Senin, 02 Februari 2009

PARADOX

Di sebuah kota besar di sebelah selatan, di sebuah negara besar yaitu Jerman, bernama : Würzburg, lahirlah sebuah band baru. Kelahiran band baru ini di tujukan untuk merubah sebuah trend yang ada di negara besar tersebut, Sebuah trend musik metal yang di rasakan oleh para pendiri band ini begitu stabil dan sangat membosankan, karena muncul banyak band dengan sebuah format musik yang itu - itu saja. Musik metal tradisional atau dapat di katakan sebagai Heavy metal memang sedang menjadi buah bibir di berbagai negara di dunia kala itu, juga musik seperti glam rock atau glam metal, menyeruak ke atas permukaan arena musik metal atau rock dunia. Dan band ini berharap mereka bisamembuat sebuah band yang lain dengan trend yang ada. Hingga di suatu hari di tahun 1986, lahir sebuah band baru dengan nama PARADOX ( di singkat PD ). Band ini lahir oleh 2 orang, yaitu : CHARLY STEINHAUER dan AXEL BLAHA. Charly sebagai pemain gitar yang juga merangkap vokal, dan Axel adalah seorang pemain drum. Dua orang ini berasal dari beberapa band yang telah lama mereka bentuk sebelumnya, sejak tahun 1981 mereka berdua selalu bersama dalam berbagai band.

Untuk membentuk sebuah formasi yang lengkap untuk sebuah band, maka Charly dan Axel mengundang 2 orang anggota baru ke dalam band ini, yaitu : MARKUS SPYTH dan ROLAND STAHL. Markus di beri tugas sebagai gitaris dan Roland berperan dalam permainan bas gitar. Setelah kemudian band ini terbentuk dengan formasi lengkap, mulailah mereka melakukan penulisan lagu - lagu dan juga mulai merekamnya. Penulisan lagu pun tidaklah memakan waktu yang banyak, karena memang Charly dan Axel adalah para penulis lagu yang brilian dengan pengalaman yang cukup untuk menulis lagu - lagu baru. Tak lama kemudian, di tahun yang sama juga, 1986, PD merilis sebuah demo, yang di juduli : Demo 1. Setelah demo ini di rilis oleh mereka sendiri, kemudian demo ini mulai tersebar di para penggila musik metal di daerah mereka dan ada beberapa teman mereka yang juga menyebarkannya keluar dari kota Würzburg. Dari sinilah kemudian segala bermula. PD juga mengikuti beberapa konser - konser kecil di berbagai klub ataupun cafe di daerah mereka. Dan tanpa mereka sadari kalau akhirnya demo mereka ini telah menyebar dengan begitu luasnya di Jerman. Penyebaran demo ini akhirnya sampai juga ke sebuah perusahaan rekaman yang cukup punya nama besar kala itu, perusahaan rekaman tersebut bernama : Roadrunner. Singkat kata kemudian Roadrunner serta band ini mengadakan pertemuan dan tentu saja sebuah kontrak rekaman akhirnya mereka dapatkan. PD kemudian menanda tangani kontrak ini di bulan November 1986.

Dengan sebuah kontrak rekaman di tangan, kemudian PD kembali merilis sebuah demo kembali untuk memenuhi permintaan para fans mereka, akhirnya di awal tahun 1987, PD kembali merilis sebuah demo yang berjudul : MYSTERY. Demo baru ini menjadi sebuah batu loncatan bagi PD sendiri sebagai band baru, dengan demo ini PD lebih memperkuat posisinya sebagai sebuah band baru dengan sebuah masa depan yang cerah. Berbagai media dan para penulis serta kritikus musik mulai membahas tentang keberadaan band ini. Berbagai berita serta tulisan dari berbagai penulis musik terkenal sangat memuji demo band ini. Dan sebuah lagu dari band ini kemudian di jadikan lagu pembuka untuk sebuah sample promosi yang berjudul : TEUTONIC INVASION PART 1. Sebuah sample promosi yang berisikan 8 buah band yang masing - masing menyanyikan sebuah lagu, dan PD memasukkan lagu yang berjudul : PRAY TO THE GODZ OF WRATH. Sebuah lagu dari demo mereka yang pertama. Dengan kepercayaan yang sudah menjadi lebih kuat, di bulan Mei 1987, PD kembali memasuki sebuah studio bernama Karo Studio, di kota Munster, untuk merekam sebuah album penuh yang pertama. Album tersebut kemudian akan di beri judul : PRODUCT OF IMAGINATION. Dan akhirnya pada bulan Oktober 1987, barulah Roadrunner merilisnya ke seluruh dunia.

Dan dengan album ini memang PD akhirnya dapat menghantam arena musik metal dengan kerasnya, berbagai media di dunia begitu mengelu - elukan mereka. berbagai pujianpun datang dari berbagai arah, para fans, para penulis maupun pemilik perusahaan rekaman. Mereka begitu tergila - gila dengan band baru ini. Hingga PD, di sebut sebagai "pendatang baru no 1 di arena musik metal dunia" . Berbagai majalah metal dunia, seperti Kerrang, Burrn, Metal Hammer, Rock Hard, Bravo dan sebagainya, begitu memuji musik yang di sebarkan oleh PD. Nama PD kemudian menjadi buah bibir di mana - mana, terutama di jerman sendiri. Mereka di sejajarkan dengan para pendahulu mereka, seperti Scorpions, Accept, Running Wild dsb. Memang hebat mereka yah, dengan album pertama, mereka dapat menguasai arena musik metal dunia. Tak lama setelah album tersebut di rilis kemudian, di tahun 1988 juga, PD mulai melaksanakan tur panjang mereka. Berbagai festival maupun tur mereka lakukan di berbagai negara di Eropa. Mereka berkunjung ke Belanda, di kota Eindhoven, di hadapan 25000 penggila musik metal, di sebuah festival di tahun yang bernama : Dynamo Open Air '88, PD menggoreskan namanya dengan tinta emas atas penampilan mereka yang begitu sukses, kemudian juga mereka mengunjungi Portugal, tepatnya di kota Lisabon, mereka juga bermain di sebuah festival yang bertajuk : Festa Avante. Berbagai konser - konser besar lainnya bersama dengan band seperti : Helloween, Overkill, Tankard, Running Wild, Stormwitch dsb.

Konser berlangsung hampir mendekati akhir tahun 1988, tepatnya sekitar bulan september 1988. Kemudian sesuatu yang tidak pernah di harapkan oleh Charly dan Axel terjadi, seperti biasa sebuah masalah yang sangat klasik bagi sebuah band, pengunduran diri anggota band, sebulan setelah konser, Roland Stahl keluar dari band, dengan alasan Roland ingin berkonsentrasi kepada pekerjaannya. Kemudian Roland di gantikan oleh : MATTHIAS SCHMITT. Belum lagi formasi ini melakukan sesuatu, masalah yang sama kembali terjadi dengan band super keren ini, kali ini Markus Spyth menyatakan pengunduran dirinya tepat 2 bulan setelah Roland keluar. Markus kemudian di gantikan oleh DIETER ROTH. Hingga akhirnya formasi band kembali sempurna. Charly pada gitar dan vokal, Axel pada drum, Dieter pada gitar dan Matthias pada bas gitar. Carly dan Axel yang telah mempersiapkan lagu - lagu baru mulai melakukan rekaman di sebuah studio bernama Music-Lab di kota Munich, Jerman. Rekaman di studio di mulai di bulan Januari tahun 1989, dan baru di bulan Oktober 1989, PD resmi mengeluarkan sebuah album baru yang berjudul : HERESY. Album baru ini kembali mengguncang arena metal musik dunia. Sambutan yang positif kembali di dapat oleh PD, para penggila musik metal kembali mengagungkan nama mereka, para penulis mulai membahas kembali album ini di berbagai majalah musik metal dunia dan para penyelenggara konser musik sibuk untuk mengundang mereka kembali. Tanggapan sangat positif mereka dapatkan dari Jepang, Italy juga Yunani, dan tentu saja Jerman. Di Jepang mereka mendapatkan sebuah pujian sebagai sebuah band metal dari Jerman yang paling baik yang di nilai oleh sebuah majalah metal dari negara matahari terbit ini.

Walaupun PD mendapatkan sebuah pujian atas album barunya tersebut, namun tetap saja Dieter Roth menyatakan pengunduran dirinya. Tepat sebulan setelah album Heresy di rilis, Dieter keluar dari band. kemudian Dieter di gantikan oleh KAI PASEMANN ( wuih namaku ada lagi di sebuah band, setelah di Helloween, hehehehehehe ). kemudian PD kembali mengadakan konser - konser di seluruh dunia. Setelah konser - konser panjang tersebut selesai. Mulailah muncul berbagai macam masalah yang merupakan awal dari sebuah bencana besar bagi band ini. Dalam kurun waktu hampir 10 tahun band ini selalu di dera oleh masalah - masalah yang tak ada habisnya. Hingga dalam kurun waktu tersebut, otomatis PD tidak memiliki kesempatan untuk membuat sebuah album baru sekalipun.

Masalahnya adalah sebagai berikut :
1. Charly mulai merasa kelelahan untuk bermain sebagai gitaris yang merangkap juga menjadi vokalis. Hingga akhirnya dia memutuskan untuk mengundang seorang vokalis untuk bandnya ini. Dalam kurun waktu hampir 10 tahun terjadi 4 kali perubahan vokalis, mulai dari : Stefan Haller, lalu Michael Schmitt, kemudian Peter Motschiedler sampai pada Gunter Niedermeyer. Mereka bergantian keluar masuk PD sebagai vokalis, namun tetap Charly tidak bisa menemukan seorangpun yang cocok bagi bandnya.

2. Charly juga kesulitan untuk menggantikan kejeniusan seorang Kai Pasemann, yang keluar beberapa saat setelah konser selesai. Namun Charly tetap mencari seorang gitaris untuk membantu dirinya dalam band. Pergantian posisi gitaris dalam kurun waktu hampir 10 tahun terjadi sampai 10 kali banyaknya, mulai dari : Fabian Schwarz, Martin Buchmann, Daxx Hömerlein, Werner Wilz, Joe Di Biase, Andreas Meyer, Jochen Glöggler, Micky Wehner, Earl Carter sampai pada Detlef Kernwein. Namun tetap Charly tidak mendapatkan seorang pun yang cocok.

3. Dalam kurun waktu hampir 10 tahun, pemain bas gitar juga mengalami pergantian yang berulang kali, sampai terjadi 8 kali. Charly dan Axel merasakan ketidak cocokan ataupun ketidak puasan dengan para pemain bas gitar ini, di mulai dari : Andi Siegl, Armin Donderer, Marshall Albert, Klaus Lohmeyer, Martin Stark, Brian Sorensen, Rainer Langgut sampai kepada Volker Hartmann. 

4. Begitu juga dengan pemain drum, 3 kali pergantian dalam kurun waktu hampir 10 tahun, di mulai dari : Chris Weiss, Stefan Schwarzmann sampai kepada Udo Klein.

5. Label Roadrunner, mulai kegerahan dengan kelakuan Charly, yang terus menerus melakukan perubahan personil bandnya. Hingga akhirnya label tersebut juga merasa tidak dapat lagi bekerja sama dengan Charly. Begitu juga Charly yang idealis ini merasa label terlalu banyak turut campur dalam urusan internal band. Hingga khirnya kerja sama pun berakhir.

Baru kemudian, setelah hampir 10 tahun sejak Heresy di rilis, tepatnya di tahun 1999, berbagai label yang ada di Jerman, mulai melakukan berbagai macam cara agar band ini dapat kembali ke arena musik metal dunia. Dengan banyaknya label yang tertarik dengan band super keren ini, akhirnya Charly memutuskan untuk mengaktifkan kembali bandnya, Paradox. Kemudian Charly kembali memanggil Kai Pasemann. Kai juga akhirnya menyetujui keinginan Charly tersebut, lalu Charly mengundang 2 orang anggota baru yaitu : OLIVER HOLZWARTH dan ALEX HOLZWARTH. Charly kembali pada vokal dan gitar, Kai pada gitar, Oliver pada bas gitar dan Alex pada drum. Setelah band ini terbentuk kembali, Charly dan kawan - kawan untuk pertama kalinya setelah hampir 10 tahun, di bulan Agustus 1999, di undang untuk konser di sebuah festival musik metal yang sangat terkenal yaitu : Wacken Open Air Festival 1999. Setelah undangan konser tersebut di lakukan, Charly kembali bersemangat untuk membuat sebuah album baru. Tepat 3 bulan setelah konsernya yang terakhir tersebut, PD kembali merekam album barunya. Setelah di studio hampir 6 bulan lamanya, akhirnya di bulan Mei tahun 2000, PD menanda tangani sebuah kontrak dengan label barunya yaitu AFM Records, dan kembali merilis album barunya yang berjudul : COLLISION COURSE di bulan Agustus 2000. Dan kembali tanggapan dari berbagai media dengan album baru ini tetaplah sangat positif. Hanya saja hal tersebut tidaklah menjadikan band ini mendapat tawaran konser dengan mudah. Baru di bulan Juni tahun 2001, PD mengadakan konser di sebuah festival musik metal, yang bernama : Bang Your Head Festival. Setelah konser ini selesai, kemudian band ini pun rehat untuk sejenak. Namun kembali bencana menghantam band ini, kali ini yang mendapat masalah adalah sang pendiri band ini, yaitu Charly. Dalam kurun waktu hampir 4 tahun lamanya, Charly di rundung berbagai macam bencana, dan bencana yang paling memukul jiwanya adalah kematian dari berbagai saudaranya mulai dari kematian istri tercinta, neneknya, kemudian mertuanya dan terakhir ayahnya. Dengan bencana tersebut kemudian kondisi kesehatan Charlypun mulai terganggu, dia mengidap berbagai macam penyakit yang membuatnya harus menjalankan beberapa kali operasi yang hampir membuatnya kehilangan nyawa. Hingga otomatis dengan berbagai bencana tersebut, hampir 4 tahun lamanya PD sama sekali tidak melakukan kegiatan apapun.

Baru kemudian di tahun 2005, setelah Charly sembuh dari penyakitnya, band ini kembali menemukan jalannya, Charly kembali menghubungi Kai Pasemann yang begitu setia kepada band ini. Dan akhirnya kembali Charly menghidupkan bandnya bersama dengan Kai, dan di tambah dengan 2 orang anggota baru yaitu : ROLAND KELLER dan ROLAND JAHODA. Keller pada bas gitar dan Jahoda pada drum. Dengan formasi lengkap ini kemudian di tahun 2006, PD kembali di undang untuk bermain di sebuah festival yang bernama : Keep It True VI, sebuah festival musik metal di Jerman yang di adakan oleh sebuah label metal yang sangat terkenal di Jerman yang bernama : HELLION Records. Dan di akhir tahun 2006 PD kembali memasuki studio untuk merekam sebuah album baru. Dan semoga album ini akan jadi di rilis, yang rencananya akan dirilis tahun 2007, dengan judul : ELECTRIFY. Ah semoga aja album ini jadi di rilis oleh PD. Hope so Charly.

Rilisan Paradox :
1. Demo 1
Demo / 1986 / self released
Track :
Opening Theme
Pray to the Gods of Wrath
Kill That Beast
Paradox
Execution
Death, Screaming & Pain
No Place to Survive

2. Mystery
Demo / 1987 / self released / 2 macam cover
Track :
Asturias / Beyond space
Mystery
Execution
Invasion
Kill that beast
Product of imagination
Death, screaming and pain (Live-version)
Wotan ( Der Wahnwitzige )

3. Product Of Imagination
Album / 1987 / Roadrunner Records
Re rilis 1999 oleh High Vaultage Records, Jerman
Track :
Opening Theme
Paradox
Death, Screaming And Pain
Product Of Imagination
Continuation Of Invasion
Mystery
Kill That Beast
Pray To The Godz Of Wrath
Beyond Space
Wotan II

4. Heresy
Album / 1989 / Roadrunner Records
Re rilis 1999 oleh High Vaultage Records, Jerman
Track :
Heresy
Search For Perfection
Killtime
Crusaders Revenge
The Burning
Massacre Of The Cathars
Serenity
700 Years On
Castle In The Wind

5. Collision Course
Album / 2000 / AFM Records
Track :
Decade of Sorrow
Collision Course
Rearrange the Past
Path of Denial
Saviour
Blamed For Nothing
Prostitution of Society
Shattered Illusions
Sadness
Overshadowed
Dynamite ( Scorpions cover as a bonus track )

Dan bagiku sendiri Paradox mempunyai sebuah tempat khusus di hati. Sebuah band yang aku sebut sebagai sebuah band metal yang memiliki sound yang sangat "eropa". Dan mereka dapat di katakan menjadi sebuah band yang begitu di gandrungi terutama setelah album Heresy di lempar ke dalam arena musik metal dunia, memang itu sebuah album yang begitu hebat dan keren, di mana kecepatan sebuah musik metal di gabung dengan sebuah unsur power metal hingga menghasilkan sebuah musik yang begitu lebih melodius di bandingkan dengan band - band yang sejenis dengan mereka. Dan yang pasti pernah ada kasetnya di Indonesia melalui Kings Records.

Data tambahan :
Beberapa album kompilasi dengan band lain seperti pada kompilasi :
TEUTONIC INVASION PART I
Bersama dengan 7 band lainnya seperti Violent Force, Crows dsb
Dirilis 1987 oleh Rock Hard Magazine, Jerman

STARS ON THRASH
Bersama 14 band lainnya seperti : DRI, Flotsam & Jetsam, Pestilence, Toxik, Gothic Slam dsb
Dirilis 1988 oleh Roadrunner Records
Dirilis di Indonesia berupa kaset oleh Kings Records.

THRASH THE WALL
Bersama 13 band lainnya seperti : King Diamond, Xentrix, Gang Green, Obituary, Motorhead dsb
Dirilis 1990 oleh Roadrunner Records
Dirilis di Indonesia berupa kaset oleh Kings Records.

TRIBUTE TO SCORPIONS
Bersama 18 band lainnya seperti : Sinergy, Agent Steel, Prolopower, Custard, Rough Silk dsb
Dirilis 2000 oleh Nuclear Blast Records

TRIBUTE TO ABBA
Bersama 13 band lainnya seperti : Sargant Fury, Therion, Morgana Lefay, At Vance, Tad Morose dsb
Dirilis 2001 oleh Nuclear Blast Records

Tidak ada komentar:

Posting Komentar