Senin, 02 Februari 2009

MORTAL SIN

Sydney, Australia, di sebuah kalender di tahun tersebut menunjukkan angka 1985. Di sebelah barat kota besar ini, lahirlah sebuah band baru, band baru yang sangat di pengaruhi oleh sebuah nama besar di blantika musik metal dunia. Pengaruh Metallica memang sangat besar pada band yang satu ini. Album Kill 'Em All menjadi santapan sehari - hari para anggota band baru ini, sebelum akhirnya mereka berkumpul dan berkeinginan untuk membentuk sebuah band. Dan akhirnya memang sebuah band terbentuk dengan 5 orang anggotanya. Formasi pertama band ini adalah : MAT MAURER, PAUL CARWANA, KEITH KRSTIN, ANDY EFTICHIOU dan WAYNE CAMPBELL. Mat pada vokal, Paul pada gitar, Keith pada gitar, Andy pada bas gitar dan Wayne pada drum. Setelah terbentuk dengan sempurna, kemudian band ini mulai melakukan penulisan lagu - lagu. Penulisan lagu ini memakan waktu cukup lama, karena minimnya pengalaman dalam penulisan lagu dan segalanya juga di lakukan oleh mereka sendiri. Akhirnya baru pada akhir tahun 1986, mereka mulai merekam lagu - lagu mereka di sebuah studio di pusat kota Sydney. Dan tak lama kemudian, Mortal Sin ( disingkat MS ), tepatnya di tahun 1987, MS merilis album pertama mereka yang berjudul : MAYHEMIC DESTRUCTION. Sebuah album yang sangat terpengaruh oleh Metallica, hanya saja mereka lebih menonjolkan elemen thrash metal yang begitu kasar.

Album ini dengan cepat dapat merasuki para penggila musik metal di Australia, karena memang di tahun tersebut, Australia sedang di landa oleh musik - musik ekstrim, dan salah satunya adalah genre Thrash metal, yang juga di usung oleh MS ini. Hingga tanpa menunggu lama, nama MS mulai terdengar di seluruh Australia. Hal ini tak lepas dari bantuan media radio serta para penulis musik metal lokal yang memberikan pujian atas album mereka ini. Dengan berbagai pujian tersebut, sebuah major label sangat tertarik dengan band yang satu ini, kemudian label ini mengajukan sebuah undangan untuk bertemu. Label ini bernama Phonogram. Singkat kata kemudian MS pun  mendapatkan sebuah kontrak. Tak lama kemudian tepatnya 1 tahun setelah MS merilis album mereka yang pertama, Phonogram pun kemudian merilis ulang album yang sama. Dan kemudian di sebarkan ke seluruh dunia. Hasilnya, MS kemudian menjadi sebuah band baru yang memiliki taring cukup tajam di arena musik metal dunia. Berbagai media maupun para penggila musik metal mulai membicarakan band yang satu ini. Dengan nama band yang semakin terkenal, tetap saja hal itu tidaklah dapat menjadi band ini bersatu dengan baik. Masalah klasik sebuah band kemudian timbul, tak lama setelah album ini di rilis oleh Phonogram. Di tahun 1988, tanpa di sangka, secara tiba - tiba, Keith Krstin mengajukan keluar dari band ini. Walau dengan berat hati para anggota band lain menyetujui, namun Keith tidak memberikan alasannya. Lalu anggota band berembuk dan memutuskan untuk memilih seorang pengganti Keith. Dan akhirnya pilihan jatuh kepada seseorang mantan dari sebuah band yang bernama : Slaughter Lord, yaitu : MICK BURKE. Setelah formasi kembali sempurna, MS merilis sebuah Ep yang berjudul : FACE OF DESPAIR. Sebuah single yang di buat di Inggris sebagai sebuah single promo untuk album mereka yang baru nanti.

Dengan formasi baru ini pula, memasuki tahun 1989, MS mulai menunjukkan taringnya di berbagai konser, dan MS mendapat tugas untuk menjadi band pembuka bagi band idola mereka yaitu : Metallica. Setelah selesai dengan tugasnya, MS merilis sebuah single yang berjudul : VOYAGE OF THE DISTURBED. Sebuah single yang berisi 3 lagu live dan sebuah lagu biasa. Tak lama setelah merilis single ini, barulah MS merilis sebuah album kembali yang berjudul : FACE OF DESPAIR. Tak lama setelah album ini di rilis, kembali lagi MS di dera sebuah masalah anggota band. Kali ini sang drummer, Wayne Campbell, mengajukan pengunduran dirinya dari band keren ini. Dan tanpa menunggu lama, kembali MS menggantikan posisi Wayne dengan seseorang yang juga mantan dari band Slaughter Lord yaitu : STEVE HUGHES. Formasi band kembali menjadi sempurna, kemudian dengan formasi baru tersebut, MS mulai melakukan tur - tur panjang kembali, kali ini MS melakukan tur dengan beberapa band - band besar, seperti : Metallica, Testament serta Faith No More. Tur - tur panjang ini juga sampai ke negara - negara besar di eropa.

Di tahun 1990, setelah tur - tur panjang tersebut selesai dan MS kemudian merilis sebuah album live dengan format VHS, yang berjudul : FACE OF MAYHEM - LIVE. Tak lama kemudian MS merilis sebuah single kembali yang berjudul : I AM IMMORTAL, lalu menyusul sebuah demo yang hanya berjudul : 1990 DEMO. Namun setelah semua rilisan tersebut selesai, permasalahan anggota band kembali timbul, kali ini datang dari sang vokalis Mat Maurer. Mat merasakan kalau formasi band yang sekarang ini sangat tidak sesuai dengan seleranya, hingga Mat terlihat sangat stress untuk bermain dengan mereka. Setelah tak tertahankan lagi, akhirnya Mat memilih mengundurkan diri dari band ini. Dan band ini kemudian dalam keadaan vakum. Semua anggota band merasa sangat kecewa dengan keputusan Mat tersebut. Hingga akhirnya semua anggota memilih untuk rehat untuk sementara. Begitu juga dengan label mereka, Phonogram, label ini pula pergi meninggalkan MS. Nafas band ini kembali terdeteksi di tahun 1991, ketika Andy Eftichiou, dengan semangat tinggi ingin kembali membentuk band ini, namun anggota lainnya masih merasa trauma dengan apa yang terjadi beberapa bulan sebelumnya, hingga akhirnya Andy berjuang sendiri untuk membentuk bandini. Andy mulai menyusun sebuah formasi yang sama sekali baru, formasi tersebut terdiri dari : Andy Eftichiou, STEVE SLY, TOM DOSTOUPIL, DAVE DeFRANCESCO dan NASH HALL. Andy tetap pada bas gitar, Steve pada vokal, Tom pada gitar, Dave pada gitar dan Nash pada drum.

Formasi yang baru ini kemudian merilis sebuah single di tahun 1991, melalui Virgin Records Australia, yang berjudul : EVERY DOG HAS ITS DAY. Single ini hanya beredar untuk Australia saja. Dan tak lama kemudian, MS merilis album baru mereka yang berjudul sama dengan single terakhir mereka, Every Dog Has Its Day. Dan album ini di rilis oleh sebuah indie label yang bernama : Under One Flag Records. Hanya saja tanggapan para fans dan media sangatlah tidak mendukung untuk keberadaan formasi band ini, para fans dan media memberikan tanggapan negatif atas album ini, dan tentu saja akhirnya album inipun mengalami tingkat penjualan yang sangat buruk, baik di Australia sendiri maupun di dunia. Hingga akhirnya di tahun 1992, MS di bubarkan oleh Andy. Dia sangat kecewa dengan hasil yang di peroleh dengan album ini. Memang berat juga bagi dia yah.

Empat tahun kemudian, tepatnya di akhir tahun 1996, MS kembali di bentuk oleh para anggota aslinya, setelah mereka semua mendapatkan desakan dari para fans maupun dari label - label indie di Australia. Dan akhirnya band ini kembali terbentuk, dengan formasi : Mat Maurer, Wayne Campbell, Andy Eftichiou, Paul Carwana dan seorang anggota baru yaitu : ANTHONY HOFFMAN. Namun tak lama kemudian, karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, Wayne kembali keluar dari band, dan di gantikan oleh : TROY SCERRI. Dengan formasi baru ini kemudian MS memulai kembali penulisan lagu, dan di tahun 1998, MS merilis sebuah Ep yang berjudul : REVOLUTION OF THE MIND. Sebuah ep yang memuat lagu - lagu awal dari band serta demo - demo yang di rekam ulang dan 2 buah lagu yang benar - benar baru. Kemudian band inipun kembali mengadakan konser - konser di seluruh Australia. Dan semua kembali berakhir di bulan september 1998. Setelah konser selesai begitu juga dengan band ini, MS kembali vakum dari kancah musik metal dunia untuk kedua kalinya.

Baru kemudian di awal tahun 2004, mulai terdengar kembali kabar dari band super sedap ini, mereka akan mengadakan sebuah konser kembali. Sebuah konser akan digelar dengan formasi : Mat Maurer, Wayne Campbell, Andy Eftichiou dan dua orang anggota baru untuk posisi gitaris dari sebuah band bernama : Addictive, bernama : JOE BUTTGIEG dan MICK SULTANA. Dan kemudian konser di gelar dan tak lama kemudian MS merilis sebuah live album dengan format dvd yang berjudul : OUT OF THE DARKNESS. Sebuah dvd yang memuat perjalanan konser mereka selama 6 tahun, termasuk konser di tahun 2004 tersebut. Di tahun 2005, MS mendapatkan penghargaan untuk masuk kedalam Hall Of Fame versi Australia. Tak lama setelah mendapatkan penghargaan tersebut, kembali MS di dera masalah yang itu itu juga, kali ini Wayne dan Joe Buttgieg mengajukan keluar dari band ini. Apa maunya si wayne ini, keluar masuk terus. Dan mereka kemudian di gantikan oleh LUKE COOK pada posisi drum dan NATHAN SHEA pada posisi gitar. 2 bulan kemudian dengan formasi barunya, MS mengadakan tur dengan sebuah band Amerika keren bernama : Anthrax. Selesai dengan tur tersebut kemudian MS, di tahun 2006, merilis sebuah demo dan kemudian sebuah Ep yang berjudul : OUT OF THE DARKNESS. Setelah di rilis kemudian MS mengadakan sebuah tur ke Jerman untuk bermain di sebuah festival musik metal yang sangat terkenal, Wacken Open Air Festival di Hamburg. Setelah kembali dari konser tersebut, kemudian MS bersiap - siap untuk merilis album baru, dan akhirnya di bulan mei tahun 2007, MS secara resmi merilis album baru yang berjudul : AN  ABSENCE OF FAITH.

Rilisan Mortal Sin :
1. Mayhemic Destruction
Album / 1987 / Mega Metal Records
Re rilis 1988 oleh Phonogram Records
Track :
The Curse
Women In Leather
Lebanon
Liar
Blood, Death, Hatred
Mortal Slaughter
Into The Fire
Mayhemic Destruction

2. Face of Despair
Ep / 1988 / Vertigo Records
Track :
I Am Immortal
For Richer, For Poorer
Martyrs of Eternity
Voyage of Disturbed

3. Voyage of the Disturbed
Single / 1989 / Vertigo Records
Track :
Voyage Of The Disturbed
Voyage Of The Disturbed
For Richer For Poorer
Terminal Reward

4. Face of Despair
Album / 1989 / Vertigo Records
Track :
I Am Immortal
Voyage Of The Disturbed
The Infantry Corps
For Richer For Poorer
Martyrs Of Eternity
Innocent Torture
Suspended Animation
H
Terminal Reward
Robbie Soles

5. Face Of Mayhem - Live
VHS / 1990 / Phonogram Records
Track :
H
Lebanon
Terminal Reward
Woman In Leather
Martyrs Of Eternity
For Richer For Poorer
Voyage Of The Disturbed
I Am Immortal

6. I Am Immortal
Single / 1990 / Vertigo Records
Track :
I Am Immortal
Lebanon (live)
Voyage Of The Disturbed (live)

7. 1990 Demo
Demo / 1990 / self released
Track :
Access Denied
Violation of your Privacy

8. Every Dog Has Its Day
Single / 1991 / Virgin Records
Track :
Every Dog Has Its Day
See No Evil

9. Every Dog Has Its Day
Called Rebellious Youth di Australia
Album / 1991 / Under One Flag Records
Track :
Inside Out
Access Denied
Every Dog Has its Day
Behind the Lies
Wasted Days
From the Gutter to the Grave
Side Effect
Blackout
See No Evil
The Price of Peace
Rebellious Youth
Why ?

10. Revolution of the Mind
Ep / 1998 / Mega Metal Records
Re rilis 2000 oleh Battlegod Production
Track :
Revolution of the Mind
Voices
Lebanon
Terminal Reward
Access Denied
Violation of Your Privacy
H
Voyage of the Disturbed

11. Out Of The Darkness
Dvd / 2004 / self released
Live in concert
Live Footage
Video Clips
Interview
Track :
Out Of The Darkness
Nightmare
H
Lebanon
Rise Or Fall
The Infantry Corps
All About You
I Am Immortal
Mayhemic Destruction

12. Demo 2005
Demo / 2005 / unkonwn
Track :
Lost
Out Of The Darkness
Rise Or Fall

13. Pre-Production Demo
Demo / 2006 / unkonwn
Track :
Lost Within
My Nightmare
Rise Or Fall
Deadman Walking
Tears Of Redemption(Lebanon Part 2)
Say Your Prayers
Before The Bough Breaks
Eye In The Sky
Broken Promises

14. Out Of The Darkness
Ep / 2006 / self released
Track :
Out Of The Darkness
Lebanon (live)
I Am Immortal (live)
Mayhemic Destruction (live

15. An Absence Of Faith
Album / 2007 / Mega Metal Records
Track :
Out Of The Darkness
Before The Bough Breaks
Tears Of Redemption
Deadman Walking
Lost Within
Say Your Prayers
Eye In The Sky
Rise Or Fall
My Nightmare
Broken Promises

Dan bagiku mereka adalah sebuah band asal Australia di daftar no 2 setelah AC / DC. AC/DC di bagian hard rocknya dan Mortal Sin untuk bagian metalnya. Mortal Sin juga merupakan sebuah band yang begitu menarik untuk di cermati dan juga patut untuk di koleksi albumnya, terutama tentu saja album Mayhemic serta Face. Yang mana album Face pernah di rilis di Indonesia berupa kaset oleh Kings Records. Sebuah album yang sangat sangat patut untuk di miliki, dengan sebuah musik heavy metal sebagai akarnya, di tambahkan sebuah elemen ekstrim pada musiknya, terutama thrash metal. Hingga album ini begitu gurih untuk di nikmati.

Listen to them once and you will know how a "sin" should be sound !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar