Senin, 02 Februari 2009

COVEN

Hari itu aku baru saja melihat sebuah video tentang sebuah pesan, pesan yang aku pikir merupakan sebuah masalah purba, sangat purba mungkin. Pesan tersebut adalah tentang Anti-Christ !!!! Wuih serem coi. Di video tersebut di jelaskan berbagai macam artis atau juga band serta berbagai macam lagu juga berbagai macam tanda - tanda yang katanya menjurus ke arah Anti Christ tersebut. Band seperti AC/DC, Kiss, Blue Oyster Cult dsb bahkan artis Madonna pun ada di video tersebut. Dan yang sangat membuat aku penasaran adalah dengan di jabarkan sebuah band metal, yang katanya sangat menghujat. Band ini terdiri dari 4 orang anggota, yang kesemua anggota band tersebut adalah para dukun !!!!!! wuih lebih serem lagi dah. Dan itu dia yang membuat aku sangat penasaran dengan band ini, penasaran setengah eduan lah. Aku nyari album mereka di berbagai toko kaset, nyari  piringan hitamnya atau apa aja lah bentuk formatnya, tapi sayang nga pernah nemu kala itu. Aku cuma pernah denger lagu mereka di sebuah kaset, tapi lupa judulnya, yang pasti rekaman Rockshot, dan lagu - lagu Coven ada di side B kaset tersebut, sebagai bonus mungkin yah. Baru kira - kira 6 - 7 tahun lalu aku dapet cd mereka, itu pun album mereka yang terakhir dan baru 3 - 4 tahun lalu aku dapet album mereka yang aku cari - cari dengan rasa penasaran setengah mati, album mereka yang berjudul Blessed is the black. Ah puasssssssssssssssss aku bisa dengerin album super keren tersebut.

Tahun 1983 terlihat pada sebuah kalender, di sebuah kota besar di Amerika Serikat bernama Seattle, di negara bagian Washington, berkumpullah 5 orang pemuda yang begitu tergila - gila dengan musik para mbahnya metal dan yang paling berpengaruh terhadap mereka adalah tentu saja sang band super master bernama Black "godfather" Sabbath. Musik "hitam" dari Black Sabbath ini begitu  berpengaruh terhadap jiwa para pemuda tersebut, hingga akhirnya merekapun sepakat untuk membentuk sebuah band. Pembentukan sebuah band baru yang meramu elemen kehidupan yaitu humor, kekerasan dan tentu saja Anti Christ. Semua elemen tersebut kemudian mereka tuangkan dalam lirik - liriknya dan di gabungkan dengan sebuah musik metal keras, kasar, cepat dan penuh kekuatan. Dan rencana ini mereka realisasikan pada tahun berikutnya, yaitu tahun 1984. Kelima pemuda tersebut sepakat untuk bersatu dalam sebuah band, dan menamai band baru mereka dengan sebutan : COVEN. Nama yang aku rasa cukup serem juga, tapi memang cocok dengan mereka. Band baru inipun mulai mengadakan latihan - latihan serta mulai juga menulis lagu. Formasi dari band ini adalah : JAY CLARK, PAUL HASH, GARY PEEBLES dan 2 bersaudara, DEAN BABBITT dan NEAL BABBITT. Posisi mereka adalah Jay pada vokal, Paul pada gitar, Gary pada bas gitar, Dean pada gitar dan Neal pada drum. Merekapun kemudian giat berlatih, hanya saja kesibukan masing - masing personel band ini kemudian menjadi kendala bagi band untuk merilis lagu - lagu mereka.

Kesibukan ini menyebabkan band ini menjadi stagnan untuk waktu yang cukup lama, baru pada awal tahun 1987 mereka dapat berkumpul bersama untuk waktu yang lama, hingga akhirnya merekapun dapat merekam lagu - lagu mereka di sebuah studio kecil di daerah mereka. Selesai dengan rekaman tersebut, kemudian merekapun bingung bagaimana cara mereka merilis album mereka tersebut. Akhirnya merekapun mulai mengadakan promosi dengan cara mengirimkan sampel - sampel lagu mereka ke berbagai radio di daerah mereka, namun sayang para stasiun radio tersebut segan untuk
menyiarkan lagu - lagu mereka secara langsung, karena lagu - lagu mereka yang di anggap terlalu "kasar dan brutal" liriknya serta musik mereka yang terlalu keras. Coven tetaplah bersemangat mencari label untuk merilis album mereka tersebut. Hingga pada suatu hari Coven mendapatkan surat dari sebuah label kecil asal daerah mereka yang bernama : Medusa Records. Label kecil ini berniat untuk merilis album Coven. Dan akhirnya Coven pun menyetujui niat label tersebut. Hingga akhirnya di tahun berikutnya, 1988, Coven merilis album mereka yang pertama dengan judul : BLESSED IS THE BLACK, sebuah album dengan 10 buah lagu. Setelah album di rilis kemudian Coven mengadakan berbagai macam promosi dengan berbagai konser - konser kecil di sekitar daerah mereka, di cafe maupun festival metal kecil. Dengan tetap memiliki semangat yang bergelora, para anggota band ini pun, terus mengadakan latihan serta kembali menulis lagu - lagu barunya untuk album berikutnya. Hingga akhirnya di bulan Agustus tahun 1989, Coven kembali merilis sebuah album baru yang berjudul : DEATH WALKS BEHIND YOU, sebuah album dengan 10 buah lagu juga seperti album pertama mereka. Hanya saja dengan album kedua mereka inipun, nama mereka tetap tidak beranjak dari tempat semula, karena berbagai keterbatasan yang ada. Salah satu keterbatasan mereka adalah tentu saja sang label, Medusa Records, hanyalah sebuah label kecil yang tentu saja tidak memiliki sebuah jalur distribusi yang kuat serta luas untuk dapat menyebarkan album - album dari Coven keberbagai daerah maupun ke luar negeri. Hal lain adalah promosi, label ini juga sangat terbatas dalam mempromosikan band mereka ini, hingga para penggila musik metal pun sulit untuk mengetahui keberadaan band keren ini walaupun mereka di negara yang sama, apalagi para penggila metal di luar Amerika.

Hal lain juga yang menghambat kemajuan karir dari band ini adalah tentu saja dari band ini sendiri. Lirik - lirik lagu mereka yang cenderung vulgar serta terkesan sangat kasar dan brutal sangat mempersempit keberadaan mereka di arena musik metal. Hingga akhirnya karena di hadapkan dalam berbagai masalah tersebut, band ini menjadi semakin terpuruk dan menjauh dari arena metal dunia. Tanpa ada tawaran konser, tanpa ada kerja sama dengan band lain maupun dengan label lain, membuat para anggota band ini menjadi demikian frustasi atas karir mereka, hingga akhirnya membuat band ini pun mulai di dera masalah serius. Masalah di awali dengan keluarnya salah satu dari 2 orang bersaudara yaitu : Neal Babbitt, sang drummer. Namun anggota lainnya tetap bertahan pada awalnya, dan Coven mengundang seorang drummer baru bernama : JERRY ZEIGLER, untuk menggantikan Neal. Namun keadaan tetaplah sama saja di waktu berikutnya, tidak ada titik terang bagi karir band ini baik secara nasional apalagi internasional. Dan pada akhirnya Coven kemudian membubarkan diri. Band ini pun kemudian menghilang dari peredaran arena musik metal dunia.

Sebuah berita kembali terdengar dari band ini, setelah 4 tahun mereka membubarkan diri, Coven berencana kembali untuk bersatu. Jay Clark, Paul Hash serta Dean Babbitt mengadakan sebuah pertemuan di daerah mereka, rencana tersebut memang telah lama di pikirkan oleh Jay Clark, hanya saja rencana Jay baru terealisasi pada tahun 1993. Hanya saja rencana Jay ini tidaklah di setujui oleh Gary Peebles serta Neal Babbitt, mereka berdua tidak mempunyai keinginan untuk kembali bermain musik. Hingga akhirnya band ini pun merubah formasinya, Jay tetap pada posisi vokal, Paul pada posisi gitar, sedangkan Dean pindah ke posisi bas gitar dan menambah seorang anggota baru bernama JASON MOODY untuk posisi drum. Dan band inipun kembali terbentuk sempurna. Dengan format musik yang masih sama dengan album - album mereka sebelumnya, Coven kembali menulis lagu dan merekamnya. Dan Coven juga kemudian menanda tangani kontrak dengan sebuah label indie juga yang bernama : Red Light Records, sebuah label asal negara mereka, Amerika. Dan tak lama kemudian di tahun 1994, Coven kembali merilis sebuah album yang berjudul : BONELESS CHRISTIAN, sebuah album dengan 8 lagu.

Namun dengan album inipun nama Coven tetap tidak dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya, nama mereka tetap berada di posisi yang sama dengan masa lalu. Dan hal ini juga yang kembali membuat para anggota band menjadi frustasi serta kecewa. Dengan kekecewaan yang demikian hebat, akhirnya kembali Coven membubarkan diri untuk kedua kalinya. Dan tidak ada berita apapun juga sampai saat ini.

Rilisan Coven :

1. Blessed is the Black
Album / 1988 / Medusa Records
Track :
Blessed is the Black
6669
Burn the Cross
Out of the Grave
Rock this Church
Iron Dick
The Monger
McDonaldland Massacre
Another Life
Creature of Duty (and My Duty is Death)

2. Death Walks Behind You
Album / 1989 / Medusa Records
Track :
Too Late To Pray
Ministry Of Lies
Spellbinder
Succubus
Death Walks Behind You
Frozen Bones
Propaganda
Justified Suicide
Ted Bundy
Silent Night (Violent Night)

3. Boneless Christian
Album / 1993 / Red Light Records
Track :
Satanic As Hell
Fuckin´ A Nun
Just Add Violence
Christsycle / Reaming The Pope
Boneless Christian
Organic God
The Master´s Tool
All This Bleeding

Dan bagi ku mereka tetap merupakan sebuah band yang selalu akan mengisi memori di otakku, terlepas dari segala macam kontroversi tentang mereka, tentang lirik mereka, tentang gambar cover mereka, aku nda pernah peduli, yang aku tahu hanya mereka adalah sebuah band yang juga patut di berikan acungan jempol. Musik thrash metal yang kasar, cepat, "mentah", brutal dan penuh kekuatan yang harus anda coba walau sekali saja. Jadi bagi anda yang suka dengan old school thrash metal, coba lah musik mereka. Suka atau tidak urusan belakang yang penting di denger aja dulu.

Just remember their number, the number that make you scream, .............and the number is 6669 !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar