Senin, 02 Februari 2009

ANGUS

Di suatu siang , pada musim semi tahun 1983, sebuah rumah di dekat sebuah kanal di jadikan tempat berkumpulnya 4 orang pemuda, yang satu sama lainnya merupakan teman satu daerah yang sangat akrab. Keakraban mereka ini terjalin dari sebuah acara musik rock yang di adakan di daerah mereka, kebetulan mereka juga memiliki kekaguman terhadap beberapa band rock yang telah lama ada. Led Zeppelin, Deep purple, AC/DC dsb menjadi santapan telinga mereka setiap hari. Dan pertemuan kali ini di lakukan untuk kembali berlatih dalam sebuah band asal - asalan yang telah mereka bentuk bersama beberapa waktu lalu. Permainan musik yang mereka rencanakan adalah bermain musik dengan secepat dan se"ribut" mungkin. Dan memang itulah yang mereka lakukan. Hanya saja mereka masih bingung menamai band mereka ini. Setelah sekian lama mereka pilih, namun belum juga terpilih nama yang cocok dengan mereka. Sang pemain gitar dengan tidak sengaja menyebutkan sebuah nama yang memang telah lama menempel di memorinya, dia menyebut : ANGUS, dan anehnya teman - temannya setuju dengan nama tersebut, alasannya karena simpel dan mudah di ingat oleh semua orang. Sang gitaris tersebut memang telah lama tergila - gila terhadap seorang gitaris dari sebuah band Australia, AC / DC, yaitu Angus Young. Dan memang dia menyebut nama bandnya tersebut dari nama sang gitaris pujaannya.

Dan akhirnya lahirlah sebuah band baru bernama : Angus ke arena musik metal dunia. Dan formasi band ini adalah ke 4 pemuda tadi yaitu : EDGAR LOIS, GERARD CAROL, ED SPREY dan  WILLIAM LAWSON. Edgar pada vokal, Gerard pada bas gitar, Ed pada gitar dan William pada drum. Gerard adalah seorang pemuda yang telah lama belajar musik dan berlatih sebagai seorang pemain biola untuk musik klasik, begitu juga dengan William, dia adalah lulusan dari sebuah lembaga pendidikan musik di daerahnya. Hal ini juga yang kemudian sangat berpengaruh terhadap musik Angus. Dimana pada waktu musik metal yang berkembang di Belanda ada musik yang merupakan kombinasi dari kecepatan dan juga melodi. Tentu saja untuk hal tersebut, bukanlah sesuatu yang sulit bagi band ini. Angus memiliki sebuah struktur musik yang lebih komplek dari sekedar kecepatan dan melodi. Angus akan menghantam para penggila musik metal dengan sebuah musik yang mempunyai riff dengan tempo yang cepat, di tambah dengan sebuah sound dengan "roh" klasik serta sebuah drum yang menggunakan double bas. Dan tak lama hal ini menjadi sebuah hal yang sangat positif bagi kemajuan band keren ini. Hingga dari mulut ke mulut berita tentang band ini begitu gencarnya. Dan akhirnya Angus merilis sebuah demo yang berisi 4 buah lagu. Dengan bermodalkan 4 lagu tersebut kemudian mereka mulai mengadakan berbagai konser - konser kecil di sekitar daerah mereka. Dan tentu saja konser - konser tersebut mulai menjadikan Angus sebagai sebuah band yang hebat di mata para pecinta musik metal di daerah mereka.

Kemudian sang drummer yaitu William mulai berpikir untuk lebih memajukan bandnya ini melalui sebuah agen maupun manajemen. Hingga akhirnya dia memutuskan untuk menjadi seorang manajer yang tugasnya mengurus semua masalah yang berhubungan dengan band ini. Tak lama kemudian untuk pertama kalinya Angus mengadakan sebuah konser keluar dari daerahnya. Konser ini di lakukan oleh Angus di tahun 1984. Sejalan dengan konser ini, Angus juga melakukan berbagai wawancara dengan berbagai media lokal. Hanya saja memang wawancara serta konser ini tidaklah di publikasikan secara luas. Setelah konser tersebut selesai, Angus kemudian merekam 2 buah lagu baru. Dan lagu baru ini kemudian di masukkan ke dalam sebuah kompilasi yang berjudul : The Heavy Touch. Kompilasi ini beredar pada musim panas tahun 1985. Kompilasi ini memuat sekitar 6 band baru, termasuk juga Angus. Sebuah lagu Angus dalam kompilasi ini kemudian terpilih menjadi lagu terbaik versi para pendengar kompilasi ini termasuk juga label yang merilisnya. Lagu tersebut berjudul : Lonesome Fighter. Tak lama kemudian Angus serta 5 band lainnya dari kompilasi tersebut mengadakan konser di luar Amsterdam. Dan ternyata konser ini sukses besar. Dan kembali Angus terpilih menjadi sebuah band dengan penampilan serta musik terbaik dalam konser yang di selenggarakan oleh label ke 6 band tersebut. Konser ini memang sukses besar, kesuksesan ini juga  berkat penjualan album kompilasi ini yang sangat baik. Dan juga para media yang mulai memperhatikan band keren ini. Tanggapan sangat positif dari para penulis berita musik juga menjadi pemicu untuk suksesnya konser tersebut.

Hanya saja kesuksesan ini malah memberikan sebuah efek yang negatif bagi band ini. Masalah klasik dalam sebuah band juga harus di hadapi oleh band ini. Ed Sprey sang gitaris mengajukan keluar dari band yang sedang menapaki masa depan ini. Alasan yang di kemukakan oleh Ed adalah alasan keluarga serta juga alasan pribadi. Akhirnya band ini memutuskan untuk mencari pengganti Ed, dan akhirnya pilihan jatuh pada : BERT FOXX. Selanjutnya band ini juga memutuskan untuk menambah satu orang anggota baru, penambahan ini di tujukan untuk lebih memberi kesan "heavier" pada musik mereka. Dan akhirnya : JACK WINDER masuk kedalam band ini. Hingga sekarang band ini memiliki dua gitaris. Setelah formasi ini terbentuk, kembali band ini di undang untuk konser. Kali ini mereka berhadapan dengan jumlah penonton yang lebih banyak lagi dari sebelumnya. Hanya saja kemudian Angus kembali di rundung masalah anggota band. Secara tiba - tiba Jack Winder menyatakan keluar dari band ini, hal ini di lakukan Jack setelah konser selesai. Memasuki akhir tahun 1985, Angus mulai kembali menulis lagu - lagu baru dan William, sang drummer dan juga manajer, telah mendapatkan sebuah kontrak dengan sebuah label yang bernama : Megaton. Sebuah sub-label dari sebuah perusahaan rekaman besar bernama : Boudisque Records. Dan akhirnya di awal tahun 1986, Angus merilis album mereka yang pertama dengan judul : TRACK OF DOOM. Album ini di produseri oleh mereka sendiri. Walau dengan anggaran yang rendah, namun album ini tetap memiliki kualitas suara yang sangat baik, hingga musik Angus terdengar lebih "kasar" dan "brutal". Dengan album baru ini, Angus membuat para penggila musik metal di Belanda demikian terkesima dan kagum. Mereka betul - betul shock mendengar musik Angus yang begitu fresh dan cepat namun tetap melodius. Hal ini terjadi ketika album ini mulai di putar di berbagai stasiun radio serta televisi di seluruh Belanda. Album ini juga mulai merambah ke berbagai negara eropa lainnya, termasuk juga Polandia, yang kala itu masih sebagai negara sosialis, namun album ini dapat bertengger di Top 20 Polish Metal Chart. Wuih memang hebat nih band. Salutes !

Tak lama setelah album di rilis, kembali Angus mengadakan tur - tur panjang, kali ini mereka akan melaksanakan konser di seluruh kota besar di Belanda. Dan pada akhirnya album ini sampai juga ke tanah Amerika, dan di negara ini, Restless Records yang berwenang untuk merilis album mereka. Album Track ini di rilis di USA tahun 1987. Setelah konser selesai dan juga versi mereka di rilis di Amerika. Angus pun rehat untuk sementara waktu. Dan dalam waktu rehat tersebut, sang manajer, William serta Bert sang gitaris, memulai keisengan mereka yang sangat jenius. Di kala itu di dunia sedang keranjingan dengan nyanyian dan suara dari sang diva pop, Madonna. Dan lagu Madonna yang sangat top kala itu adalah : Papa don't preach ! Lalu William dan Bert. mencoba "merubah" lagu Madonna tersebut ke dalam format musik metal mereka. Dan hasilnya ??? sebuah lagu yang berjudul hampir sama yaitu : Papa Don't Freak !! Dan tak lama setelah lagu tersebut selesai, Angus merilis lagu tersebut dalam sebuah single yang berjudul : PAPA DON'T FREAK, sebuah single yang  berisikan 3 lagu yang sama, hanya dengan versi yang berbeda satu dengan lainnya. Dan hasil dari semua itu ??? Angus telah melakukan sesuatu yang sangat sangat jarang di lakukan oleh para band dengan genre yang sama dengan mereka. Dan tak di sangka, single ini mendapat sambutan yang sangat baik, berbagai media dan juga para penulis berita musik kembali memuji kejeniusan mereka dalam meramu sebuah lagu yang sedang top tersebut. Hingga akhirnya lagu ini juga terpilh menjadi lagu versi daur ulang yang paling top dalam dekade 80an. Pemilihan uini di lakukan oleh polling yang di lakukan oleh sebuah majalah musik terkenal di Belanda bernama : Hitweek. Dan tentu saja hal ini membuat Angus menjadi lebih terkenal lagi di kalangan para pecinta musik rock.

Kemudian di musim panas tahun 1987, Angus mulai kembali ke studio untuk merekam lagu - lagu barunya. Dan tak lama kemudian merekapun merilis albu baru dengan judul : WARRIOR OF THE WORLD. Hanya saja dalam proses rekaman album ini Angus di hadapkan dengan sebuah masalah, kali ini masalah datang dari sang pemain bas gitar Gerard Carol yang dengan berat hati harus meninggalkan band karena kondisi kesehatannya yang buruk. Untuk menyelesaikan album ini Angus mengundang ANDRE VERSLUYS, seorang pemain bas gitar di studio tempat mereka merekam album ini. Dan untuk keperluan konser, pemain bas gitar di pegang oleh : MIKE SHULTS. Dengan album barunya ini, Angus kembali "membakar" arena musik metal di Belanda dan juga dunia. Agak berbeda dengan album sebelumnya, album ini tidak terlalu menonjolkan kecepatan tempo, tetapi melodilah yang di tonjolkan dalam album baru mereka ini. Angus kembali mendapatkan berbagai macam pujian dari para fans maupun media. Music Maker Magazine memilih album mereka ini  sebagai album heavy metal terbaik untuk tahun 1987. Tak lama kemudian Angus pun mulai mengadakan konser - konser besar di seluruh kota di Belanda, serta juga beberapa negara di eropa.

Setelah segalanya berakhir, dalam artian konser - konser tersebut berakhir, Angus kembali di dera sebuah masalah yang sangat sangat besar. Kali ini masalah datang dari sang manajer, William Lawson. William akhirnya keluar dari band yang di besarkan olehnya ini. Penyebab keluarnya William adalah berbagai macam permasalahan baik dengan anggota band lainnya yang merasa dia terlalu mengatur, dan juga perbedaan pendapat tentang penulisan lagu, masalah lain juga datang dari label mereka, Megaton. Label ini terasa terlalu mencampuri urusan internal band. Hingga akhirnya di tahun 1988 band ini pun bubar. Dan setahun kemudian label mereka Megaton serta main labelnya,  Boudisque, mengalami kebangkrutan.

Suatu hari kemudian, di tahun 1999, sekitar 11 tahun kemudian setelah Angus bubar, seseorang dari Amerika Serikat tertarik untuk merilis ulang album - album yang di miliki oleh Angus. Orang tersebut pemilik sebuah indie label yang bernama : Sentinel Steel. Dia bernama Denis Gulbey. Denis kemudian mengontak William Lawson. Akhirnya merekapun bertemu di Belanda. Dan mulailah pencarian "harta karun" band ini di mulai, William dan Denis menemukan master tape dari album  Track Of Doom di Los Angeles, USA., master tape ini di miliki oleh CBS Records. Dan master tape dari album Warrior Of The World di temukan di sebuah studio di Belanda bernama Siesta Sound Studio. Kemudian semua master ini di bawa oleh William dan Denis ke New Jersey, USA, ke sebuah studio bernama Trax East Studio untuk mentransfernya menjadi format digital. Dan akhirnya Denis kembali merilis album Angus dalam format 2 in 1 cd.

Dan setelah hampir 25 tahun sejak Angus bubar, di bulan april tahun 2007, William kembali membentuk band lamanya ini. Band ini terdiri dari : William Lawson, LEON Z, PATRICK KRUIJER dan CHARLES HEIJNEN. William pada drum, Leon pada vokal, Patrick pada gitar dan Charles pada bas gitar. Dan rencananya pada akhir tahun 2007 ini mereka akan mengadakan konser reuni di Jerman.

Rilisan Angus :

1. Demo
Demo / 1983 / self released
Demo yang berisi 4 lagu.
Dan tak ada data tentang judul lagu.

2. Track of Doom
Album / 1986 / Megaton Records
Re rilis 2001 oleh Sentinel Steel Records
Track :
The Centaur
When Giants Collide
Track Of Doom
Heavyweight Warrior
Finally Out
The Gates
Dragon Chase
Lost Control

3. Papa don't Freak
Single / 1987 / Megaton Records
Papa don't Freak (long version)
Papa don't Freak (single version)
Papa don't Freak (guitar dub version

4. Warrior Of The World
Album / 1987 / Megaton Records
Re rilis 2001 oleh Sentinel Steel Records
Track :
Warrior Of The World
Moving Fast
Leather And Lace
Money Satisfies
Black Despair
2086
Freedom Fighter
I'm A Fool With Love
If God's In Heaven (Why Is There Hell On Earth)

5. Metal Warriors
Kompilasi / 2002 / Steelhunter Records
Kompilasi lagu - lagu rare dalam format vinyl saja.
Track :
Lonesome Fighter
Virgin Girl
Ruthless Man
Leading You Back
When Giants Collide
Angus
Aliens
Keep On Fighting
Finally Out
Night Flight
2086
I'm A Fool With Love
Track Of Doom (Live)
The Gates (Live)

Dan bagiku band ini memang sangat asik untuk di dengerin, menurutku mereka adalah sebuah heavy metal band yang sangat melodius. Permainan mereka memang terkesan sangat kasar, namun di situlah sebuah orisinalitas musik mereka yang sesungguhnya. Pertama kali dengar band ini dari sebuah vinyl, biasa pinjeman dari seorang teman, yang nga cocok dengan musik Angus ini. Dan terima kasih bener untuk Denis yang kemudian merilisnya dalam bentuk cd.

So please hear them at least once, and you will know how the 80's metal band should sound. Hail !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar