Senin, 02 Februari 2009

CRIMSON GLORY

Rockshot Records, Indonesia, sub label dari Hins Collection Records, merilis sebuah kaset dengan dasar putih dan di sisi kanan ada strip warna biru dan merah atau juga mungkin anda akan menemukan strip yang beige dan merah, itu adalah cara sang label untuk mengelompokkan jenis musik dari band rock yang mereka rilis. Dan rilisan ini begitu menggoda dah yang pasti sebab di gambar covernya, berjajar 5 orang berjaket kulit hitam dengan wajah yang kesemuanya di tutupi dengan topeng berwarna silver seperti "metal" tentu saja. Wuih sedap bener memang lihatnya. Dan judul kaset tersebut Crimson Glory, ah nama yang cukup menjanjikan juga pikir aku waktu pertama pegang kasetnya, dan memang terbukti kalau band ini sangat layak untuk di nikmati oleh aku serta para penggila musik metal di manapun. Sopo toh mereka iki ???

Kembali ke masa lalu di tahun 1982, di negara bagian Florida, di sebuah daerah bernama Sarasota, di Amerika Serikat, hiduplah 3 orang pemuda yang merupakan sahabat dekat satu sama lainnya, kedekatan mereka terjalin karena memang mereka semua di persatukan oleh musik yang mereka sukai. Seperti juga generasi muda di Amerika pada masa itu, hampir semuanya tenggelam dalam kemegahan musik asal Inggris yang bernama NWOBHM, sebuah musik metal jenis "baru", yang memang sangat mendominasi di arena musik metal dunia. Cengkramannya begitu kuat, hingga hampir di seluruh dunia merasakannya, musik ini menjadi fenomena yang sangat hebat di blantika musik dunia. Begitu juga dengan negara Amerika, negara ini di bombardir oleh NWOBHM dengan begitu hebatnya, karena memang untuk musik asal Eropa, pasar terbesar adalah di Amerika dan juga Jepang. Dan salah satu idola mereka dari musik NWOBHM ini adalah sang Wanita Besi ......Iron Maiden. Aksi double gitar band ini begitu membuat ketiga pemuda ini begitu tergila - gila, serta juga permainan bas gitar dari Steve Harris. Dengan kegilaan akan musik yang sama, dan juga mempunyai keinginan yang sama untuk membentuk sebuah band. Ketiga pemuda tersebut adalah : JEFF LORDS, JON DRENNING dan BEN JACKSON. Jeff pada bas gitar, Jon pada gitar dan Ben juga pada gitar. Dan tentu saja mereka kekurangan untuk posisi vokal serta drum. Dan kemudian mereka bertiga pun menemukan orang yang tepat untuk posisi tersebut, yaitu seorang dengan suara yang begitu unik serta kuat, untuk posisi vokalis yaitu MIDNIGHT, dan juga seorang drummer bernama : DANA BURNELL. Setelah terbentuk dengan formasi yang sempurna, mereka semua pun bersatu dalam  sebuah band yang mereka namai : BEOWOLF....yah itulah nama mereka pada awalnya.

Namun tak lama merekapun menggantikan nama band mereka, karena mereka mendengar kalau ada sebuah band lama juga yang pernah menggunakan nama yang sama dengan nama band mereka, sebuah band yang juga asal Amerika, tepatnya asal Los Angeles yang pernah merilis album di tahun 1980, Slice Of Life. Dan akhirnya mereka memutuskan untuk menggantikan nama band mereka menjadi CRIMSON GLORY ( di singkat CG ). Dengan nama baru ini pula menumbuhkan semangat baru di para anggota band ini. Penulisan lagu serta berbagai latihan mereka jalani dengan tekun, walau tetap belum tersentuh oleh label manapun, namun mereka tetap lah bertahan, baru 3 tahun kemudian, tepatnya di tahun 1985, kerja keras serta kesabaran dan ketekunan mereka tidaklah sia sia, sebuah label tertarik untuk bekerja sama dengan CG, label tersebut bernama : Par Records. Yah sebuah label indie yang kecil. Namun dengan keteguhan dan keyakinan yang tinggi, CG akhirnya memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan label ini. Dan akhirnya di akhir tahun 1985, CG merekam sebuah single, yang kemudian mereka kirimkan ke Par Records, dan tak lama kemudian, CG merilis single tersebut. Sebuah single yang berjudul : DREAM DANCER. Dan Par Records juga menjalin kerja sama dengan sebuah label indie besar untuk segi distribusi, yaitu Roadrunner Records. Single di rilis di awal tahun 1986. Dan tanpa di sangka single ini mendapat tanggapan positif dari kalangan penggila musik metal di Amerika, hingga akhirnya Roadrunner Records memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan CG. Dan CG tentu saja menyetujui hal itu. CG pun resmi bersanding  dengan Roadrunner Records.

Tak lama setelah kerja sama dengan label ini terjalin, CG merilis sebuah album yang berjudul : CRIMSON GLORY. Dan tak di sangka kalau memang album ini kemudian menjadi pembicaraan di kalangan para penggila musik metal di seluruh Amerika, juga tanggapan yang positif dari berbagai media massa serta para kritikus musik. Dan tentu saja hal ini menjadikan CG menjadi buah bibir di mana - mana, dan tak lama setelah album di rilis kemudian CG menjelajahi seluruh Amerika dengan konser - konser yang spektakulernya. Dengan musik yang begitu melodius, sound gitar dari perpaduan Jon dan Ben yang menyalak dengan keunikannya, juga sound bas gitar dari Jeff yang menciptakan "groove" yang begitu sedap serta permainan mantap dari sang drummer Dana serta tentu saja sebuah suara laksana kilat menggelegar namun indah dari sang malam, Midnight, kemudian di ramu dengan permainan di panggung yang begitu hebat, di mana para anggota band semuanya menggunakan topeng metalik berwarna perak yang menutupi seluruh wajah mereka, hanya topeng untuk Midnight saja yang tidak menutupi wajahnya, memberikan sebuah fenomena tersendiri di arena musik metal di seluruh Amerika Serikat, para penonton di buat penasaran dengan berbagai pemberitaan yang begitu hebat tentang band ini di media massa, hingga memang konser - konser tersebut suksess berat. Nama mereka kemudian melambung dengan cepat menuju puncak. Dan sebuah label besarpun merasa tertarik untuk merilis album mereka yang akan datang ke seluruh  dunia, label tersebut adalah MCA Records.

Perjalanan konser ini memakan waktu hampir 1,5 tahun lamanya, baru kemudian setelah konser selesai di sekitar akhir tahun 1987, kembali CG menulis lagu dan memasuki studio untuk  merekamnya, dan tak lama kemudian di tahun 1988, CG kembali merilis sebuah single yang berjudul : LADY OF WINTER. Setelah single di rilis ke pasaran, kembali CG merilis sebuah album yang berjudul : TRANSCENDENCE. Dan tak perlu menunggu lama, album ini kembali menggemparkan arena musik metal di seluruh dunia. Berbagai pujian datang ke hadapan CG dari seluruh dunia, dan mereka pun mendapatkan banyak sekali undangan untuk konser dari berbagai negara di dunia. Dan akhirnya CG pun menggelar kembali tur panjangnya. Dengan tetap menghadirkan topeng - topeng perak yang sangat misterius. Walau di sini mereka, para anggota band mulai merasa tidak nyaman dengan topeng - topeng tersebut. Hingga kemudian merekapun memotong beberapa bagian dari topeng ini hingga tidak menutupi wajah mereka seluruhnya lagi. Dan konser paling berkesan adalah sebuah konser yang di gelar dalam sebuah acara yang bernama : Tampa Bay Music Award. Dan CG memboyong 3 buah penghargaan dalam acara ini mengalahkan sebuah band yang keren juga, Savatage. Konser berakhir kira - kira di akhir tahun 1988. Setelah konser - konser ini selesai, kembali CG memasuki studio.

Tak lama kemudian di awal tahun 1989, CG kembali merilis sebuah single, yang berjudul : LONELY. Setelah single di lemparkan ke pasaran, muncul lah masalah di internal band keren ini, masalah anggota band mulai menyeruak ke permukaan, benih - benih perpecahan mulai tercium di band ini. Tanpa alasan yang jelas sang drummer, Dana Burnell dan sang gitaris, Ben Jackson memilih untuk keluar dari band ini. Kabar burung menyebutkan kalau mereka memang merencanakan untuk membuat band baru setelah mereka menjadi artis terkenal dan memang akhirnya mereka terbukti membuat sebuah band baru, Parish. Namun ke 3 anggota band lainnya tetap bertahan untuk meneruskan perjuangannya, dan akhirnya CG kemudian merekrut 1 anggota baru saja, yaitu : RAVI JAKHOTJA, untuk posisi drum. Jadi CG sekarang hanya terdiri dari 4 orang saja. Yaitu Midnight, Jon Drenning, Jeff Lords dan Ravi J. Dengan formasi baru ini kemudian CG kembali merilis single, di tahun 1991, sebuah single yang berjudul : SONG FOR ANGELS. Tak lama kemudian sebuah single kembali menyusul untuk di lempar ke pasar, yaitu : THE CHANT. Dengan formasi ini kemudian CG mendapatkan sebuah kontrak dari sebuah label besar asal Amerika, Atlantic Records. Dan tak lama kemudian CG merilis album barunya yang berjudul ; STRANGE AND BEAUTIFUL. Setelah album di rilis, tak lama kemudian berbagai rencana konser pun di buat oleh CG. Hanya saj kembali masalah besar terjadi di band ini. Kali ini masalah datang dari sang vokalis Midnight. Sang vokalislah yang kali ini menyatakan undur diri dari band ini. Anggota lainnya pun terkejut dengan keputusan sang vokalis tersebut, namun juga mereka semua bingung akan rencana - rencana konser yang telah di buat. Lalu untuk tetap menjalankan rencana konser tersebut, CG merekrut seorang vokalis yang bernama : DAVID VAN LENDING. Dan konser - konser pun di gelar.

Setelah konser di selesaikan, begitu juga dengan band keren ini, band inipun di bubarkan, CG pun kemudian menghilang dari peredaran arena musik metal dunia. Mungkin memang mereka kesulitan untuk mencari pengganti seorang vokalis yang menjadi simbol dan kekhasan dari sebuah band. Selanjutnya para anggota band pun meninggalkan nama besar CG, untuk kemudian mereka semua pindah ke Arizona untuk membentuk sebuah band baru yang terdiri dari : Jon Drenning pada gitar, David Van Lending pada vokal, Jeff Lords pada bas gitar dan Ravi J pada drum. Dan mereka menamai band barunya : Crush, setelah merilis sebuah album dengan judul yang sama dengan nama band tersebut, kemudian band ini pun berganti nama kembali menjadi : Erotic Liquid Culture dan merilis sebuah album dengan judul yang juga sama dengan nama band baru tersebut. Band inipun tidak bertahan lama karena kemudian sang vokalis, David Van Lending pun meninggalkan band ini. Dengan karir bermusik mereka yang tidak dapat di katakan mulus, setelah hampir 5 tahun berada di Arizona, sampai David meninggalkan band tersebut, kemudian Jon Drenning dan 2 anggota lainnya memutuskan untuk kembali ke kota asal mereka dahulu, Florida, di tahun 1998.

Dan tak lama kemudian, Jon Drenning pun memutuskan untuk membentuk kembali band lamanya, CG. Jon D kemudian mengundang kembali anggota lama dari band ini yaitu sang gitaris Ben Jackson, dan menambah 2 orang anggota baru yaitu : WADE BLACK dan STEVE WACHOLZ.  hingga band ini mempunyai 5 orang anggota yaitu Jon Drenning pada gitar, Jeff Lords pada bas gitar, Ben Jackson pada gitar, Wade Black pada vokal dan Steve Wacholz pada drum. Setelah CG kembali terbentuk dengan sempurna, kemudian mereka merilis sebuah album baru yang berjudul ASTRONOMICA, di tahun 1999, dengan sebuah label baru yaitu Spitfire untuk seluruh dunia dan Rising Sun Records untuk Jepang. Setelah tak lama album di rilis, kemudian CG menjalankan kembali berbagai konser di berbagai negara di dunia. Hanya saja sebelum konser di gelar, sang drummer yaitu Steve Wacholz keluar dari band ini. Dan selama tur tersebut CG di bantu oleh JESSE ROJAS. Setelah konser selesai, kembali CG berkunjung ke studio untuk kemudian merilis sebuah ep yang berjudul : WAR OF THE WORLD. Setelah selesai merilis ep tersebut, kemudian CG pun vakum dari blantika musik metal dunia. Ben Jackson kembali meninggalkan band ini.

Baru kemudian di tahun 2005, atas permintaan para fans mereka yang setia, Jon Drenning kemudian memanggil kembali para anggota asli dari band CG. Dan Jon memang berhasil untuk mengumpulkan kembali para jagoan kita ini. Midnight, Ben, Jon, Jeff dan Dana pun akhirnya bersama kembali dalam sebuah band yang telah lama mereka bentuk bersama dulu. Hanya saja reuni ini tidaklah berjalan seperti yang di rencanakan oleh semua anggota, karena kemudian pada awal tahun 2006, Midnight, sang vokalis di tangkap oleh pihak berwenang di kota mereka, Sarasota. Tapi aku lupa kenapa dia di tangkap, sori. Dan kemudian baru setahun kemudian, di awal tahun 2007, CG mendapatkan kembali seorang vokalis yang juga pernah di CG yaitu Wade Black. Dan inilah formasi CG sampai saat ini, hanya saja belum ada rilisan apapun dari mereka sampai saat ini. Kabar selanjutnya beberapa album mereka akan di rilis ulang di tahun ini, juga akan di rilis sebuah box set kompilasi, dan sebuah DVD. Dan akan juga di rilis sebuah album baru yang berjudul : Metatron, Lucifer and the Divine Chaos. Tapi aku juga bingung kapan hal tersebut semua akan terjadi. Tapi semoga saja terlaksana.

Rilisan Crimson Glory :
1. Dream Dancer
Single / 1986 / Par & Roadrunner Records
Track :
Dream Dancer
Lost Reflection

2. Crimson Glory
Album / 1986 / Roadrunner Records
Track :
Valhalla
Dragon Lady
Heart of Steel
Azrael
Mayday
Queen of the Masquerade
Angels of War
Lost Reflection

3. Lady Of Winter
Single / 1988 / Roadrunner Records
Track :
Lady of Winter
Eternal World

4. Transcendence
Album / 1988 / Roadrunner Records
Track :
Lady of Winter
Red Sharks
Painted Skies
Masque of the Red Death
In Dark Places
Where Dragons Rule
Lonely
Burning Bridges
Eternal World
Transcendence

5. Lonely
Single / 1989 / Roadrunner Records
Track :
Lonely (remix)
In Dark Places
Dream Dancer

6. Song For Angels
Single / 1991 / Roadrunner Records
Track :
Song For Angels
Far Away

7. The Chant
Single / 1991 / Roadrunner Records
Track :
The Chant
Love and Dreams

8. Strange And Beautiful
Album / 1991 / Atlantic Records
Track :
Strange And Beautiful
Promise Land
Love And Dreams
The Chant
Dance On Fire
Song For Angels
In The Mood
Starchamber
Deep Inside Your Heart
Make You Love Me
Far Away

9. Astronomica
Album / 1999 / Spitfire Records
Ada versi limited berisi 2 cds, Digipack
Track :
CD # 1
March To Glory
War Of The Worlds
New World Machine
Astronomica
Edge Of Forever
Touch The Sun
Lucifer's Hammer
The Other Side Of Midnight
Cyber-Christ
Cydonia

CD # 2
Painted Skies (live)
Queen Of The Masquerade (live)
Lost Reflection (live)

10. War Of The Worlds
Ep / 2000 / Rising Sun Records
Track :
War Of The Worlds (remake)
Astronomica (demo)
Touch The Sun (demo)
Dragon Lady (live)
Eternal World (live)

Data lain :
Nama asli Midnight adalah : John Patrick McDonald Jr.

Dan bagi si Kai ini, Crimson Glory merupakan sebuah fenomena yang patut di ketahui, sebuah band yang begitu sedap buat di nikmati, terutama 2 album pertama mereka, di mana musik yang mereka sampaikan merupakan sebuah kekuatan yang sangat dashyat, dan aku dengan bangga menyebut mereka sebagai sebuah band Melodik Heavy Metal band, walau banyak orang yang menyebut sebagai progressif metal band. Suara Midnight yang begitu unik, sangat unik malah, melengking tinggi, mungkin kayak King Diamond kali yah. Jadi aku sangat rekomen 2 album pertama yang harus anda - anda dengarkan minimal, dan lebih baik lagi kalau di koleksi dong.

Crimson Glory memberikan sebuah warna yang agak berbeda dengan band lain yang sejenis maupun lahir dengan waktu yang sama, riff gitar serta lead yang begitu melodius, di tambah dengan sound bas gitar yang kemudian membuat musik mereka menjadi lebih "groove" dan tentu saja jeritan suara sang malam yang tidak ada lawanlah. Try them then you will know how crazy their music really are. OK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar