Senin, 02 Februari 2009

MAD MAX



"Lah kaset apaan lagi nih ? kataku dalam hati, ketika di suatu sore aku di tawari sebuah kaset baru oleh bos tempat aku kerja sambil main di sebuah toko kaset kecil di sukabumi, nama tokonya juga keren loh, kayak nama band : Alaska. Ketika aku jaga toko pada sore itu, bos ku yang tadi siangnya baru aja pilih - pilih kaset di mobil, ngabarin kalau ada kaset baru, biasa rekaman dari label favorit aku, Rockshot !!! Dan ketika aku datang sorenya ke toko, tuh kaset langsung aku lihat, nama bandnya : MAD MAX. Walah nama band ? atau ini teh kaset soundtrack pelem si Mel Gibson, ah tapi judul albumnya : Stormchild, ah berarti bukan soundtrack lah. Ah nga nunggu lama kemudian aku masukkin kasetnya ke sebuah tape deck merek Sony, yang beratnya kayak setan, udah gede lagi, tapi memang suaranya sedap tuh deck. Dan kaset pun berputar, cessssss!!! dan wuih sedap juga nih lagu si Gila Max ini, walau nga metal - metal amat sih, tapi ada sesuatu yang bikin band ini sedap. Mereka campurin sebuah musik hard rock dengan elemen "tradisional" metal, yaitu heavy sound.

Mad Max, lahir di akhir tahun 1981, di sebuah kota yang cukup besar yang bernama : Munster, sebuah kota di negara Jerman. Jerman lagi, jerman lagi, memang nih negara asik bener dalam melahirkan band - band metal super keren. Seorang pemuda yang juga pemain gitar, sedang berkumpul bersama dengan 4 orang temannya. Mereka berkumpul dalam rangka membahas band - band metal kegemaran mereka. Memang di tahun tersebut NWOBHM sedang menghantam semua negara eropa termasuk Jerman, band - band NWOBHM begitu di cintai oleh para pemuda ini.  Kegilaan terhadap musik ini membuat mereka begitu akrab satu sama lain, dan sang gitaris tadi kemudian menyatakan rencanannya untuk membuat sebuah band metal, tentu saja rencana ini di tanggapi positif oleh para temannya dan akhirnya kesepakatan pembentukan ini di lakukan oleh 5 orang pemuda ini. Sang gitaris tadi bernama : JURGEN BREFORTH dan ke 4 temannya adalah : ANDREAS BASSLER, WILFRED SCHNEIDER, THOMAS HOFFMAN dan UWE STARK. Formasipun kemudian di bentuk, Jurgen pada gitar, Andreas pada vokal, Wilfred juga pada gitar, Thomas pada bas gitar dan Uwe pada drum. Dan formasi inilah awal dari band keren ini, tak lama setelah terbentuk Mad Max kemudian memulai penulisan lagu, kemudian merekamnya dan akhirnya di tahun 1982, mereka merilis sendiri album pertama, album tersebut berjudul sama dengan nama band mereka yaitu : MAD MAX. Dan setelah sekian lama, tentu saja album ini belum mendapatkan tanggapan yang baik dari para penggemar musik rock maupun para media setempat, mungkin karena keterbatasan distribusilah yang menjadi kendala mereka. Hanya saja hal ini di tanggapi berbeda oleh para anggota band, ada yang bertahan dan ada pula yang memilih mengundurkan diri dari band. Anggota band yang mengundurkan diri adalah : Andreas B dan Thomas H, dan tempat merekapun di gantikan oleh : JURGEN SANDER dan sang manusia super hebat, MICHAEL VOSS. Jurgen di posisi bas gitar dan Michael tentu saja di bagian vokal. Dan formasipun menjadi lengkap kembali. Ah dasar memang manusia kagak sabaran yah 2 orang tadi, sebuah label kecil kemudian merasa tertarik dengan band ini, label tersebut bernama : Roof Music. Label inilah yang kemudian merilis kembali album mereka yang pertama dan juga label ini memperluas jangkauan distribusi untuk album tersebut. 

Dan disinlah kemudian Mad Max mendapatkan sebuah peluang untuk menjadi dikenal di negara mereka. Distribusi yang baik serta luas, memang membuat Mad Max menjadi semakin di kenal oleh para penggila musik metal, hingga akhirnya pada suatu hari Mad Max di undang untuk datang ke sebuah tempat untuk membicarakan masalah kontrak, lalu Mad Max pun datang, dan merekapun terkejut karena label yang akan membicarakan kontrak adalah sebuah label yang cukup luas dikenal di kalangan penggila musik metal, label tersebut adalah : ROADRUNNER Records. Dan akhirnya kontrakpun di dapat oleh Mad Max, tanpa menunggu lama akhirnya Mad Max merilis album baru mereka, dengan label baru, yang berjudul : ROLLIN' THUNDER. Setelah pindah ke label ini, memang nama Mad Max sedikit lebih luas terdengar, di seluruh Jerman maupun di berbagai negara besar yang merilis label Roadrunner ini. Beberapa konser kecil pun di lakukan oleh Mad Max.  Namun tetap saja hal ini tidak membawa kepuasan untuk sebagian anggota bandnya, mungkin mereka ingin cepat terkenal kali yah ! ah dasar manusia. Ketidak puasan inipun akhirnya sampai puncaknya dengan Mad Max kembali kehilangan anggotanya, kali ini yang keluar dari band adalah : Wilfred, Jurgen Sander dan Uwe. Jadi  Mad Max hanya bersisa 2 orang saja. Untuk itu kemudian Jurgen Breforth dan Voss mengundang anggota band baru, karena mereka tetap ingin Mad Max tetap hidup, dan akhirnya masuklah : CHRISTOPHER WEGMANN, ROLAND BERGMANN dan AXEL KRUSE. Christopher pada gitar, Roland pada bas gitar dan Axel pada drum. Nah ini dia formasi yang menurutku paling sedap dan dashyat di perjalanan Mad Max.

Tak lama setelah formasi baru terbentuk, di tahun 1985, Mad Max kembali merilis sebuah album baru yang berjudul : STORMCHILD. Ah ini dia album yang paling aku suka dengan amat amat sangat. Sebuah album yang benar benar melodik metal dah. Setelah dirilis di sinilah nama Mad Max semakin membesar dengan cepat, memang album ini dapat di katakan sebagai masterpiece pertama mereka. Dan juga di tahun tersebut sangatlah banyak band - band dengan jenis musik yang sama, memang pada masa itu sedang topnya band - band dengan jenis musik ini. Hingga hal ini juga membantu Mad Max dalam meraih dan menjangkau para penggemar lebih luas lagi. Berbagai konserpun akhirnya di lakukan oleh Mad Max, ke Jerman, USA, Jepang serta beberapa negara di eropa. Setelah konser selesai mereka kemudian memulai kembali penulisan lagu baru, dan tak lama kemudian mereka merilis sebuah single, sebelum merilis album mereka yang terbaru, single ini dirilis di tahun 1986, dengan judul : FOX ON THE RUN. Setelah single dirilis, Mad Max mendapat sebuah masalah internal kembali, kali ini sang gitaris Christopher, mengajukan pengunduran diri dari band, hanya saja kabar yang ada mengatakan kalau keluarnya gitaris ini karena perselisihan dengan sang vokalis Michael Voss, entah apa yang sebenarnya terjadi, hanya memang kemudian Christopher tetap keluar dari band. Namun hal ini tidak menyurutkan keinginan band untuk tetap merekam lagu - lagu baru mereka untuk album mereka yang terbaru. Dan disini Jurgen serta anggota band lainnya sepakat untuk tidak menambah anggota baru lagi, jadi hanya 4 orang saja yang ada di band keren ini.

Kemudian setahun kemudian setelah single dirilis, Mad Max merilis album mereka yang terbaru dengan judul : NIGHT OF PASSION, ah ini juga sebuah album yang sedap juga buat di dengerin, dan rasanya ini juga adalah album mereka yang terbaik kedua setelah Stormchild. Namun sayang album ini pulalah yang membuat anggota band Mad Max malah menjadi sulit untuk menjalin kerja sama sebagai band. Keretakan mulai terlihat sejak di rilis album terbaru mereka tersebut, masing - masing anggota berkeinginan untuk memulai sesuatu yang baru. Pergantian personel yang selalu terjadi hampir di setiap rilisan album, konser - konser yang begitu sedikit di lakukan mereka, arah musik metal dunia yang sudah mulai berubah dan juga label tempat mereka bernaung terlihat tidak lagi mendukung Mad Max secara penuh. Hingga akhirnya di tahun 1988, dengan resmi band ini di bubarkan. Ah sayang memang yah, padahal band ini merupakan salah satu dari sekian banyak band Jerman yang dapat di katakan sebagai "trigger" untuk urusan musik melodik metal. Jadi dapat dikatakan mereka adalah satu satu "penemu" untuk musik tersebut.

Setelah bubar, para anggota band memulai kegiatan mereka masing - masing, terutama Voss dan Axel. Voss membentuk Casanova kemudian Demon Drive. Axel membentuk band Jaded Heart. Semua ini memakan waktu hampir 11 tahun lamanya, sebelum Mad Max kembali ke dalam arena  musik metal. Suatu hari di tahun 1999, Jurgen sang pendiri Mad Max mengadakan sebuah pertemuan dengan Michael Voss, keduanya membahas kemungkinan untuk membentuk kembali band mereka yang lama, Mad Max. Dan tak di sangka Voss mengatakan persetujuannya. Hanya saja ketika mereka memberi tahukan kabar baik ini dan mengajak kembali anggota lain untuk bergabung, Roland dan Axel tidak bersedia untuk bergabung kembali. Walau Voss dan Jurgen sedikit kecewa namun, yah mau di bilang apa lagi !! Akhirnya dengan kemauan keras untuk tetap membangun band ini kembali akhirnya Voss dan Jurgen mengundang 2 anggota baru, yaitu : YOGI SPITTKA dan CARSTEN TISCHER. Yogi pada bas gitar dan Carsten pada drum. Band inipun tidak mau menunggu lama lagi, setelah merekam lagu - lagu baru, akhirnya di tahun 2000, Mad Max merilis album baru mereka yang terbaru dengan judul : NEVER SAY NEVER. Kali ini album Mad Max tidak lagi di rilis oleh label mereka terdahulu melainkan oleh sebuah independent label dari Jerman, bernama Point Music. Hanya saja berbagai tanggapan muncul dengan album baru ini, yang pasti para fans Mad Max sendiri merasa tidak puas dengan album terbaru mereka tersebut, juga para media yang memberi penilaian buruk bagi album ini serta berbagai kendalapun harus di hadapi oleh Mad Max. Hingga akhirnya kemudian Mad Max kembali vakum dari arena musik metal dunia. Walah opo maune nih band, muncul bubar, terus muncul bubar lagi juga akhirnya.

Lima tahun kemudian, di tahun 2005, sebuah label besar di Jerman, bernama AOR Heaven, begitu berharap agak Mad Max bersuara kembali di arena musik metal di dunia. Jurgen dan Voss yang memang telah bersama sebelumnya di album Never, memang sangat berkeinginan untuk membangun kembali Mad Max, hanya saja mereka sangat berharap 2 anggota Mad Max yang terdahulu juga bergabung dengan mereka, yaitu Roland dan Axel. Kali ini sang label turun tangan untuk mempertemukan ke 4 orang super edan nan jenius ini. Dan di suatu hari, akhirnya mereka semua bertemu dan berkumpul untuk membicarakan kemungkinan membentuk kembali formasi Mad Max seperti di tahun 1988 dahulu. Dan tak di sangka, Roland dan Axel pun setuju. Hip hip Hurray. hip hip hurray. Akhirnya band jenius inipun bersatu kembali dengan formasi seperti di tahun 1988. Dan di tahun berikutnya, Januari 2006, Mad Max merilis album mereka yang baru dengan judul : NIGHT OF WHITE ROCK, dan tentu saja di rilis oleh AOR Heaven. Dan tak lama setelah album di rilis, kemudian Mad Max merilis kembali sebuah Ep, tepatnya di September 2006, dengan judul : IN WHITE. Hanya saja aku sendiri belum punya nih Ep. Denger kabarnya, ada yang bilang semua lagu di ep ini di nyanyikan secara akustik, ada pula yang bilang cuma lagu : Lonely is the hunter aja yang di nyanyiin secara akustik. Ah sialan bikin penasaran aja.

Setelah ep beredar, band yang sedang bersemangat ini, kembali meluncurkan album baru mereka di Februari 2007, dengan judul : WHITE SANDS. Satu hal yang bikin aku rada penasaran dengan kembalinya si band super keren ini, di semua judul albumnya selalu aja ada kata "White". Mungkin mereka ingin sesuatu yang lebih terasa "religius" gitu kali yah. Tapi yang pasti kembalinya Mad Max ke arena musik metal memang sangat di tunggu para fansnya, apalagi dengan formasi seperti dulu. Wah udah lah di jamin sedep bener musiknya. Dan semoga mereka terus "jalan".

Rilisan Mad Max :
1. Mad Max
Album / 1982 / self released
Re rilis 1983 oleh Roof Music
Track :
Free Will
Night Train To Paris
Can't Live Without You
Hard Days, Lonely Nights
Shake Some Action
Working Overtime
No Remedies
Barbarians
Wheel Of Fortune

2. Rollin' Thunder
Album / 1984 / Roadrunner Records
Track :
Fly Fly Away
Evil Message
Losing You
Stranger
Yours Sincerely
Shout And Cry
Rollin' Thunder
Riding Through The Night
Thoughts Of A Dying Man

3. Stormchild
Album / 1985 / Roadrunner Records
Re rilis 1998 oleh Axe Killer Records, France
Track :
Never Say Never
Run For The Night
Lonely Is The Hunter
Stormchild
Love Chains
Return Of The Hunter
Rollin' The Dice
Restless Survivor
Heroes Die Lonely
Voices In The Night

5. Fox On The Run
Single / 1986 / Roadrunner Records
Track :
Fox On The Run ( Sweet cover )
Lonely Is The Hunter
Can't Stop Taking

6. Night Of Passion
Album / 1987 / Roadrunner Records
Re rilis 2001 oleh Point Music, Jerman
Track :
Burning The Stage
Wait For The Night
R.I.P.
Dive Through The Sky
Wild And Seventeen
Hearts On Fire
Love Loaded
Night Of Passion
Starcrossed Lovers
Fox On The Run

7. Never Say Never
Album / 1999 / Point Music
Rilis 2001 oleh Nippon Crown Records, Judul : Criminal Religion
Track :
Criminal Religion
Neverending Nightmare
Womanizer
Mister Cool
Nowhere Town
Never Say Never
The Sleep
Koma
Dead and Gone
Hearts on Fire
Tightrope
Brand New World
Cry Wolf ( bonus edisi Jepang )
Surrender To Me ( bonus edisi Jepang )

8. Night Of White Rock
Album / 2006 / AOR Heaven Records
Track :
To Hell and Back
Losing It Again
Hope To See You Again
Unbelievable
Sign
Homeless
Raise Your Voice
Upon My Soul
Bad Day In Heaven
N.O.W.R.
(Just a) Melody

9. In White
Ep / 2006 / AOR Heaven Records
Track :
To Hell and back again
Open the Eyes of my Heart
Hello Father
Bad Day in Heaven
Lonely is the Hunter
Reprise

10. White Sands
Album / 2007 / AOR Heaven Records
Track :
Family of Rock
Little Princess
Heaven is...
Someone Like You
L.L.U.V.I.A
We Fight in White
Change It
Glorious Night
Too Wrong
War

Dan bagiku, band ini begitu enak untuk di nikmati terutama untuk album Stormchild dan Night Of Passion, yang di Indonesia pernah di rilis dalam versi bajakan oleh Rockshot Records. Dan ingatan ku yang paling berkesan adalah untuk album Stormchild, ah pokoke bagi para penyuka melodik metal / rock pasti dan di jamin demen dah ama album ini. Album Stormchild di re rilis oleh Axe Killer records, rilisan ini pada versi pertama di rilis mempunyai nomor urut, dan versi kedua tanpa nomor urut. Karena memang nga ada habisnya yang meminta album keren ini. Cobalah. Album Night Of Passion, aku ngejar cdnya sudah hampir 10 tahun, tapi ampe nih hari masih belum ketemu. Huek huek heuk !! sedihnya. Dulu pernah punya vinylnya.

Data tambahan :
Michael Voss bands :
Casanova album:
- Casanova, 1991 WEA Records
- One Night Stand, 1992 WEA Records
- Sway, 1999 Bareknuckle Records
- Heroes, 2000 Bareknuckle Records
- All Beauty Must Die, 2004 AOR Heavens Records
Demon Drive album :
- Burn Rubber, 1995 Long Island Records
- Heroes, 2000 Nuclear Blast
- Rock N' Roll Star, 2001 Breaker Records
- Four Play, 2003 Escape Music

Axel Kruse band :
Jaded Heart album :
- Inside Out, 1994 Long Island Records
- Slaves & Masters, 1996 Seagull International
- Mystery Eyes, 1998 BMG Music
- IV, 1999 MTM Music
- Diary, 2001 MTM Music
- The Journey Will Never End, 2002 MTM Music
- Trust, 2004 Lifeforce Records
- Helluva Time, 2005 Frontiers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar