Sabtu, 31 Januari 2009

VAMPYR


Kalau aku ngedenger kata ini disebut aja, pasti pikiran gw cuma ke satu band asal Jerman ini, band ini sangat berkesan di hati gw, sangat sangat berkesan mendalam, walau mereka kagak punya album yang lain, cuma satu aja album yang mereka pernah rilis tapi wuih nancep di hati, dan nga pernah lepas. Jadi kalau ada orang terutama orang tersebut penggemar musik 80's metal, rasanya harus tahu band yang satu ini, kalau nga tahu.......oh terlalu deh !!!! Ratusan band, bahkan ribuan band lahir dalam periode 80an, di berbagai penjuru dunia lahir banyak sekali band band metal yang gila dan keren, saking banyaknya tuh band, belum pernah ada sebuah encyclopediapun yang bisa mencakup semua band yang lahir di periode 80an, jadi encyclopedia hanyalah mencakup band band yang cukup ternama di negara negara yang ada, dan band band kecilnya nga pernah mereka data dengan pasti walau ada sebuah buku berseri seperti Encyclopedia or hard rock and metal, tetap aja nga pernah cukup !!!! Memang tiada duanya 80's
metal ini perkembangannya. 

Kembali ke jadul, ketika kaset adalah raja untuk format musik yang ada di Indonesia ini, para perekam di Indonesia merilis segala musik yang ada di dunia ini, dan yang pasti mereka memiliki format vinylnya dan di transfer ke dalam kaset, dan itu tiada duanya bagi penggemar musik di indonesia, apapun yang anda mau pasti tersedia di Indonesia, wuih sakti memang Indonesia waktu itu. Dan suatu pagi temanku yang punya toko kaset di jalan Pelabuhan, Sukabumi, ngasih tahu : Kai, ada kaset baru nih dari Rockshot. Gw jawab : mana, mana, mana !!!!! Aku adalah fans berat kaset rekaman Rockshot dan Rockline, 2 label yang keren abizzzzzzzz !!!! Dan kemudian aku pegang satu kaset dengan judul Vampyr di covernya dan di bawah tulisan Vampyr ada tulisan Cry Out For Metal !!!!! Wuih keren tenan nih judul, pasti keren jg nih musiknya pikir gw, apalagi covernya juga sangat sangat asik buat di liat, 5 orang berdiri dengan kostum yang sangat khas 80's metal. Dan kaset pun di coba di tape deck di toko itu !!!! Track pertama cuma orang serem lagi omong, intro lah gitu, pas lagu kedua di mulai langsung hati gw lemes dengernya, sebuah musik yang bener bener metal murni dan murni 80an berkumandang, dan langsung gw suruh stop dan bungkus !!!!!!!!!! 

Sampe rumah tape langsung di hajar ama Vampyr, lagunya :

1. Oath - sebuah intro tanpa musik dengan suara serem serem gitu.

2. Sinner - kayak lagu Judaspriest judule, tapi yang ini lebih garang lagi, gitar menyalak dengan galak, di sambung suara double bass drum yang berulang, dan duarrrrrrr speed music is on, seperti sebuah thrash metal symphony yang membuat aku pengen denger terus menerus nih lagu.

3. Indianapolis - sebuah lagu yang terkesan lebih thrash metal dibandingkan dengan genre yang mereka pilih, heavy metal, musik yang begitu fresh yang sarat dengan thrash metal musik, kecepatan, agresif dan yang pasti sangat solid.

4. Hell Bent Angels - aha musik neraka kembali terdengar, sabetan gitar yang sedikit ke glam metal di tambah dengan metal musik yang sangat terasa gelap dan dingin.

5. Scytherman - dari judulnya aja sudah demikian aneh, dengan sendirinya juga musik, unsur glam metal kembali terdengar di lagu ini, dan tetap di sambungi dengan sebuah kecepatan yang membuat musik laksana mesin.

6. Mercy Killing - dibuka dengan drum, kemudian gitar meraung dan datanglah sebuah suara yang sangat "kasar" nan sedap dari sebuah musik metal, laksana angin yang membawa kita di era metal musik yang demikian "mentah" tapi tetap sangatlah menarik.

7. Metal Hymn '86 - sebuah lagu yang membuat ati gw berteriak lagi, ingin bernyanyi bersama dengan sang vokalis, seperti lagu mereka yang ke 2, dibuka dengan gitar dan kemudian musik neraka menghantam di detik berikutnya, sebuah lagu yang dapat memacu andrenalin anda untuk menikmati sebuah rasa sedap dari 80's metal band.

8. Warrior - hey sebuah lagu yang thrashy muncul kembali di lagu ini, sebuah lagu dengan karakteristik thrash yang sangat tebal, dan di tambah dengan suara vokalis yang di buat agak blacky. uh sedap tenan.

9. Breakin' Metal - kalau bisa di bilang nih lagu kayak lagu ke 7 tadi, kesan metalnya betul betul bikin kagum, musik di buat agak pelan, tetap kesan "berat" tetap ada.

10. Vampyr - liat judulnya aja gw udah kesetanan, judul lagu sama dengan nama bandnya, wah pasti asik punya dong, dan memang itulah adanya, sebuah lagu yang di kemas "keras" laksana arti metal itu sendiri.


Itulah mereka, digawangi oleh :

WOLFGANG SCHWARZ - VOX
IRONHEAD STERZIK - GUITAR
RALF HOLLMER - GUITAR
NIL CONAN MAYR - BASS GUITAR
ROMAN STERZIK - DRUMS

Diskografi :
VAMPYR - CRY OUT FOR METAL
HOT BLOOD RECORDS / 1985 / GERMANY
TRACK LIST :
Oath
Sinner
Indianapolis
Hell Bent Angels
Scytherman
Mercy Killing
Metal Hymn '86 <>
Warrior
Breakin' Metal

Vampyr
Reissue on cd by Stormspell Records, USA - 2008 / SSR-DY16
Reissue on cd by Under Fire Records, Mexico - 2014 /
Reissue on vinyl by Heavy Force Records, Germany - 2014 / HFR 031

Tidak ada komentar:

Posting Komentar