Sabtu, 31 Januari 2009

PAGANINI

It's a long way to the top !!!! yup sebuah perjalanan panjang untuk mencapai ke puncak, rasanya gw lagi dengerin lagu AC / DC, it's a long way to the top, if you wanna rock n roll !!!! treng treng teng. Lagu ac / dc ini memang terkenal bener dah, tapi apa kita lagi omongin lagu ini ??? 1000% bukan !!!! Yang ini lagu yang di nyanyiin ama band dengan nama : Paganini, sebuah nama yang di ambil dari seorang komposer musik klasik terkenal di dunia. Gw dapat kaset yang nama penyanyinya kayak gitu, rekeman rockshot, casing kasetnya yang gede, wuih sedap bener lihatnya, ah mungkin band baru nih gw pikir kala itu, dan memang baru lah ini band, Rockshot records, memang top lah kala itu, rilisannya kagak ada lawan, band band aneh mereka rilis, yah salah satunya band keren ini. Cover depannya keren lagi, biasalah cover dengan foto anggota band, suatu ciri khas dari musik rock 80's ! Terus sapa sih mereka ini ???? Paganini, sebuah nama band yang mungkin akan gw inget selalu, sebab namanya cukup unik, di ambil dari nama orang, dan satunya lagi gampang di inget juga.

Paganini lahir di sebuah negara yang banyak juga melahirkan band band keren, kayak Krokus, Killer dsb, negara itu di eropa dengan nama Switzerland, negara yang dapat dikatakan nga begitu banyak melahirkan band, tapi kalau ada band dari ini negara, pasti musiknya asik buat di dengerin, seperti juga si Paganini ini. Adalah seorang vokalis yang punya suara asik dan sangat cocok untuk rock musik, nama vokalis tersebut : MARCO PAGANINI, di tahun tersebut, sekitar awal 1980, Marco merupakan seorang vokalis untuk band : TYGERS OF PAN TANG, uh sebuah band dari Inggris, tepatnya di Whitely Bay, yang cukup sedap juga untuk di nikmati dengan musik british rocknya yang murni. Suatu hari Marco yang cukup terkenal kala itu, bertemu dengan 2 orang yang akan merubah nasibnya yaitu : BARBARA SCHENKER dan RUDOLF SCHENKER, si gitaris Scorpions tea!!! mereka mengundang si Marco, untuk datang ke Jerman dan menawarkan Marco untuk membentuk sebuah band, dan band tersebut di kenal dengan nama : VIVA, dan band ini merupakan sebuah nama yang cukup di takuti di daratan eropa pada saat itu. Dan dengan band Viva ini, Marco merilis 2 album yaitu : ....................... Hanya saja Marco kemudian merasa tidak cocok dengan band Viva tersebut,  hingga akhirnya diapun memutuskan untuk bersolo karir dan meninggalkan Jerman. Marcopun kembali ke negera asalnya yaitu Switzerland, dan Marcopun membawa turut serta gitaris Viva, yang bernama : RAPLH MURPHY, memang si Ralph ini mempunyai memiliki skill yang lumayan hebat, sehingga Marcopun tertarik untuk membawanya. Setelah tiba di swiss, kemudian Marco mulai mengumpulkan beberapa temannya, untuk membentuk sebuah band baru yang di beri nama sama dengan nama belakang dirinya : PAGANINI, dan Marco berhasil mengumpulkan 3 orang lainnya untuk membentuk Paganini ini, yaitu : EDGAR ZANONI, ISO dan P.B. BEGA. Jadi formasi awal band ini adalah Marco pada vokal, Ralph pada gitar, Edgar pada gitar, Iso pada bas dan Bega pada drum. Dan akhirnya di tahun 1985 merekapun merekam 2 buah lagu yang akan dirilis sebagai single, dan di beri judul : BERLIN BY NIGHT, di sebuah label besar bernama Phonogram, dan dengan label besar ini pula nama mereka kemudian banyak di bicarakan di kalangan pecinta rock musik, terutama di Jerman, lagu Berlin By Night, bahkan masuk kedalam Top Charts. Kemudian dengan kerberhasilan single tersebut akhirnya Phonogram ( Polygram ) mulai tertarik untuk merilis sebuah album, melalui sublabelnya yaitu Vertigo, akhirnya di akhir tahun 1985, Paganini merilis album mereka yang pertama dengan judul : WEAPON OF LOVE, sebuah album dengan 9 lagu. dan formasi band masih sama seperti di single Berlin mereka. Dan semua lagu di single pertama merekapun di masukkan kedalam album ini, dan lagu Berlin inipun di jadikan salah satu lagu untuk soundtrack film dengan judul : Alpha City.

Sambutan yang meriah dari para pecinta rock dan metalpun didapat oleh mereka, berbagai media membahas tentang band yang keren ini, berbagai macam konserpun mereka jalani, mulai dari seluruh negara mereka Swiss, sampai ke daratan eropa juga. Ini semua berlangsung sepanjang tahun 1985 dan 1986. Setelah menyelesaikan semua tur - tur yang melelahkan tersebut akhirnya Paganini, mulai meramu lagu - lagu baru untuk album mereka berikutnya, dan akhirnya di tahun 1987 merekapun merilis album mereka yang kedua dengan judul : IT'S A LONG WAY TO THE TOP, sebuah album yang berisi 9 lagu, dan formasi band serta label mereka tetap sama dengan album mereka yang pertama.. Dan inilah masterpiece mereka, sebuah album yang mendobrak top chart, hampir disemua negara besar di dunia. Sebuah album yang meramu musik hard rock dengan heavy metal, hingga menghasilkan sebuah musik yang begitu fresh, groovy dan menyenangkan banyak orang. Dan band inipun mulai di lirik oleh band - band besar untuk di jadikan sebagai band pembuka mereka, band besar seperti Motley Crue, Iron Maiden, dsb. Dan Paganinipun menjalani begitu banyak konser di seluruh eropa, juga amerika serikat dan Jepang. Popularitas Paganini sedang berada di puncak saat itu, penggemar, label maupun majalah - majalah musik dunia menyebut mereka sebagai sebuah band dengan masa depan yang cerah. Namun manusia selalu saja berubah dan tidak pernah ada puasnya, berada di puncak popularitas membuat mereka berubah menjadi manusia - manusia yang arogan dan sombong, terutama Marco, sebagai seorang pendiri band, dia dapat melakukan apapun yang berhubungan dengan band, dan salah satu bukti adalah keluarnya ke 4 anggota band lainnya, mereka semua mengundurkan diri dari band secara bergantian, hingga tinggal tersisa si pemilik band, Marco. Hanya ada pula rumor yang mengatakan kalau Marcolah yang memecat mereka semua. Ah nga tau mana yang bener, tapi sebagian orang meyakini kalau mereka di pecat oleh Marco. Setelah ke 4 orang inipun semua keluar dari band, Marco kemudian mencari penggantinya, dia merencanakan untuk merilis album baru, dan kemudian di mengundang : ANGI SCHILIRO, seorang gitaris yang pernah menjadi anggota band : Kingdom Come walau hanya sesaat, kemudian dia juga mengundang : ENZO BUTTA, VITO CECERE dan MATHIAS BLAUENSTEIN. Enzo pada bas, Vito pada drum dan  Mathias pada keyboard. Mereka juga di bantu oleh 2 orang sebagai penyanyi latar yaitu : DAVID HANSELMANN dan JERRY GEHRIG. Akhirnya di tahun 1990, setelah kurang lebih 4 bulan di studio, Paganini merilis album baru mereka dengan judul : DETOX, sebuah album yang berisi 9 lagu. 9 lagu tersebut termasuk 1 buah lagu yang berjudul : TIME, yang merupakan lagu dari Prince, si penyanyi rock legendaris. Album ini dirilis oleh Gruezi / Baur Music. 

Sejak dirilis album ini kurang mendapat tanggapan yang baik dari para penggemar maupun majalah musik dunia, mungkin hal ini di pengaruhi oleh penggantian anggota band yang begitu ekstrim yang di lakukan oleh Marco, sehingga penggemar maupun berbagai media tidak lagi mendukungnya. Dan juga dengan penggantian anggota tersebut menyebabkan musik Paganinipun berubah, sound mereka menjadi sedikit berubah, terasa lebih "lembut" dari sebelumnya. Memang itulah sebuah hal yang harus di bayar mahal oleh Marco. Dan akhirnya Marcopun membubarkan bandnya untuk sementara. Sementara ??? tidak juga. 11 tahun kemudian sejak Detox dirilis, baru Marco kembali berencana untuk membentuk band lamanya, namun para anggota lainnya mempunyai kesibukan masing - masing yang tidak dapat di tinggalkan, mungkin memang 11 tahun adalah waktu yang terlalu lama untuk vakum. Akhirnya Marco pun tidak dapat berbuat banyak selain mengundang anggota band yang baru, yaitu : DALE POWERS, DIEGO RAPACCHIETTI dan TINO TEDESCO. Dale pada gitar, Diego pada drum dan Tino pada bas. Bentukan baru inipun mulai merekam lagu, dan akhirnya di tahun 2001 mereka merilis sebuah single dengan judul : MY LIFE, sebuah single berisi 4 track, kesemua track berjudul lagu yang sama, hanya berbeda - beda variasi. Kemudian disusul oleh single berikutnya di tahun 2002, dengan judul : FOLLOW THE SUN, sebuah single berisi 3 lagu. Dan setahun setelah single follow, Paganini baru merilis album baru mereka di tahun 2003, yang berjudul : ESOTERRORISM, sebuah album yang berisi 13 lagu. Untuk album ini Marco bekerja sama dengan seorang produser baru asal New York yang bernama : Zouzou Mamoux, menggantikan Vic Vergeat. Album ini memberikan sebuah gambaran yang lain tentang Paganini, dengan cover album yang begitu futuristik, sebuah konsep album yang sangat berbeda dari album - album sebelumnya, dan juga musik mereka yang lebih fresh dan energik teramu dalam album keren ini. Di tahun 2004 kemudian Zouzou, sang produser mendirikan sebuah record label baru, dan Paganinipun bernaung di bawah label baru ini. Dan di tahun yang sama juga Tino, si bassis, mengajukan pengunduran diri, dengan alasan keluarga. Dan akhirnya di tahun 2005, Paganini merilis album barunya, setelah Marco merukret anggota baru sebagai pengganti Tino, yaitu : KIKI CRETIN. dan RESURRECTION pun akhirnya di lempar kepasaran. Album ini merupakan sebuah album yang berisi lagu - lagu lama Paganini yang di daur ulang menjadi lagu lagu dengan musik yang lebih fresh dan energik.

Rilisan Paganini :
1. Berlin By Night / single / 1985 / Phonogram Records
Track :
Berlin by Night
Don't Let Me Down

2. Weapon Of Love / album / 1985 / Vertigo Records
Track :
Guardian Angel
I Can Feel It
Berlin By Night
Weapon Of Love
No Just Another Affair
Don't Let Me Down
Break It Up
I Got What You Need
You Got Me Crazy

3. It's A Long Way To The Top / album / 1987 / Vertigo Records
Track :
It's A Long Way To The Top
Rich Girl
Salted Water Kisses
One Of A Kind
Our Rock Will Find A Way
Mr. Big Mouth
Hold You Back
For Your Love
Get Ready

4. Detox / album / 1990 / Gruezi-Baur Music
Track :
Spending Money
Aktenzeichen XY (Boogie)
Guardian Angel
Standing In My Light
Heart'n'Soul
Bastard
Rock'n'Roll Scene
Ballad Of Jack
Time (Prince cover)

5. My Life / single / 2001 / Tyrolis Music
Track :
My Life
My Life (instrumental)
My Life (Mistery Soul Mix)
My Life (Prayer 69 Version)

6. Follow The Sun / single / 2002 / Tyrolis Music
Track :
Follow the Sun
My Life
My Life (instrumental)

7. Esoterrorism / album / 2003 / Tyrolis Music
Track :
Open The Circle / Gun Play
Revolutionary Chant
Shake Your Bones
Feed
Out Of The Skin I'm In
Like Guns Over Heads
I Want It Back
The Knowing
Like Rivers Run
How Could I Know?
One For The Taken
Full Moon Rising

8. Resurrection / album / 2005 / Pazouzou Records
Track :
Little Rock Tonight
Bastard
Screaming For Your Love (Orchestral)
Weapon Of Love
It's A Long Way To The Top
Time
Falling In Love
Don't Let Me Down
Berlin By Night
Spending Money
Break It Up
Screaming For Your Love
Little Rock Tonight (Revenge Mix)

Dan bagi aku band ini mempunyai nama dah di hati, sebenernya kalau di tilik - tilik dengan teliti musik mereka ini lebih cenderung ke melodik di banding ke heavy, tapi yah pusinglah masalahin genre sih yang penting nih album sedap di dengerin, super keren, terutama yang It's a long way to the top, itu album memang paling top, selain juga album mereka lainnya. Rekomendasi album buat di koleksi : It's a long way to the top dan Esoterrorism, dari kedua album ini kita bisa lihat bagaimana musik Paganini bergolak dengan sedapnya. Pokoke di jamin seneng lah dengerine. Tapi hati - hati kalau membeli yang album It's a long way, sebab ada beredar bootleg yang di buat di Greece ( gosipnya sih ! ), tahun 2002. ocre. Enjoy beibeh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar