Senin, 02 Februari 2009

HALLOWEEN

Kalau kita sedang duduk di sebuah sofa yang besar, segelas kopi di atas sebuah meja yang ada di sebelah sofa tersebut, lalu di temani juga dengan sebatang rokok bermerek Clas Mild. Sambil duduk di tangan kita ada sebuah CD yang membuat kita begitu tenggelam dalam kenangan masa lalu, yang juga membuat bulu kuduk kita berdiri dengan tegangnya di tambah dengan sebuah rasa yang begitu senang sekaligus juga sangat tegang. Dan di depan kita ada seperangkat stereo yang biasa saja, yang murah aja lah, lalu kita kemudian berdiri untuk mendekati stereo tersebut, dan di tangan kita ada sebuah CD yang akan kita masukkan kedalam CD player. CD masuk dan "play", kemudian ruangan tersebut terasa berubah menjadi begitu sejuk dan damai, walaupun lagu yang kita dengar adalah lagu metal, namun hati ini begitu terasa sejuk, damai dan tenang. Karena kenangan masa lalu menghantam hati kita dengan kerasnya. Pasti itulah juga yang anda rasakan ketika kita mendengarkan sebuah CD yang begitu kencangnya menerjang hati kita yang di balut berbagai kenangan indah dengan lagu - lagunya. Itulah juga yang aku rasakan ketika sebuah CD dari band Halloween - NO ONE GETS OUT menghampiri telinga ini. Sedap bener rasanya. 

Sebuah kota bernama Detroit, di sebuah negara bagian Michigan, Amerika Serikat menjadi tempat kelahiran dari sebuah band yang begitu asik untuk di ketahui oleh para penggila metal. Di tahun 1983 ketika itu, di kala itu juga band - band seperti Kiss dan juga Alice Cooper masih mempunyai taring yang sangat tajam di arena musik rock dunia. Kenangan berbagai fans kepada band ini tidak pernah luntur, walau mereka telah berubah. Kiss dan Alice Cooper adalah 2 band yang sangat jenius dalam membuat lagu untuk kemudian di sampaikan kepada para fans nya dengan cara yang sangat unik dan orisinil. Make up, dandanan, pakaian yang unik serta berbagai alat pendukung lainnya yang di gunakan dalam konser - konser mereka begitu dalam merasuk ke dalam jiwa dan hati para penggemarnya. Begitu pula dengan para pemuda asal kota Detroit ini, sebuah kota yang memang di akui oleh Kiss sendiri sebagai Rock City, dalam lagu mereka Detroit Rock City. Kiss dengan dandanan serta make up yang begitu terkenal "horror" sangat mempengaruhi jiwa para pemuda ini, di tambah dengan show - show Alice Cooper yang begitu menakutkan serta seram, show yang di penuhi dengan berbagai peralatan penyiksaan serta alat lainnya. Hal tersebut sangatlah merasuki jiwa para anggota dari band super keren ini. Hingga akhirnya ke 4 pemuda yang nantinya bersatu menjadi sebuah band ini mulai merencanakan untuk membentuk sebuah band dengan format seperti yang di lakukan oleh idolanya. Dan memang pada akhirnya band ini pun terbentuk dengan 4 orang anggota. Ke 4 anggota band tersebut adalah : BRIAN THOMAS, RICK CRAIG, GEORGE NEAL dan BILL WHYTE. Brian pada posisi vokal, Rick pada gitar, George pada bas gitar dan Bill pada drum. Dan di mulailah perjalanan band super keren ini di arena musik metal dunia.

Tak lama setelah terbentuk, tepatnya di awal tahun 1984, Halloween merilis single mereka yang pertama dengan judul : TRICK OR TREAT. Setelah single dirilis oleh mereka sendiri, kemudian band ini mulai menyebarkannya ke berbagai radio serta tempat - tempat yang berhubungan dengan musik metal. Tak perlu menunggu lama bagi band ini untuk menjadi di kenal, dengan berbagai macam promosi yang di lakukan juga mereka sendiri, band ini mulai mengadakan konser - konser kecil di daerah Detroit dan sekitarnya, tentu saja sebagai Kota Rock, para penggila musik metal mulai merasa takjub dengan penampilan mereka di konser - konser tersebut. Konser tersebut di gelar dengan berbagai peralatan yang demikian hebatnya, tata lampu yang hebat, pemakaian asap yang berlebihan, jaring laba - laba palsu, panggung yang di dekor seperti daerah kuburan, dekorasi rumah hantu, juga ada tempat penyiksaan, juga di tambah dengan berbagai drama yang di mainkan oleh berbagai aktor, dan lain sebagainya. Konser - konser ini begitu hebatnya hingga Halloween dalam sekejap menjadi sebuah band yang sangat di kenal di Detroit dan sekitarnya. Hingga tak sulit bagi band ini untuk mendapatkan kontrak dari label. Dan tak lama kemudian, kurang lebih 2 bulan setelah single di rilis, band ini kemudian mendapatkan sebuah kontrak dengan sebuah label indie bernama : Motor City Metal Records. Dengan label barunya ini, Halloween kemudian merilis sebuah live album yang di ambil dari berbagai konser mereka di Detroit, live album ini berjudul : LIVE FROM THE CRYPT.

Dan setahun kemudian, tepatnya di tahun 1985, merekapun merilis sebuah demo, yang berjudul : DON'T METAL WITH EVIL, sebuah demo yang semua lagunya kemudian akan di rilis sebagai sebuah album dengan judul yang sama oleh label mereka, Motor City Metal Records. Sebuah album yang super duper keren yang menghantam pendengaran kita dengan sebuah musik metal ala Amerika seperti Metal Church ataupun Motley Crue pada album - album awal mereka. Kemudian berbagai konser pun di gelar oleh Halloween. Memasuki tahun berikutnya, 1986, Halloween mulai kembali menulis serta merekam lagu - lagunya. Sebuah album di selesaikan oleh Halloween dengan judul : VICTIMS OF THE NIGHT. Hanya saja belum sempat album ini di rilis, band ini di dera masalah internal band, benih perpecahan mulai tampak dalam diri masing - masing anggota band. Egoisme mulai tumbuh dalam band ini, penulisan lagu yang terasa sangat di dominasi oleh seorang anggota band, juga penulisan lirik - lirik lagu, anggota band yang merasa berhak menjadi pemimpin band,  yang kesemua hal tersebut lama kelamaan menjadi sebuah bumerang bagi band ini, keributan sering terjadi antar anggota band ini, hingga masalah - masalah tersebutpun sampai kepada pihak label, yang akhirnya label ini pun dengan sangat terpaksa melepaskan kerja sama dengan band ini. Hingga pihak labelpun menolak untuk merilis album mereka yang kedua tersebut. Dan pada akhirnya band ini pun bubar. Ah memang dasar manusia kagak pernah puas dan juga bersyukur. Setelah 3 tahun kemudian, tepatnya di tahun 1989, 2 anggota pendiri Halloween merencanakan untuk mempersatukan kembali band ini, hanya 2 anggota lainnya menolak maksud tersebut, hingga kemudian Brian Thomas dan George Neal mengundang 2 orang anggota band untuk menyempurnakan formasi band ini, yaitu DONNY ALLEN dan BILLY ADAMS. Donny pada gitar menggantikan Rick Craig dan Billy pada drum menggantikan posisi Bill Whyte. Dan akhirnya formasi band ini pun lengkap.

Tak lama setelah kembali terbentuk, Halloween kembali dapat merilis sebuah demo yang berjudul : VICIOUS DEMO, di tahun 1990. Disusul setahun kemudian, di tahun 1991, Halloween merilis album barunya yang berjudul : NO ONE GETS OUT. Inilah album yang merupakan bagian kedua dari vakumnya Halloween dari perilisan album baru. Setelah album ini di rilis, Halloween menjalankan tur panjangnya di seluruh Amerika dan dunia. Selanjutnya dalam kurun waktu tahun 1991 sampai dengan tahun 1997, Halloween tidak pernah merilis album apapun, mereka hanya menjalankan konser demi konser saja. Baru pada tahun 1997, Halloween merilis sebuah demo yang berjudul cukup aneh : 1031 - A NUMBER OF THINGS...FROM HALLOWEEN. Sebuah demo yang berisi lagu dan percakapan dengan sang vokalis Brian Thomas, yang isi percakapan tersebut menceritakan tentang mengapa demo ini di rilis. Sebuah demo yang menurut kabar hanya di buat sebanyak 50 buah saja. Wuih pasti langka tenan nih demo. Selanjutnya Halloween pada tahun yang sama juga, 1997, merilis sebuah album yang berjudul : VICTIMS OF THE NIGHT, sebuah album yang di rekam tahun 1986, seperti yang di ceritakan di atas, jadi hampir 10 tahun kemudian baru album ini di rilis oleh sebuah label asal Amerika, Molten Metal Records. Setelah album baru yang lama tersebut di rilis, kembali Halloween menjalankan berbagai konser ke seluruh dunia. Ck ..ck...ck emang nih band bener - bener tua di jalanan, tapi memang itulah sebenarnya kelebihan mereka, show - show mereka adalah salah satu atraksi yang sangat hebat yang tetap di tunggu oleh para fans mereka di seluruh dunia. Tak terasa perjalanan konser ini memakan waktu hampir 5 tahun lamanya, walau juga tidak sepanjang 5 tahun tersebut mereka jalani dengan konser, namun dalam kurun waktu tersebut konserlah yang di lakukan oleh band ini. Dan tentu saja banyak yang terjadi dalam kurun waktu 5 tahun tersebut, salah satunya adalah dengan vakumnya 2 anggota band dari bermain musik, mereka adalah George Neal dan Billy Adams. Mungkin kedua orang ini mengalami kejenuhan  dengan kehidupan sebagai musisi. Dan sang pendiri, Brian pun tak dapat menghalangi mereka untuk keluar dari band ini. Kemudian dengan tersisa 2 anggota yaitu Brian dan Donny, Halloween, terutama Brian mengundang beberapa anggota band baru sebanyak 3 orang langsung, mereka adalah : TOMMY VENDETTA, JOHN GUARASCIO dan JASON ROSSVANES. Hingga formasi baru ini adalah Brian pada vokal, Donny pada gitar, Tommy juga pada gitar, John pada bas gitar dan Jason pada drum. Setelah formasi ini bersatu, Halloween kemudian masuk studio untuk....merekam ulang beberapa lagu lama mereka dan tentu juga lagu - lagu baru mereka. Hingga akhirnya di tahun 2003, Halloween kembali merilis sebuah album yang bertajuk : 4.0 - TRICKS, TREATS, AND OTHER TALES FROM THE CRYPT. Setelah tak lama di rilis band spesialis konser ini kembali menjalankan  tur panjangnya ke belahan eropa.

Perjalanan tur panjang ini memakan waktu hampir sama dengan tur sebelumnya, hanya di awal tahun 2004, Halloween merilis sebuah live demo yang berjudul : NOT DEAD......IN THE MURDER CITY, sebuah live demo yang di rekam di kota kelahiran mereka, Detroit. Setelah tur panjang tersebut selesai kembali band ini harus berhadapan dengan masalah anggotanya, kali ini 3 orang yang di  undang untuk menjadi anggota oleh Brian di tahun 2002, menyatakan pengunduran dirinya, Tommy Vendetta, John Guarascio dan Jason Rossvanes. Selanjutnya mereka di gantikan kembali oleh ROB BRUG pada drum dan BILLY GRAY pada gitar. Dan untuk posisi pemain bas gitar, dengan hati yang gembira, Brian kembali bersatu dengan teman seperjuangannya yaitu George Neal, yang juga salah satu pendiri band keren ini. Dan akhirnya sempurnalah band ini. Tak lama kemudian, tepatnya di tahun 2006, Halloween kembali merilis 2 buah rilisan sekaligus pada tanggal yang sama yaitu 06 - 06 - 06 atau 6 Juni 2006, wuih sedap bener dah tuh tanggal. Halloween merilis sebuah Ep dan sebuah album pada tanggal tersebut. Ep tersebut berjudul : E.VIL P.IECES 6/6/6, dan album yang berjudul : HORROR FIRE. Hanya saja di kedua rilisan yang sama tersebut, formasinya berbeda. Pada sesi rekaman Ep, Halloween terdiri dari 5 orang anggota band seperti formasi di atas : Brian, George, Rob, Donny dan Billy. Dan pada sesi rekaman album, Halloween menjadi 4 orang anggota saja yaitu : Brian, George, Donny dan Rob, pada waktu sebelum sesi rekaman album ini di laksanakan Billy keluar dari band ini. Dan pada saat ini, Halloween sedang bekerja keras di studio untuk merekam album mereka yang terbaru, yang rencanannya akan dirilis pada akhir tahun 2007 ini, dan album ini menurut kabarnya akan berjudul : TERRORTORY. Semoga saja terlaksana rencana ini.

Rilisan Halloween:

1. Trick or Treat

Single / 1984 / self released
Track :
Trick or Treat
She's A Teaser

2. Live from the Crypt
Live album / 1984 / Motor City Metal Records
Track :
Intro
Scared to Death
What a Nice Place
Nobody's Home
Cry Out
Don't Metal with Evil
It's Just Like Makin' Love
Bass Solo
Rest in Peace
Justice for All
To Fight the Beast
Busted
Tales From the Crypt
The Right to Rock
She's a Teazer
Trick or Treat
Poisonous
Haunted
Guitar Solo
Tonight
Drum Solo
Wartorn
The Wicked Witch

3. Don't Metal With Evil
Demo / 1985 / self released
Track :
Busted
Scared to Death
Justice for All
Trick or Treat
The Wicked Witch
Don't Metal with Evil
What a Nice Place
Haunted
She's a Teaser
Tales from the Crypt
To Fight the Beast

4. Don't Metal With Evil
Album / 1985 / Motor City Metal Records
Re rilis 1998
Track :
Busted
Scared to Death
Justice for All
Trick or Treat
The Wicked Witch
Don't Metal With Evil
What a Nice Place
Haunted
She's a Teazer
Tales From the Crypt
Fight the Beast

6. Vicious Demo
Demo / 1990 / self released
Track :
I Confess
Vicious Lies
Evil Nation
Agony
Black Skies

7. No One Gets Out
Album / 1991 / Motor City Metal Records
Re rilis 2001 oleh Molten Metal Records, USA
Track :
No One Gets Out
If I Die you Die
Crawl to the Altar
7 Years
The Death of Love
Kings
Sanity in Danger
Miss Eerie's Child
The Thing that Creeeeeeps !
Halloween
Detroit Rock City
A.B.F.$.
5 Bonus Tracks.
1. I Confess
2. Vicious Lies
3. Evil Nation
4. Agony
5. Black Skies
8. 1031 A Number Of Things
Demo / 1997 / Central City Records
Track :
I confess
Vicious Lies
Evil Nation
Agony
Black Skies
11
Sudden Death
Intoxicated
In Darkness
Crying For You
1-900
1988
The Battle
I Scream

9. Victims of the Night
Album / 1997 / Molten Metal Records
Re rilis 2002 oleh Molten Metal Records, USA
Track :
Intro
Welcome
Victims of the Night
No Place
Rest in Piece
Candy Caine
Nightmares
Angel
Love 'em and lose 'em
Children of the Witches
Revelations 23:1 (the dream)

10. 4.0 - Tricks, Treats, and Other Tales from the Crypt
Album / 2003 / Motor City Metal Records
Track :
Welcome
Tales from the Crypt
7 Years
Fighting Words
Crawl to the Alter
Black Skies
She's A Teazer
Vicious Lies
Trick or Treat
Lights, Cameras, Action
What a Nice Place
No One Gets Out
Die Forever (live)
Fire Still Burns (live)

11. Not Dead... In the Murder City
Live demo / 2004 / self released
Track :
Tales from the crypt/The thing that creeps
Hands around my throat
If I die you die
Dark side, inside
The fire still burns

12. E.vil P.ieces 6/6/6
Ep / 2006 / Motor City Metal Records
Track :
Angel of Evil
Hell
Don't Metal With Evil 06
Evil Nation 06
To Fight the Beast
Go to Hell

13. Horror Fire
Album / 2006 / Motor City Metal Records
Track :
I Am
Wake Up Screaming
Halloween Night
The Crush
Exist
Candles
The Seer
The End and the Beginning
Nobody's Home
Rage
Ways of Man
Head Against a Wall
Coming to Life
Sin
Go to Hell
Fire Still Burns
The Battle
Fighting Words
H.F.B.D.T.Y.

Dan bagiku mereka adalah sebuah fenomena di arena musik metal dunia, sesuatu yang mereka kembangkan dari para pendahulunya, walau tidaklah berkesan orisinal, namun tetaplah mereka sangat berbeda dengan para idolanya. Lagu - lagu mereka yang sangat "metal Amerika" seperti Motley Crue, hanya tentu saja tanpa kesan Glamnya !!! Dan yang pasti juga Halloween pernah dirilis di Indonesia dalam bentuk kaset oleh Aquarius untuk album No One Gets Out !!

Dan jika anda - anda ada yang punya CD - CD album mereka yang akan di jual atau di trade, tolong kabari aku yah, karena koleksiku telah di "maling". Koleksiku telah pergi entah kemana, huek  ..huek..huekk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar