon
Open Soul Surgery - Prism
Rain - Small Change
Runnin' for Cover - Young and Restless
Satellite - Young and Restless
See Forever Eyes - See Forever Eyes
Spaceship Superstar - Prism
Take Me Away - See Forever Eyes
Take Me to the Kaptin - Prism
Turn on Your Radar - Small Change
Virginia - Armageddon
When Will I See You Again - Small Change
You Walked Away Again - Armageddon
You're Like the Wind - See Forever Eyes
Young and Restless - Young and Restless

Tidak ada komentar:

Posting Komentar